Sukses

Beauty

4 Penyebab Tumbuhnya Tahi Lalat di Badan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Tahi lalat adalah bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman di atas permukaan kulit. Tekstur permukaan tahi lalat cukup bervariasi, ada yang kasar, halus, bahkan beberapa di antaranya ditumbuhi bulu.

Tahi lalat tumbuh akibat pengelompokan sel-sel melanosit dan sel penghasil warna kulit. Umumnya tahi lalat banyak dimiliki oleh orang berkulit warna terang dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit gelap.

Tahi lalat dapat terbentuk di bagian tubuh mana pun. Namun tahi lalat tumbuh pada bagian tubuh yang sering terkena paparan matahari, seperti leher, tangan, dada, dan wajah.

Sayangnya, sebagian orang tidak percaya diri karena memiliki tahi lalat yang bentuknya mengganggu penampilan. Lalu, apa saja pemicu tahi lalat tumbuh dan bagaimana cara menghilangkannya? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab tumbuhnya tahi lalat di badan yang jarang diketahui. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Salah satu penyebab tahi lalat ialah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat-obatan tersebut seperti antibiotik, hormonal, dan antidepresan yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Sehingga hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terkena sinar matahari.

Saat permukaan kulit sensitif dengan cahaya matahari maka dapat menimbulkan tumbuhnya tahi lalat di tubuh. Salah satu cara mencegah tumbuhnya tahi lalat ialah mengurangi obat-obatan antibiotik dan mengonsumsi makanan yang sehat.

2. Iklim Panas

Iklim panas menjadi salah satu penyebab tahi lalat di permukaan kulit tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kulit mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari, sehingga menyebabkan tahi lalat tumbuh dengan mudah.

Paparan sinar matahari dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak melanocytes. Apabila banyak melanocytes tertumpuk dan tidak tersebar secara merata, tahi lalat akan mudah terbentuk dan muncul.

3. Penyebaran Sel Melanosit Tidak Merata

Penyebab tahi lalat berikutnya ialah penyebaran sel melanosit yang tidak rata. Hal ini dapat terjadi ketika sel melanosit tumbuh secara berkelompok dan tidak menyebar ke seluruh kulit.

Perlu diketahui bahwa sel melanosit merupakan penghasil pigmen yang dapat memberi warna kulit pada tubuh. Apabila penyebaran sel melanosit tidak merata dan berkelompok mengumpul jadi satu maka memicu tumbuhnya tahi lalat baru.

4. Faktor Genetik

Tahi lalat juga bisa disebebkan oleh faktor genetik atau faktor keturunan yang diturunkan oleh orangtua. Orang yang memiliki permukaan kulit yang cerah memiliki jumlah tahi lalat yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit berwarna gelap. 

Dilansir dari laman Healthline, tumbuhnya tahi lalat biasanya akan muncul selama 25 tahun di masa awal kehidupan. Akan tetapi tak jarang seseorang sudah memiliki tahi lalat ini dari lahir. Hal ini terjadi karena faktor turun temurun dari keluarganya.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat secara Alami

Tahi lalat bisa tumbuh dimana saja, termasuk di wajah. Keberadaan tahi lalat di wajah bagi sebagian orang cukup mengganggu penampilan. Berikut tips cara menghilangkan tahi lalat di wajah.

1. Menggunakan Madu

Salah satu cara menghilangkan tahi lalat di wajah yakni dengan menggunakan madu. Aplikasikan madu murni pada tahi lalat, kemudian tutup dengan plester. Lakukan perawatan ini setiap pagi dan malam kira-kira selama 6 minggu sampai tahi lalat memudar.

2. Menggunakan Lidah buaya

Lidah buaya ternyata bisa juga dijadikan sebagai cara menghilangkan tahi lalat di wajah, namun tentu harus rutin dilakukan.

Caranya cukup mudah, yakni siapkan daging lidah buaya atau produk lidah buaya dalam bentuk gel. Oleskan pada bagian tahi lalat dan diamkan sampai kering, tanpa perlu membilasnya.

3. Menggunakan Tea tree oil

Tea tree oil bisa kamu jadikan cara menghilangkan tahi lalat di wajah. Kamu bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Caranya cukup mudah yakni dengan mencampurkan 4-5 tetes tea tree oil dengan setengah sendok minyak zaitun dalam wadah, lalu aduk rata campuran tersebut. Oleskan ramuan tersebut di tahi lalat, diamkan sekitar 5 menit, kemudian usap menggunakan handuk basah sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading