Sukses

Beauty

4 Penyebab Rambut Patah yang Jarang Disadari Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ketika memiliki rambut yang indah dan terawat, pasti penampilan juga menjadi lebih menarik. Ditambah Anda juga semakin percaya diri jika 'mahkota' yang dimiliki terlihat lebih indah dan sehat. Namun bagaimana jika sebaliknya?

Jika rambut yang indah dan sehat akan membuat penampilan lebih percaya diri, bagaimana jika kamu mengalami kerusakan rambut seperti rambut patah-patah dan menjadi lepek? Pasti menyebalkan banget dan membuat penampilan jadi kurang oke.

Tanpa disadari gaya hidup yang membuat kamu harus beraktivitas di dalam dan di luar ruangan secara terus menerus dapat berdampak pada rambut. Rambut kamu dapat mengalami permasalahan seperti patah dan kusam.

Mengalami kerusakan rambut tersebut juga disebabkan oleh faktor-faktor lainnya, selain faktor utama, faktor kecil lainnya pun juga menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut tersebut. Memang sangat tidak nyaman bila mengalami kerusakan rambut, apalagi rambut menjadi hal utama yang sangat terlihat dan menggambarkan penampilan rapi atau tidaknya. 

Untuk itu, kamu perlu tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, berikut Fimela.com akan mengulas 4 penyebab rambut patah yang jarang disadari beserta cara mengatasinya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Efek Bahan Kimia pada Rambut

Proses kimia yang dilakukan pada rambut seperti rebonding, pewarnaan dan hair styling membuat rambut rentan rusak. Jika tidak dirawat dengan baik, proses kimia yang rutin dilakukan akan menyebabkan ujung rambut mati dan hal inilah yang menyebabkan mengapa helaian mbut mudah patah.

Suhu Panas

Suhu panas yang diterima rambut terus menerus dapat berasal dari sinar matahari dan juga suhu panas bahan alat styling rambut, seperti hair dryer. Paparan suhu panas yang berlebihan akan membuat rambut patah dan kusam.

Faktor Mekanis

Faktor mekanis yang dapat menyebabkan rambut rusak yaitu mengikat rambut. Mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang dapat membuat rambut kekurangan sikulasi udara dan rapuh. Terlebih mengikat rambut saat tidur. Usahakan untuk melepaskan rambut kamu agar dapat lebih bebas menerima udara dan beristirahat.

Pengaruh Lingkungan

Perpadaan suhu yang drastis dari udara panas ke dingin akan membuat rambut bekerja ekstra. Hal ini dapat memicu munculnya masalah rambut seperti ketombe dan lepek. Suhu lingkungan ini dapat disiasati dengan menggunakan kondisioner pada rambut kamu agar tetap lembap dan sehat.

Cara Mengatasi Masalah Rambut Patah dengan Bahan Alami

1. Susu dan Madu

Susu dan madu dipercaya bekerja dengan sangat baik dalam mengatasi rambut rapuh dan rontok. Campuran kedua bahan dapat diaplikasikan dengan cara memijatkannya secara lembut di atas permukaan kulit kepala hingga benar-benar merata. Biarkan selama lebih kurang 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dan keramas seperti biasa.

2. Pisang dan Minyak Zaitun

Rambut patah seringkali disebabkan oleh paparan sinar matahari, suhu panas alat styling rambut, dan pengaruh kandungan kimia akibat salah memilih produk perawatan rambut. Kamu bisa menggunakan masker pisang dan minyak zaitun pada kepala hingga helaian rambut minimal sekali dalam satu minggu. Pisang dipercaya dapat membantu menyeimbangkan pH dan menambah kekuatan rambut. Sedangkan minyak zaitun dapat membantu membawa uap air yang sangat dibutuhkan oleh rambut.

3. Minyak Kelapa

Ekstrak minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi perawatan rambut. Selain mengatasi rambut patah dan rontok, minyak kelapa juga membantu memperbaiki kutikula yang rusak dan membuat membuat rambut bersinar lebih indah.

Oleskan sekitar 2-3 sdm minyak kelapa pada rambut bagian bawah lalu biarkan hingga sedikit mengering dan bilas dengan air bersih. Jika merasa terlalu lengket dan berminyak, keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading