Sukses

Beauty

7 Penyebab Kulit Bersisik yang Bikin Kurang Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Kulit yang kering biasanya saat digaruk akan bersisik dan membuat kita tidak percaya diri. Terkadang kulit yang bersisik akan membuat gatal dan tidak nyaman, ada banyak penyebab yang membuat kulit menjadi bersisik

Selain itu terkadang saat kulit kita bersisik tidak dapat perawatan yang dengan mudah. Ada beberapa perawatan yang perlu diperhatikan saat kamu mengalami kulit berisisik maupun kering.

Meskipun membuat kita tidak nyaman dan tidak percaya diri, yuk cari tahu apa saja penyebab kulit berisisik yang sering menganggu. Berikut di bawah ini beberapa penyebab kulit bersisik:

1. Psoriasis

Jika kamu mengalami bercak merah yang terngkat dengan lapisan putih pada bagian lutu, siku, punggung vawah, maupun kulit kepala, mungkin kamu menderita psoriasis.

Hal ini adalah bentuk psoriasis yang paling umum, penyakit kronis yang secara serius ini terkadang akan mempercepat proses pematangan sel-sel kulit dan mencapai ke permukaan. Selain itu hal ini akan menumpuk dan menjadi bercak-bercak menebal yang tertutupi oleh lapisan kulit mati yang mengelupas.

2. Eksim

Bercak merah, bersisik, atau berkerak yang sangat gatal umumnya menandakan eksim. Hal ini paling dikenal dengan sebutan “gatal yang menimbulkan ruam” ada istilah umum untuk sekelompok kondisi eksim yang sangat umum, bahkan orang yang memiliki eksim cenderung memiliki kulit yang sangat kering.

3. Dermatitis Seboroik

Memiliki sisik berminyak putih maupun di area tubuh yang berminyak kemungkinan kamu menderita dermatitis seboroik. Selain itu dermatitis serboik juga akan terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti, kulit kepala, tangan, dan kaki. Dermatitis serboik biasanya akan terjadi pada usia 30 tahun keatas, cuaca dingin juga akan memicu terjadinya dermatitis serboik.

4. Kulit Kering

Kulit kering dapat terjadi oleh setiap orang, tapi kulit kering akan lebih sering terjadi seiring berjalannya usia. Kulit kering akan terjadi dimana saja pada bagian tubuh termasuk ektremitas, yang tidak memiliki kelenjar minyak sebanyak di wajah tentu akan membuat kulit menjadi lebih kering. Menggunakan pelembab salah satu cara untuk mengatasi kulit kering.

5. Alergi

Parfum maupun pewangi pakaian yang kamu gunakan pada bagian kulit, biasanya akan menimbulkan alergi dan iritasi yang berlebihan dan membuat kulit menjadi lebih gatal. Kulit gatal, kemerahan, kasar, dan kulit berisisik yang menyebabkan alergi.

Alergi juga akan muncul saat kamu mengenakan gelang atau perhiasan lainnya. Salah satu bahan yang dapat membuat kamu alergi adalah nikel, yang dapat ditemukan pada resleting, perhiasan, ikat pinggang, kacamata, dan lainnya.

6. Paparan Sinar Matahari

Selanjutnya penyebab kulit bersisik adalah paparan sibar matahari secara berlebihan. Kulit berisisik akibat terkelupasnya sengatan matahari bukanlah salah satu hal yang baik, tapi hal itu terkadang menjadi cara tubuh untuk menghilangkan sel-sel yang rusak akibat sinar UV.

7. Infeksi Jamur

Selanjutnya infeksi jamur pada kaki terkadang juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan yang lembab dan penggunaan sepatu yang terlalu sempit.

Kondisi ini juga sangat umum terjadi di antara jari-jari kaki, meskipun sering menyebar pada area telapak kaki, tumit, dan tepi kaki. Jamur yang terjadi terkadang juga akan meyebabkan kulit memerah dan pecah-pecah dan pada area yang bersisik akan mengelupas dan menjadi gatal.

Beberapa penyebab kulit berisisik diatas semoga dapat menambah informasi kamu. Penggunaan moisturizer juga sangat baik untuk kulit bersisik dan kering yang kamu alami, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.     ReplyForward     

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading