Sukses

Beauty

5 Tips Menggunakan Cushion untuk Makeup yang Halus dan Natural

Fimela.com, Jakarta Sebagai salah satu dasar untuk makeup, cushion kini sudah digandrungi oleh banyak muda-mudi karena memiliki coverage yang baik dan praktis untuk digunakan setiap hari. Bentuknya yang seperti bedak membuat cushion bisa dengan mudah dibawa kemana-mana dan dapat dijadikan sebagai produk untuk touch up ketika sedang beraktivitas. Umumnya, cushion akan berbentuk cairan dengan spons yang ringan sehingga dapat ditekan dan dioleskan sesuai keinginan. 

Cushion dapat membantu dalam menyamarkan noda, bintik hitam, garis halus, dan bekas jerawat. Apabila kamu ingin mencari alas makeup apa yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula, cushion dapat menjadi solusinya. Tingkat coverage produk ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bergantung pada pemakaian. Melansir dari beberapa sumber, inilah tips-tips yang bisa kamu coba:

1. Ketahui Jenis Kulit dan Persiapkan Kulit dengan Baik

Warna kulit yang berbeda-beda bagi setiap orang membuat cushion memiliki rangkaian shade warna yang harus dipilih sesuai warna kulit agar menyatu sempurna. Begitu juga dengan kandungan di dalamnya yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan jenis kulit tiap orang.

Selain itu, supaya cushion tampak merata di kulit wajah, persiapkan kulit dengan menggunakan beberapa produk yang dibutuhkan. Misalnya dengan mengoleskan moisturizer berbahan dasar ringan atau dapat menggunakan primer sebagai dasar makeup tambahan sebelum cushion.

Penggunaan moisturizer atau produk skincare lainnya dibutuhkan untuk membuat kulit menjadi lebih terawat dan lembap meski harus menggunakan makeup dalam waktu yang lama. Sementara itu, penggunaan primer dapat membuat cushion lebih menempel dengan kulit. 

2. Tekan Spons secara Perlahan-Lahan

Saat sedang menggunakan cushion, akan lebih baik jika menekan spons dengan lembut sebanyak satu atau dua kali saja ke dalam cushion. Hindari untuk menekan dengan keras supaya spons bisa mengambil dalam jumlah yang tepat dan berlebihan. Penggunaan yang berlebihan ini bisa membuat makeup terlihat menjadi cakey. Oleh karena itu, lebih baik untuk menekan secukupnya saja karena spons cushion dapat dengan mudah menyerap dalam jumlah yang banyak. 

3. Aplikasikan Cushion dengan Menepuknya secara Lembut

Setelah menekan cushion secara perlahan, hindari untuk mengaplikasikannya dengan menyeret atau menggeser spons pada kulit. Untuk mendapatkan efek yang halus dan tahan lama, aplikasikan dengan gerakan menepuk-nepuk atau memutar pada seluruh area, terutama masalah pada kulit wajah yang perlu untuk ditutupi. Gunakan sentuhan yang ringan supaya mendapatkan hasil makeup yang diinginkan. 

4. Gunakan Loose Powder

Menggunakan cushion dapat meratakan warna kulit dengan mengoleskannya secara merata. Aplikasikan pada area yang dibutuhkan dari bagian tengah wajah hingga ke luar. Setelah mengoleskan cushion, tambahkan loose powder atau bedak tabur supaya makeup bisa tahan lama. Loose powder dapat membantu untuk menahan minyak dan membuat tampilan makeup mejadi lebih alami. Loose powder memainkan peranan penting dalam mengunci produk makeup, terutama untuk cushion. 

5. Jaga agar Spons Cushion tetap Bersih

Untuk mencegah pembentukan bakteri pada permukaan kulit, spons pada cushion juga dapat dijaga agar tetap bersih. Dilansir dari Daily Vanity, spons untuk cushion dapat dibersihkan dengan air dan sabun. Hal ini bisa membuat cushion tetap higienis dan mencegah bakteri penyebab jerawat atau iritasi kulit lainnya. Supaya lebih aman, spons cushion juga dapat diganti apabila sudah dipakai terlalu sering dalam jangka waktu yang lama.  

Cushion memiliki kegunaan penting, apalagi saat Sahabat Fimela ingin menggunakan makeup yang cepat dan instan. Bersamaan dengan produk makeup lainnya, cushion dapat memiliki kegunaan penting sebagai dasar utama tampilan makeup yang memesona. Jika baru ingin mencoba atau bahkan sudah menggunakannya, perhatikan tips-tips simpel di atas, ya! Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan seputar kecantikan!

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading