Sukses

Beauty

5 Jenis Base Makeup untuk Tampilan Wajah Memesona

Fimela.com, Jakarta Base makeup merupakan tahap awal yang penting untuk menunjang tampilan makeup. Base atau dasar makeup diperlukan karena dapat memberikan tampilan kulit yang lebih halus dan mulus. Selain itu, produk base makeup sebagian besar dapat menutupi masalah yang ada pada kulit, seperti kerutan, bercak kemerahan, atau noda yang signifikan pada wajah.

Mengaplikasikan base makeup dapat membantu tampilan makeup agar bisa bertahan lebih lama. Melansir dari situs Beauty Answered, produk-produk ini biasanya mengandung bahan nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori dan beberapa produk akan ditambahkan bahan pelembap supaya kulit tetap terhidrasi. Produk makeup yang selalu berinovasi ini telah berhasil menawarkan beragam base makeup dengan konsistensi dan hasil yang berbeda.

Dikutip dari beberapa sumber, inilah beberapa jenis produk base makeup yang perlu kamu ketahui lebih jauh:

1. Primer

Primer dapat membantu untuk menciptakan permukaan yang halus dan rata supaya makeup bisa melekat dalam waktu lama. Primer dapat bekerja dengan menciptakan penghalang antara kulit dan makeup. Adanya penghalang ini bisa menjaga makeup agar lebih segar dan mempertahankan kelembapan pada kulit wajah. Selain itu, sebagai lapisan pertama dalam penggunaan makeup, primer dapat menyembunyikan noda, bintik hitam, dan menyamarkan pori-pori untuk tampilan wajah yang lebih mulus dan memesona. 

Penggunaan primer juga harus disesuaikan dalam jumlah yang tepat. Umumnya, formulasi dari produk ini dapat berbentuk krim atau gel. Mengaplikasikan primer dalam jumlah yang banyak bisa membuat makeup terlihat cakey. Mengoleskannya dalam jumlah sedikit bisa membuat makeup terlihat lebih natural. 

2. Foundation

Foundation sudah memiliki bentuk yang berbeda-beda menyesuaikan pada kebutuhan penggunanya. Mulai dari bentuk cair, krim, hingga bubuk yang dapat bergantung pada preferensi masing-masing.

Sama seperti produk base makeup pada umumnya, foundation akan menutupi noda. Dalam memilih produk yang cocok dengan kulitmu, maka sesuaikan bentuk dan bahan di dalam produk ini dengan jenis kulit.

Shade yang digunakan di dalam foundation pun perlu disesuaikan dengan warna kulit agar tetap alami. Produk ini memiliki tingkat coverage yang berbeda-beda, seperti light coverage, medium coverage, dan full coverage. Foundation juga akan memberikan hasil yang berbeda, yaitu matte, dewy, dan sheer. 

 

3. Concealer

Lingkaran hitam, bekas jerawat, dan flek hitam sudah menjadi masalah umum yang dirasakan oleh sebagian besar perempuan. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan produk base makeup, seperti concealer. Produk concealer secara khusus dirancang hanya untuk menyembunyikan area-area wajah yang ingin ditutupi, seperti adanya noda atau perbedaan warna yang terlihat jelas. 

Concealer dapat dioleskan secara tipis pada area tersebut agar tekstur wajah terlihat lebih halus. Sesuaikan shade concealer dengan warna kulit supaya menciptakan hasil riasan yang sempurna.  

4. Color Corrector

Menutupi kekurangan pada kulit juga bisa digunakan melalui produk seperti color corrector. Color corrector memiliki banyak warna yang dapat memperbaiki warna kulit. Setiap warna pun memiliki kegunaan masing-masing karena dapat memberikan efek yang berbeda. Color corrector terdiri dari sejumlah warna yang cerah, seperti peach, orange, merah, hijau, kuning, dan ungu. 

Saat menggunakannya, produk ini akan membantu dalam menetralisir kemerahan atau area yang gelap sehingga dapat menyatu dengan warna kulit secara alami. Penggunaan color corrector juga dapat diaplikasikan dengan concealer atau foundation. 

 

5. Cushion

Produk cushion telah menjadi produk yang hangat dibicarakan oleh banyak orang karena memiliki bentuk yang praktis, ringan, dan mudah diaplikasikan. Popularitas cushion pun mengundang banyak brand lokal untuk turut menciptakan produk ini dengan menggunakan bahan dan desain produk yang menarik. 

Pada umumnya, cushion memiliki tekstur yang cair dan diaplikasikan menggunakan spons. Formulasinya pun dirancang untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan menjaga wajah agar tetap terhidrasi. Selain itu, cushion juga akan menunjukkan tingkat coverage yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan. 

Produk base makeup akan terus berkembang. Sahabat Fimela pun bisa memilih base makeup dengan mencoba produk yang cocok sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan.

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading