Sukses

Beauty

Cara Merawat Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo secara Alami

Fimela.com, Jakarta Minyak atau sebum yang diproduksi oleh wajah, sebenarnya memiliki manfaat dalam menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Namun jika diproduksi secara berlebih, minyak di wajah justru dapat menyumbat pori-pori wajah. Aktivitas dan ukuran kelenjar minyak memegang peran utama terhadap jumlah produksi minyak di wajah. Produksi minyak berlebih dipengaruhi oleh perubahan hormon, faktor genetik, konsumsi makanan yang tidak sehat, penggunaan make-up yang tidak tepat dan udara yang panas dan lembab.

Kulit wajah berminyak sering dirasa mengganggu, karena menimbulkan berbagai keluhan. Tidak hanya membuat wajah terlihat mengkilap, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Wajah yang termasuk kulit berminyak, akan tampak mengkilap dan berminyak pada saat disentuh, utamanya pada bagian dahi, hidung, dan dagu. Yuk, simak cara merawat wajah berminyak secara alami berikut ini.

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Produksi minyak berlebih yang menumpuk bisa menjadi sumber jerawat yang muncul di wajah, tidak mengherankan jika wajah berminyak identik dengan wajah yang berjerawat pula. Namun jangan kuatir, karena ada beberapa langkah yang bisa digunakan sebagai cara merawat wajah berminyak dan berjerawat.

Jangan menggunakan make-up tebal

Ketika jerawat muncul pada wajah berminyak, sebaiknya jangan menggunakan make-up yang tebal. Jika pun memang benar-benar diperlukan, pakailah make-up dengan tipis, dengan tetap menggunakan pelembab alami dan tabir surya.

Memilih pelembab yang cocok

Pelembab merupakan produk kecantikan yang hampir setiap hari digunakan, untuk itu kamu tidak boleh sembarangan memilih pelembab. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan wajah berminyak, seperti oil-free atau bebas bahan minyak. Kamu juga bisa memilih pelembab yang berbahan dasar lemon atau jeruk nipis, atau mentimun yang dapat membantu menyegarkan wajah dan mengontrol produksi sebum.

Menggunakan toner yang tepat

Memiliki kondisi wajah yang berminyak, tentu membuat kamu harus ekstra perhatian pada wajahmu agar kondisinya tetap bersih. Salah satu cara merawat wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan toner wajah. Pemilihan toner pun tidak boleh sembarangan, karena jika tidak cocok justru akan menimbulkan jerawat baru yang semakin menyusahkanmu. Pilihlah toner khusus untuk wajah berminyak atau kamu bisa juga menggunakan micellar water sebagai tonermu.

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berkomedo

Minyak yang diproduksi pada wajah sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Namun jika terlalu banyak diproduksi, minyak akan menyumbat pori-pori kulitmu dan bisa menimbulkan komedo. Berikut ini akan kami bagikan tips cara merawat wajah berminyak dan berkomedo.

Melakukan double-cleanse pada wajah

Salah satu cara merawat wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan melakukan double-cleanse pada wajah. Cara yang perlu dilakukan yaitu kamu harus membersihkan wajahmu dari noda dan debu, bisa menggunakan pembersih make-up, cleansing oil, atau pun micellar water. Setelah wajah dibersihkan, barulah kamu bisa mencuci wajahmu. Double-cleanse akan membantu wajahmu untuk menghindari pori-pori yang tersumbat, sehingga komedo tidak akan muncul terlalu banyak.

Menggunakan masker berbahan dasar kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah asli negara kita, yang ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang tidak banyak diketahui adalah dapat mengatasi produksi minyak berlebih. Kayu manis yang digunakan sebagai masker dapat menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak, berjerawat maupun berkomedo. Kayu manis mengandung zat antiseptik yang dapat memberantas bakteri jahat sekaligus mencegah gatal-gatal pada kulit yang berjerawat.

Menggunakan scrub wajah dengan rutin

Penggunaan scrub bisa kamu coba sebagai cara merawat wajah berminyak dan berkomedo. Scrub wajah didesain untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, dengan tujuan agar wajah bisa menjadi lebih cerah, berkurangnya sel kulit mati serta minyak yang menumpuk di wajahmu. Penggunaan scrub wajah tidak dapat diaplikasikan setiap hari, cukup 2-3 kali dalam seminggu maka wajahmu akan berubah menjadi lebih cerah dan minyak serta sel kulit mati akan terangkat.

Cara Merawat Wajah Berminyak secara Alami

Wajah berminyak sebenarnya cukup normal, namun jika produksi minyak sudah berlebih dan tampak mengkilap, jangan kamu biarkan begitu saja. Wajah dengan kondisi minyak berlebih, akan membuat kamu tampak lusuh dan akan menimbulkan jerawat. Produksi minyak berlebih pada wajah bisa dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari, pola makan, serta keadaan udara lingkungan sekitar. Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai cara merawat wajah berminyak secara alami.

Menggunakan masker dari bahan alami

Salah satu cara merawat wajah berminyak secara alami adalah dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Selain mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau, bahan alami yang digunakan sebagai masker pada wajah tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker antara lain pepaya, bengkuang, kunyit, putih telur dan sebagainya. Masker dari bahan alami juga berkhasiat membuat kulit wajah tetap lembab, kencang dan meminimalisir garis-garis keriput pada wajah.

Menghindari makanan berlemak dan berprotein tinggi

Dengan kondisi wajah yang berminyak dan berjerawat, maka saat itu pun kamu harus mulai memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Usahakan menghindari makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi seperti daging sapi, telur, dan ayam potong, sebaliknya konsumsilah makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan. Selain itu, cara merawat wajah yang berminyak secara alami bisa dilakukan dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur segar, yang diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

Memulai gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak secara alami. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah dengan rajin berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, serta menghindari rokok dan minuman beralkohol. Olahraga rutin akan membantu kamu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sedangkan makanan bergizi akan melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuhmu dalam pertahanan melawan penyakit.

 

Nah, ternyata banyak juga ya cara mengatasi wajah berminyak, berjerawat dan berkomedo. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

(Olivia Lidya Elsanty/diambil dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading