Sukses

Beauty

Mengenal Metode Eat Your Skincare, Perawatan Kulit dari Dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit menjadi salah satu hal penting untuk menjaga penampilan, khususnya bagi perempuan. Perawatan kulit lebih dari sekedar memilih produk skincare untuk dimasukkan sebagai rutinitas. Sahabat Fimela mungkin pernah mendengar slogan “Anda adalah apa yang Anda makan”. Faktanya, kulit adalah cerminan dari keseluruhan gaya hidup yang dilakukan, salah satunya pola makan.

Makanan dapat berdampak langsung pada kesehatan dan penampilan kulit. Dilansir dari thelanby.com, pola makan yang kaya akan mutrisi, antioksidan, dan hidrasi mampu memancarkan kulit lebih bersinar dari dalam. Di sisi lain, pola makan yang tinggi gula, makanan olahan, dan goreng-gorengan dapat memicu berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, meradang, dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Istilah eat your skincare merujuk pada menjaga konsumsi makanan yang sehat dan begizi guna menciptakan kulit yang sehat. Oleh karena itu, selain pemilihan produk skincare, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Selain itu, pola tidur, tingkat stres, paparan sinar matahari juga berdampak pada kesehatan dan penampilan kulit.

Pengaruh pola makan terhadap tampilan kulit

Berikut beberapa alasan makanan dapat mempengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan:

Penyerapan nutrisi

Untuk melindungi tubuh dari kuman dan infeksi, kulit membutuhkan berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, C, D, E, dan mineral, serta antioksidan. Dengan mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti sayuran, buah, lemak sehat, tubuh akan menyerap dan memanfaatkan nutrisi penting tersebut guna memproduksi sel-sel kulit yang sehat.

Peradangan

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan, makanan kemasan, dan gorengan dapat memicu peradangan kronis yang menyebabkan munculnya jerawat, penuaan dini, dan permasalahan kulit lainnya. Konsumsi makanan yang melawan peradangan seperti ikan berlemak dan sayuran hijau membantu menenangkan dan melindungi skin barrier kulit.

Produksi kolagen

Kolagen sangat pneting dalam menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan seng membantu produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menghilangkan garis halus dan mempertahankan tampilan awet muda.

Hidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kulit tetap sehat. Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan yang tinggi kadar air seperti mentimun dan semangka dapat membantu menjaga kulit tetap terlihat segar.

Perawatan kulit lewat makanan

Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk mendapatkan tampilan kulit bersinar:

Berry dan buah jeruk

Buah-buahan tersebut kaya akan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Rusaknya sel-sel akibat radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan alami kulit. Cara terbaik untuk mencegah penuaan dini adalah dengan konsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti jeruk, lemon, beri, jeruk nipis, dan lainnya.

Ikan berlemak

Salmon, mackerel, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3, vitamin E, protein, dan seng. Zat-zat ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan jerawat akibat peradangan, melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan menjaga elastisitas kulit.

Sayuran hijau

Bayam, kangkung, brokoli, dan sawi kaya akan vitamin A, C, K, dan klorofil yang membantu melindungi kulit dari penuaan dini dan peradangan. Kangkung kaya akan antioksidan yang disebut lutein yang membantu melindungi dari sinar UV. Kangkung dan sawi kaya akan vitamin K mampu membantu memperkuat kapiler yang mengantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit sehingga dapat mengurangi tampilan kulit kusam. Bayam kaya akan folat (vitamin B9 atau asam folat) yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada sel kulit. Brokoli dan arugula kaya akan vitamin C yang membantu tubuh memproduksi kolagen.

Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan yang mengandung vitamin E, seperti almond, dapat melebarkan pembuluh darah guna menjaga kulit tetap terhidrasi dan melindungi dari jerawat, eksim, dan flek hitam.

Air

Air menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat kulit tampak sehat. Minum air sebanyak minimal 2 liter dalam sehari. Kebutuhan air yang tercukupi mampu melancarkan peredaran darah dan membuat kulit tetap lembap.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesNovember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading