Sukses

Beauty

Tutorial Cara untuk Waxing Ketiak di Rumah, Ramah buat Pemula

Fimela.com, Jakarta Memiliki bulu yang berlebih terutama di daerah ketiak merupakan hal yang mengganggu. Apalagi jika bulu ketiak banyak dan bertambah panjang dapat mengeluarkan wangi-wangi yang tidak sedap. Maka salah satu solusi terbaik adalah dengan melakukan waxing.

Waxing di tempat khusus sering sekali menjadi pilihan banyak perempuan, tetapi tidak bisa dipungkiri ada beberapa faktor yang terkadang membuat perempuan berpikir beberapa kali. Pertama adalah karena harganya yang mahal, banyak sekali klinik waxing di Indonesia yang sekali waxing membutuhkan biaya kurang lebih di atas Rp 150.000, bahkan ada yang sampai Rp 1.500.000 untuk sekali waxing. Maka dari itu waxing di rumah sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dilansir oleh Verywellhealth.com, mengungkapkan bahwa waxing bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Jika seseorang tidak mengetahui atau mempelajari dasar waxing maka dapat menyebabkan permasalahan, seperti ingrown hair, kemerahan, infeksi, berdarah, dan banyak lagi. 

Melihat permasalahan ini, FIMELA telah mengumpulkan cara-cara melakukan waxing yang ramah akan pemula. Hal ini dilakukan agar kamu yang baru pertama kali mencoba waxing melakukan kesalahan. Berikut adalah cara melakukan waxing untuk pemula menurut aad.org.

 

 

Sebelum waxing

Panjang Bulu Ketiak

Sebelum melakukan waxing, pastikan bawah bulu yang ingin kamu hilangkan panjang, setidaknya 5-7 cm. Jika bulunya terlalu panjang gunting terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar proses waxing berjalan dengan lancar dan tidak terlalu menyakitkan.

Sadar dengan rasa sakit

Beberapa individu mungkin akan mengalami ketidaknyamanan saat menjalankan proses waxing, apalagi bagi para pemula. Disarankan sebelum melakukan waxing untuk mengompres kulit dengan es selama sekitar 30 menit sebelum proses waxing juga bisa menjadi alternatif untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan.

 

 

Membersihkan Selalu Penting

Bersihkan Area yang Ingin di Wax

Wax hanya bisa dilakukan di permukaan kulit yang bersih.  Pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pada saat waxing kamu tidak ingin kulit mati yang tercabut bukannya bulu.

Hangatkan Wax

Setiap produk waxing pasti memiliki instruksinya terutama pada jumlah wax yang harus digunakan. Sebelum mengaplikasikan pastikan suhu wax tersebut, caranya adalah dengan mengaplikasikan sedikit di tangan. Setelah yakin tidak terlalu panas, silakan aplikasikan di ketiak. Hal ini dilakukan agar kulit tidak terbakar atau menyebabkan kemerahan.

Aplikasikan Wax pada Ketiak

Aplikasikan wax pada area bulu yang ingin dihilangkan. Pastikan kamu mengolesnya searah dengan pertumbuhan rambut guna mencapai hasil terbaik.

 

 

Perlindungan Tambahan

Lapisi dengan Strip Kain

Setelah wax diaplikasikan di kulit, selanjutnya lapisi dengan menggunakan kain khusus waxing. Setelah melapisi jangan lupa untuk menekan-nekan kain tersebut. Biarkan selama beberapa menit, kemudian cabut.

Cabut Strip Kain

Cara mencabut yang tepat adalah dengan satu tangan dan menggunakan tangan yang lain, tarik dengan cepat, tapi perlahan. Lakukan ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak. Misalnya kamu melakukan waxing di daerah tubuh yang sudah dijangkau, disarankan untuk meminta bantuan orang lain. 

Berilah Perlindungan Ekstra

Untuk meredakan ketidaknyamanan setelah waxing, disarankan untuk mengompres kulit dengan menggunakan kain yang dingin. Disarankan juga untuk menghindari mandi menggunakan air panas. Tambahan gunakan pakaian yang longgar dan gunakan pelembab untuk memberikan nutrisi, serta melindungi ketiak. Pastikan pelembab yang Anda pilih memiliki label "bebas minyak" atau "non komedogenik" untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading