Sukses

Beauty

5 Tahapan Skin Preparation agar Makeup Lebih Menempel dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Riasan yang tampak flawless bukan hanya didapatkan dari perpaduan produk makeup yang digunakan, melainkan juga dengan persiapan kulit sebelum makeup. Begitu pentingnya untuk menjaga kulit agar tetap bersih, halus, dan terhidrasi dengan baik. Kondisi kulit yang terawat dapat menunjang tampilan makeup agar lebih tahan lama sepanjang hari. Oleh karena itu, Sahabat Fimela perlu untuk melakukan skin preparation

Pada dasarnya, skin preparation adalah proses untuk mempersiapkan kulit sebelum makeup dengan menghilangkan minyak, kotoran, dan noda lainnya. Rutinitas ini akan membuat kulit menjadi lembap dan membuat makeup menjadi lebih halus dan tampak merata. Di pagi hari, kulit perlu untuk dipersiapkan dengan menggunakan beberapa tahapan.

Apa saja ya perawatan kulit yang bisa kamu lakukan untuk skin preparation? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tahapan dan komponen produk yang dibutuhkan saat skin preparation: 

1. Bersihkan Wajah

Sebelum makeup, pastikan wajah berada dalam keadaan yang bersih. Tahap awal yang tidak boleh dilewatkan dalam skin preparation, yaitu dengan mencuci wajah menggunakan pembersih yang lembut sesuai dengan jenis kulit. Meskipun belum banyak beraktivitas, membersihkan kulit dari debu, kotoran, dan minyak tetaplah penting dilakukan di pagi hari sebelum mengoleskan makeup. 

2. Eksfoliasi Wajah

Sepanjang hari, sel-sel kulit mati akan menumpuk bahkan pada kulit yang bersih. Eksfoliasi dapat menciptakan tekstur wajah yang lebih halus sehingga membuat makeup dapat menempel dengan baik. Kulit wajah yang telah bersih pun bisa memudahkan produk pelembap untuk menghidrasi kulit secara maksimal. 

Umumnya, eksfoliasi tidak dilakukan setiap hari. Namun, pada waktu tertentu, tetap jaga kebersihan kulit dengan melakukan eksfoliasi secara rutin selama 1-2 kali dalam seminggiu. Gunakan eksfoliator lembut yang telah diformulasikan untuk tipe kulitmu. 

3. Gunakan Toner

Untuk kulit bersih secara menyeluruh, tambahkan toner dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Sebelum merias wajah, toner dapat digunakan sebagai produk yang bisa menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Ditambah lagi, toner bisa membantu menghilangkan sisa-sisa dari pembersih. Sebagai bagian dalam skin preparation, toner dapat menyeimbangkan pH kulit dan mendukung riasan wajah agar menempel sempurna. 

4. Gunakan Serum

Produk skincare, seperti serum sudah menawarkan beragam fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya. Pada intinya, serum dapat berperan dalam melembapkan hingga lapisan terdalam, terutama untuk kulit yang berminyak. Bahan di dalam serum juga dapat membantu untuk memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan bintik-bintik hitam.

Formulasi di dalam serum telah dirancang untuk mendukung tampilan kulit yang segar dan terlihat lebih muda. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan di dalam serum, produk skincare ini juga dapat dimasukkan sebagai bagian dari skin preparation

5. Penting untuk Mengoleskan Moisturizer dan Sunscreen

Kulit yang tetap terhidrasi menjadi kunci penting untuk mempertahankan base makeup seperti foundation agar bekerja secara optimal. Moisturizer dapat membuat makeup menjadi awet dan terhindar dari keretakan pada area sensitif. Gunakan pelembap dengan formula yang ringan supaya dapat cepat menyerap pada lapisan kulit. Apa pun jenis kulitnya, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembap agar kulit terasa nyaman seharian. 

Salah satu produk lainnya yang memiliki manfaat penting untuk kesehatan kulit adalah sunscreen. Mengoleskan sunscreen setelah moisturizer wajib dilakukan supaya kulit bisa tetap terjaga meski harus terkena paparan sinar matahari. Gunakan SPF 30 atau lebih tinggi untuk perlindungan yang maksimal. 

Produk-produk di atas dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa memilih tahapan yang perlu diaplikasikan sesuai keadaan kulit apabila tidak memiliki waktu yang cukup banyak di pagi hari. Selama dilakukan secara bertahap, sah-sah saja apabila kamu ingin melewatkan salah satu produk dalam skin preparation. Kembali lagi bahwa hanya kamu yang dapat memahami kondisi dan kebutuhan kulitmu. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit, bahkan sebelum menggunakan makeup, ya!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading