Sukses

Beauty

6 Penyebab Jerawat Putih di Sekitar Mata, Masalah Kulit Wajah yang Perlu Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Jerawat putih merupakan permasalahan kulit wajah yang muncul di kulit wajah, terutama pada sekitar mata. Beberapa orang salah mengira bintik putih ini sebagai jerawat.

Bintik-bintik ini sebenarnya bukan jerawat, melainkan kista milia. Jika muncul dalam jumlah besar, mereka disebut milia. Pertumbuhan kulit kecil ini bisa muncul pada orang dengan etnis atau usia apapun, tetapi umum muncul pada bayi yang baru lahir.

Kista ini muncul ketika keratin menumpuk di bawah kulit. Umumnya, bintik ini berwarna putih, tetapi kadang warnanya juga bisa kekuningan dengan ukuran diameter 1 hingga 2 milimeter.

Umumnya bintik ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi ada orang yang mungkin merasa kurang nyaman, hingga kulit kemerahan dan iritasi. Untuk kamu yang masih penasaran dengan kista milia atau biasa dikenal dengan istilah jerawat putih. Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 6 penyebab jerawat putih di sekitar mata. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Munculnya Jerawat Putih di Sekitar Mata

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun para ilmuwan menduga bintik putih ini merupakan permasalahan kulit yang dibawa dari lahir. Di sisi lain, pada orang dewasa, biasanya terkait dengan beberapa jenis kerusakan kulit sebelumnya, yang bisa berupa:

  • Luka melepuh.
  • Luka bakar.
  • Kerusakan akibat sinar matahari jangka panjang.
  • Penggunaan krim steroid dalam waktu lama.
  • Prosedur seperti dermabrasi atau pelapisan ulang kulit dengan laser.
  • Hilangnya kemampuan alami kulit untuk mengelupas (karena penuaan).

Cara untuk Mengatasi Jerawat Putih

Dalam kebanyakan kasus, milia atau jerawat putih ini dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Meskipun terlihat mengganggu, namun sebaiknya kamu tidak memencetnya atau menghilangkannya secara paksa karena dapat melukai kulit wajah. 

Apabila kamu tetap nekat untuk memencet jerawat putih di sekitar mata, maka yang akan kamu dapatkan bukan jerawat putih yang menghilang namun hanya wajah merah yang teriritasi dengan potensi jaringan parut dan infeksi.

Meskipun tidak ada pengobatan khusus untuk menghilangkan milia, ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah. Cara ini dapat mengurangi dan mencegah penyebab jerawat putih di sekitar mata.

Langkah untuk Mengatasi Jerawat Putih di Sekitar Mata

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah penyebab jerawat putih di sekitar mata:

  • Rajin membersihkan area kulit wajah dengan sabun lembut.
  • Menggunakan uap untuk membuka pori-pori.
  • Eksfoliasi kulit Anda 2 hingga 3 kali seminggu.
  • Menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan tabir surya.
  • Mengurangi atau mengindari penggunaan krim kental atau produk berbasis minyak.
  • Pilih retinoid topikal (krim atau gel vitamin A).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading