Sukses

Beauty

5 Penyebab Ketombe di Rambut yang Bikin Gatal

Fimela.com, Jakarta Ketombe adalah kondisi umum yang menyebabkan kulit di kepala mengelupas, hal ini biasanya tidak akan menular atau bahkah bukan sebagai masalah yang sangat serius. Ketombe ringan yang kamu alami juga dapat diobati dengan sampo harian yang lembut.

Kebanyakan orang akan mengalami ketombe di beberapa titik, tetapi hal ini akan lebih sering terjadi pada beberapa orang yang berisua remaja. Ada berbagai kemungkinan penyebabnya, termasuk serboik, reaksi alergi, maupun eksim. Reaksi berlebihan terhadap Malassezia, jamur yang muncul di kulit juga dapat menyebabkan dermatitis seboroik.

Berbagai faktor meningkatkan risiko munculnya ketombe, termasuk usia seseorang, cuaca, tingkat stress, dan pilihan produk rambut. Nah berikut beberapa penyebab rambut berketombe yang kamu alami:

1. Memiliki Kulit Kering

Kulit kering adalah salah satu penyebab ketombe yang paling umum ternyata hal ini akan memperburuk jika kamu selalu memiliki kulit kering. Kulit kering juga terkadang akan kamu rasakan, pilihlah perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Jarang Keramas

Keramas yang terlalu sering memang tidak baik untuk rambut akan tetapi keramas yang jarang juga tidak baik untuk kesehatan rambut kamu. Saat kita tidak cukup kramas maka minyak akan menumpuk dan menyebabkan kulit berketombe

3. Alergi

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda, ada beberapa yang alergi terhadap produk perawatan rambut. Jika kamu mengetahui terdapat iritasi kulit kepala seperti gatal atau nyeri setelah menggunakan produk tertentu, bisa jadi hal ini dikarenakan sensitivitas yang kamu miliki.

4. Memiliki Masalah Kondisi Medis

Dermatitis serboik adalah kondisi medis kronis yang tidak hanya mempengaruhi kulit kepala tetapi juga area tubuh lain dimana terdapat kelenjar minyak. Kondisi ini biasanya akan ditandai dengan ketombe serta kemerahan pada kulit kepala, hal ini mirip dengan penyakit kulit umum lainnya seperti psoriasis, eksim atau bahkah rekasi alergi.

5. Pertumbuhan Ragi Berlebih

Malassezia adalah jamur yang hidup di kulit kepala dan kulit semua orang, bagi sebagian orang sensitivitas berkembang yang dapat menyebabkan ketombe. Seperti dermatitris seboroik, kondisi kulit lain yang diperparah oleh malassezia termasuk psoriasis dan jenis dermatitis lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading