Sukses

Beauty

9 Jenis Bedak untuk Wajah dan Fungsinya

Fimela.com, Jakarta Bedak adalah salat satu perlengkapan makeup yang tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Karena bedak memiliki fungsi untuk menyempurnakan riasan, mengontrol produksi minyak di wajah dan menutupi kekurangan di wajah.

Bedak terdiri dari beberapa jenis, yang fungsinya berbeda-beda dan digunakan untuk jenis yang berbeda juga. Ada bedak yang khusus kulit kering dan ada juga bedak yang formulanya khusus untuk kulit berminyak.

Jika salah memilih jenis bedak, bisa mengakibatkan masalah di kulit wajah mu, seperti jerawat atau memicu alergi di kulit wajah. Agar tidak salah pilih bedak, berikut jenis bedak yang dilansir dari berbagai sumber:

Tips Menggunakan Bedak

Setelah seharian beraktivitas, bedak di wajah bisa luntur terkena keringat atau minyak di wajah. Tentu saja hal ini bisa mengganggu penampilanmu. Untuk itu, pakailah skincare sebelum menggunakan bedak.

Setelah itu, gunakan primer atau alas bedak sebelum menggunakan bedak, untuk membantu mempertahankan bedak di wajah, agar tidak crack atau luntur saat terkena keringat dan sebum.

Kamu bisa menggunakan bedak yang non comedogenic, yang tidak menyebabkan komedo dan aman untuk kulit wajah yang berminyak. Biasanya bedak di aplikasikan setelah menggunakan foundation, dan agar bedak tetap aawet, gunakan setting spray yang bisa mengunci riasanmu di wajah.

Jenis Bedak

Bedak terdiri dari beberapa jenis, yang fungsinya berbeda dan digunakan untuk jenis kulit yang berbeda. Berikut jenis bedak sesuai dengan jenis kulitmu:

1. Bedak Tabur

Bedak tabur atau loose powder adalah bedak yang paling sering digunakan. Bedak tabur cocok digunakan untuk semua jenis kulit, karena bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Bedak tabur ini dapat diaplikasikan dengan brush atau spons diarea dagu, dahi dan hidung. Pilihlah bedak tabur yang satu tingkat lebih cerah dari kulitmu.

2. Bedak Padat

Berbeda dengan bedak tabur, bedak padat atau compact powder memiliki tekstur yang padat dan tidak mudah tumpah. Bedak padat ini dapat membantu menutup pori-pori di wajah, sehingga membantu riasan bertahan lama di wajah. Bedak padat ini cocok digunakan untuk pemilik kulit yang kering.

3. Bedak Two Way Cake

Jenis bedak yang selanjutnya adalah bedak two way cake. Bedak ini memiliki kandungan foundation. Sehingga untuk kulit kering, tidak perlu menggunakan foundation lagi, saat mengaplikasikan bedak two way cake ini.

4. Bedak Glitter

Jika kamu ingin menghadiri pesta, kamu bisa menggunakan bedak glitter atau shimmering powder, yang memberikan efek kilau di wajahmu. Selain digunakan untuk wajah, bedak glitter ini juga bisa digunakan untuk bahu, punggung dan sekitar leher.

5. Bedak Meteorite

Bedak meteorite adalah jenis bedak yang memiliki tekstur bulat-bulat kecil. Jenis bedak ini biasanya digunakan makeup artist untuk menyempurnakan makeup. Cara mengaplikasikan bedak ini dengan kuas besar, lalu disapukan di area dahi, dagu dan pipi agar tampak segar dan merona.

Jenis Bedak yang Lainnya

6. Bedak Cair

Bedak cair atau yang sering disebut dengan liquid powder, adalah bedak dengan tekstur cair yang sangat mudah menempel di kulit. Bedak ini memiliki fungsi untuk menutupi flek hitam atau bekas jerawat di wajah.

7. Finishing Powder

Hampir sama dengan bedak tabur. Finishing Powder adalah bedak yang berfungsi untuk menyempurnakan makeup atau mengunci makeup. Tetapi tekstur finishing powder ini lebih berat daripada bedak tabur, sehingga tidak bisa digunakan untuk makeup sehari-hari.

8. Bedak Translucent

Jenis bedak yang selanjutnya adalah bedak translucent. Bedak ini memiliki warna yang transparan saat diaplikasikan di wajah. Dengan teksturnya yang serbuk ini, bedak ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan membantu mengunci produksi minyak di wajah.

9. Mineral Powder

Jenis bedak yang terakhir adalah mineral powder. Bedak ini memiliki kandungan mineral, yang formulanya sangat ringat dan teksturnya lembut, sehingga cocok digunakan untuk jenis kulit yang sensitif. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading