Sukses

Beauty

Tips Sederhana saat Memilih Produk Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Kolagen merupakan salah satu protein yang dapat ditemukan dalam tubuh manusia. Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit, tulan, sendi, dan otot. Selain menjaga ketahanan bagian tubuh, biasanya kolagen digunakan untuk menjaga kecantikan serta kesehatan kulit seseorang. 

Kadar kolagen dalam tubuh penting untuk selalu diperhatikan dan dijaga karena jika tidak akan menyebabkan berbagai macam dampak negatif. Dampak negatif ini biasanya akan terlihat karena akan mengganggu penampilan fisik seseorang, beberapa dampak buruknya adalah seperti kulit kendur, keriput, dan garis-garis halus akan mulai terlihat. Maka dari itu, menjaga tingkat kolagen dalam tubuh itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit seseorang. Proses pembentukan kolagen terbentuk pada sel fibroblas yang merupakan sel khusus untuk pembentukan kolagen dan stroma. Secara garis besar kolagen terbentuk di dalam sel (intraseluler) dan diluar sel (ekstraseluler).

Dilansir oleh lombardiinstituteofdermatology.com mengungkapkan bahwa semakin bertambahnya usia umumnya produksi kolagen dalam tubuh akan mengurang, setidaknya 1 persen dalam satu tahun, sesaat masuk usia 20 tahun. Melihat fenomena ini, cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan mengkonsumsi minuman atau suplemen yang mengandung kolagen.

Namun, sebenarnya bagaimana cara yang tepat untuk memilih kolagen. Pada dasarnya peningkatan kolagen yang diakibatkan dari suplemen atau minuman kolagen itu berdasarkan proses tubuh seseorang. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kolagen. Berikut adalah tips memilih kolagen yang baik untuk kesehatan dan keindahan kulit menurut Natures-island.com.

Perhatikan deskripsi dan kegunaan

Sumber kolagen

Keberhasilan produksi suplemen kolagen sangat ditentukan oleh sumbernya dari kolagen. Suplemen ini dapat dihasilkan baik dari hewan maupun tumbuhan. Kolagen laut yang diekstraksi dari ikan memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan sumber hewani. 

Struktur asam amino dan ukuran molekulnya yang kecil mempermudah proses pencernaan, penyerapan, dan distribusi dalam tubuh. Peningkatan kandungan hayati dalam tubuh dapat memberikan manfaat terutama dalam pembentukan kolagen dalam tubuh.

Tipe kolagen

Faktanya kolagen memiliki tipe dan manfaat yang berbeda. Dalam kasus ini, demi menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku cara yang terbaik adalah mencari kolagen yang dapat membuat kulit terlihat sehat, menghidrasi, dan yang dapat memberikan kilauan alami, serta kualitasnya. 

Disarankan untuk memilih kolagen tipe I, II, dan III. Pada dasarnya kolagen jenis I berguna untuk membantu kulit kencang dan elastis. Sedangkan kolagen tipe dua dapat meredakan pembengkakan dan nyeri sendi. Terakhir adalah kolagen jenis III, membantu mencegah kerutan, dan keelastisan kulit. 

Utamakan komposisi kolagen

Suplemen kolagen hadir dengan formula unik yang dilengkapi dengan bahan-bahan dan vitamin yang sesuai. Bahan-bahan tersebut dirancang untuk optimal dalam meningkatkan penyerapan kolagen dalam tubuh, sambil memberikan hasil yang diinginkan. Mengkonsumsi suplemen kolagen yang mengandung Biotin dan vitamin C dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kulit kamu. 

Sebaliknya, kolagen yang mengandung glukosamin dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian dan menjaga kesehatannya. Intinya selalu utamakan tujuan yang ingin dicapai saat memilih kolagen.

Pengaruh eksternal

Teruji secara klinis

Bubuk kolagen yang telah diuji secara klinis memiliki potensi untuk memberikan dampak positif pada kesehatan Anda serta menilai sejauh mana suplemen kolagen efektif. Memilih kolagen yang telah diuji secara klinis bisa memberikan hasil yang terlihat dalam waktu 14 hari.

Rasa dan aroma

Setiap orang memiliki seleranya masing-masing jika dihadapi dengan rasa dan aroma. Bubuk kolagen yang terbaik seharusnya tidak memiliki rasa atau aroma yang kurang sedap atau tidak dikenal. Suplemen kolagen yang diproduksi dengan teliti dapat memuaskan selera kamu.

Tanpa kehati-hatian, keberadaan bau atau sisa rasa yang aneh bahkan bisa menjadi hambatan untuk mengonsumsi kolagen.

Kolagen paling ideal

Sekarang ini, banyak sekali perdebatan terutama perihal kinerja kolagen. Ada yang berdebat kalau kolagen bubuk lebih baik, disisi lain ada yang berkata kolagen suplemen itu yang terbaik.  

Sebagian dari kita merasa lebih suka mengonsumsi pil harian, sementara yang lain memilih minuman kolagen. Kami merekomendasikan untuk mencoba bubuk kolagen yang memiliki aroma khusus, dicampur dengan bahan tambahan untuk menjadikan pengalaman konsumsi lebih menyenangkan.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading