Sukses

Beauty

5 Penyebab Rambut Berketombe Beserta Cara Mengatasinya secara Alami

Fimela.com, Jakarta Penyebab ketombe di kepala dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gaya hidup sehari-hari, hingga perawatan kulit kepala dan rambut yang tidak tepat bisa menjadi penyebab ketombe muncul. Masalah pada rambut dan kulit kepala satu ini memang sangat menyebalkan.

Ketombe atau Pityriasis simplex capillitti merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe biasanya menyebabkan kulit kepala gatal-gatal dan rambut rontok. Apalagi, serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan ini juga sering kali berjatuhan ke bahu, membuat kamu tidak percaya diri.

Oleh karena itu, penyebab ketombe di kepala perlu kamu perhatikan supaya bisa melakukan perawatan yang tepat. Selain menggunakan sampo anti ketombe, penggunaan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit kepala dan rambut juga bisa dilakukan.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab rambut berketombe beserta cara mengatasinya secara alami. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Efek Stres dan Malas Menyisir Rambut

Tidak hanya menyebabkan rambut rontok parah, stres yang dialami dapat menjadi penyebab ketombe parah. Sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat, penuhi kebutuhan tidur sebanyak 8 jam dan lakukan rileksasi atau pemijatan, untuk membuat badan dan pikiran terasa segar.

Rajin menyisir rambut tidak hanya membuat rambut tetap lembut, tapi juga membersihkan rambut dari kotoran dan serpihan kulit kepala yang mengering. Lakukan setiap hari sebagai cara menghilangkan ketombe, dengan menghindari penumpukan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Adanya Malassezia

Kita semua memiliki Malassezia, jenis jamur yang hidup di permukaan kulit yang memakan sel-sel kulit mati dan minyak di kulit kepala. Walaupun sebenarnya membantu kita, kelebihan minyak, kotoran, dan tumpukan kulit mati di kulit kepala dapat memicu perkembangannya dan menjadi penyebab ketombe.

Sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe, cuci rambut dengan shampo anti ketombe secara teratur, untuk mengendalikan populasi jamur ini.

Pengaruh Pola Makan

Pola makan yang baik merupakan kunci untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Sebagai cara alami menghilangkan ketombe, coba masukkan sayuran dan buah-buahan segar. Tidak hanya mengatasi ketombe, tapi juga menjadi cara merawat rambut rontok.

Pengaruh Cuaca

Faktor luar yang memengaruhi datangnya ketombe adalah cuaca. Jika memang cuaca sedang begitu terik, coba dinginkan bagian tubuh dan kepala agar ketombe tak mudah datang.

Panas di kepala baik mulai dari penggunaan hair dryer atau kerudung, kepala yang kepanasan juga bisa bikin sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer atau gunakan bahan kerudung yang lebih nyaman untuk mencegah ketombe.

Terlalu Sering Keramas

Pastikan kamu mencuci rambut setiap hari, setidaknya cuci rambut tiga hari sekali saja. Sebab, waktu keramas juga memiliki dampak terhadap munculnya ketombe. Umumnya dermatolog tak akan menyarankan kamu untuk keramas setiap hari, karena hal ini akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kulit kepala iritasi.

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Lidah buaya dapat membantu mendinginkan kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Gel lidah buaya dapat meningkatkan retensi kelembaban di kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat membantu melindungi dari ketombe.

Air lemon

Air lemon mengandung asam sitrat yang tinggi. Sampo atau agen berbasis asam sitrat dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Ini dapat membantu mengurangi munculnya ketombe di kulit kepala.

Tea tree oil

Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Menggunakan tea tree oil dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Tea tree oil bisa diteteskan ke sampo dan digunakan untuk keramas seperti biasa. Pastikan untuk selalu mengencerkan tea tree oil terlebih dulu sebelum digunakan. Mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam.

Minyak kelapa

Efek pelembap dari minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kering secara bersamaan. Minyak kelapa menembus ke bawah epidermis dan bertindak sebagai penghalang untuk membantu melindungi dari kekeringan dan peradangan lebih lanjut. Cukup mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan sisir ke seluruh rambut. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan minyak meresap ke rambut dan kulit, lalu bilas hingga bersih.

Minyak zaitun

Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi pengelupasan kulit yang menjadi salah satu penyebab ketombe. Minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pijat minyak zaitun ke kulit kepala kering dan sisir rambut dari ketombe.

Minyak jarak

Minyak jarak memiliki sifat mengurangi peradangan. Minyak ini bisa efektif untuk ntuk ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Selain itu, mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala akan membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi dan dapat membantu mengurangi pengelupasan. Minyak jarak bisa diencerkan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading