Sukses

Beauty

5 Cara Merawat Kaki agar Tampak Sehat dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Kaki adalah bagian tubuh yang harus dirawat kesehatannya, agar kulit terlihat lebih sehat, indah dan lembut. Karena kulit di area kaki juga bisa mengering, mengelupas, pecah-pecah dan muncul bau tidak sedap di telapak kaki.

Apalagi bagi sebagian perempuan yang sering menggunakan celana atau rok pendek, dan yang sering menggunakan sepatu yang tertutup, harus ekstra saat merawat kaki agar selalu sehat.

Hampir sama dengan perawatan tubuh lainnya, area kaki juga harus dirawat dengan serangkaianĀ body careĀ yang tepat. Berikut cara merawat kaki, yang dilansir dari Liputan6.com:

Merawat Telapak Kaki dan Kuku

1. Menjaga Telapak Kaki Kering

Cara pertama merawat kaki adalah menjaga telapak kaki tetap kering, namun tetap terhidrasi. Kalau kamu sering menggunakan sepatu yang tertutup, usahakan untuk menggunakan sepatu dan kaos kaki dengan sirkulasi udara yang baik. Kaos kaki yang digunakan juga harus diganti setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menjaga telapak kaki tetap kering dan tidak lembap, karena kalau telapak kai lembap, maka jamur akan berkembang biak dengan cepat.

Agar kulit bagian telapak kaki tetap terhidrasi, usahakan untuk mengoleskan krim kaki setiap habis mandi. Karena krim kaki bermanfaat untuk mengontrol kelembapan kaki, membuat kaki lebih wangi, mencegah kulit pecah-pecah dan sebagai antibakteri yang membunuh jamur atau bakteri.

2. Rutin Menggunting Kuku

Karena sering menggunakan sepatu atau kaos kaki, lebih baik seringlah menggunting kuku ketika sudah mulai panjang. Karena kuku yang panjang bisa membuat kaki menjadi bau dan banyak bakteri bersembunyi di kuku.

Guntinglah kuku kaki secara lurus, hindari menggunting kuku dengan bentuk yang melengkung dan jangan terlalu pendek. Hal ini bisa menyebabkan kuku menjadi infeksi. Untuk menghilangkan kutikula, kamu bisa menggunakan alatĀ pedicureĀ khusus. Kalau ingin terlihat lebih cantik, kamu bisa mengoleskan vitamin kuku di kaki dan mewarnai dengan kutek.

Melakukan Eksfoliasi dan Waxing

3. Eksfoliasi Kulit Kaki

Di area kulit kaki juga harus dirawat dengan teknik eksfoliasi, yaitu melakukan produk yang bersifat sebagai eksfoliator, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel di kaki, meregenerasi sel kulit kaki, membuat kulit tampak cerah dan lembut.

Eksfoliasi kulit kaki ini bisa dilakukan seminggu sekali, dengan produkĀ body scrub atauĀ body mask, yang memiliki kandungan sepertiĀ shea butter,Ā vitamin E, kopi, cokelat,Ā green teaĀ dan semacamnya.

4. Waxing Bulu Kaki

Untuk membuat kulit kaki menjadi lebih sehat, usahakan untuk rutin melakukanĀ waxing,Ā kira-kira setelah bulu kaki panjangnya mencapai 1 cm atau sudah tebal.Ā WaxingĀ juga memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati, memperbarui sel kulit, mencegah kulit kusam dan mengubah tekstur bulu lebih lembut.

Namun perlu diingat, agar tidak melakukanĀ waxingĀ secara bersamaan dengan eksfoliasi kulit. Kalau dilakukan secara bersamaan, bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Hindari juga melakukanĀ waxing, saat sedang datang bulan, karena adanya perubahan hormon yang membuat kulit menjadi sensitif.

Melembapkan Kulit Kaki

5. Merendam Kaki

Cara merawat kaki yang selanjutnya, yaitu rutin merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam khusus. Cara ini bisa dilakukan di rumah selama 20menit setiap seminggu 2 kali atau seperlunya. Selain membantu melembapkan kaki, merendam kaki juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

6. Gunakan Pelembap

Cara merawat kaki yang terakhir, yaitu menggunakanĀ body lotionĀ atau pelembap, yang memiliki kandunganĀ UV ProtectionĀ minimal SPF 30 PA++. Karena kulit kaki juga mudah terkena paparan sinar matahari, jadi harus menggunakan pelembap agar tetap lembut dan tidak kusam.

Kamu juga bisa menggunakan minyak alami, seperti minyak zaitun, untuk merawat kulit kaki agar lebih lembap, sehat dan terhidrasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading