Sukses

Beauty

6 Cara Sederhana Mengurangi Minyak Berlebih pada Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Wajah yang penuh minyak sudah menjadi kondisi umum yang bisa dirasakan siapa saja. Akan tetapi, kondisi ini bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih kusam dan mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Mengatasi kulit berminyak mengharuskan seseorang untuk melakukan perawatan kulit secara teratur. Kondisi kulit yang berminyak terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi dalam melindungi kulit dan mempertahankan kelembapan. 

Kulit yang berminyak sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak faktor secara internal atau eksternal. Faktor genetik, usia, fluktuasi hormon, dan pori-pori yang membesar dapat memengaruhi kondisi kulit menjadi cepat berminyak. Begitu juga dengan adanya pengaruh dari faktor lingkungan, stres, dan diet.

Meski demikian, Sahabat Fimela tetap bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah dengan merawat kulit dengan produk skincare atau mengurangi kebiasaan yang tidak sehat. Merangkum dari beberapa sumber, ini cara simpel yang bisa dilakukan: 

1. Bersihkan Wajah secara Teratur

Langkah simpel pertama yang tak boleh dilewatkan, yakni membersihkan wajah setiap pagi dan malam. Bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih yang lembut, tidak beraroma, bebas minyak, dan nonkomedogenik. Menjaga kulit tetap bersih dan sehat menjadi tahapan utama untuk terhindar dari segala permasalahan kulit. Hindari untuk memilih produk dengan bahan yang kuat dan keras karena dapat memicu produksi minyak yang berlebihan. 

2. Tambahkan Produk Berbahan Salicylic Acid atau Glycolic Acid

Salicylic acid dan glycolic acid adalah dua kandungan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga pori-pori agar tetap bersih dari produksi minyak. Kedua bahan aktif ini sudah masuk ke banyak produk skincare, meliputi pembersih, toner, serum, atau produk eksfoliasi. Lebih baik gunakan salah satu bahan supaya terhindar dari risiko iritasi. Setelah menggunakannya, tambahkan produk skincare dalam rutinitas perawatan kulit karena kedua bahan dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. 

3. Kertas Penyerap Minyak Penting untuk Digunakan

Kertas penyerap minyak dirancang untuk mengangkat minyak yang berlebihan sehingga cocok digunakan saat aktivitas sehari-hari. Barang ini telah menjadi kebutuhan penting yang dapat menjaga tampilan wajah agar tidak terlalu kusam dan tidak mengkilap. Menekan kertas penyerap bisa mengendalikan minyak yang muncul pada kulit wajah tanpa harus mengganggu makeup. Gunakan kertas penyerap pada area kulit seperti dahi, hidung, dan dagu supaya minyak dapat terangkat secara keseluruhan. 

4. Berikan Pelembap dan Sunscreen secara Teratur

Sahabat Fimela pasti sudah familiar dengan kedua produk skincare wajib ini. Pilihlah moisturizer dengan kandungan nonkomedogenik dan bebas minyak untuk melindungi kulit agar terhidrasi. Sama seperti moisturizer, gunakan sunscreen dengan formula ringan berbasis gel yang dapat menyerap dengan baik. Diketahui dari Cleveland Clinic, sunscreen yang mengandung zinc oxide, titanium dioxide, dan tidak beraroma dapat digunakan untuk mengurangi minyak. 

5. Gunakan Produk Masker Wajah

Masker wajah dapat merawat kulit yang berminyak, apalagi dengan bahan-bahan di dalamnya. Dilansir dari Medical News Today, clay mask dapat mengandung mineral yang dapat menyerap minyak dan mengurangi sebum.

Selain itu, madu dan oatmeal juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang bisa mengurangi bakteri, jerawat, dan minyak. Bahan ini dapat membantu untuk membersihkan dan melembutkan kulit. Apalagi, oatmeal mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang bisa mencegah iritasi. 

6. Gunakan Produk Berbahan Teh Hijau

Teh hijau mempunyai kandungan polifenol antioksidan yang dapat membantu mengendalikan produksi sebum. Teh hijau sudah menjadi bahan alami yang cukup terkenal digunakan sebagai produk yang menyimpan beragam manfaat kesehatan. Termasuk sebagai produk kecantikan. Bahan ekstrak teh hijau sudah dapat ditemukan pada produk seperti pelembap, toner, atau pembersih wajah. 

Sekian cara-cara simpel yang dapat kamu coba untuk mengurangi minyak yang berlebihan pada wajah. Skincare routine dengan bahan-bahan yang aman di kulit menjadi strategi penting yang perlu dilakukan setiap hari. Jaga kebersihan kulit dengan merawatnya secara teratur. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading