Sukses

Beauty

5 Kesalahan Ini Perlu Dihindari Saat Mencuci Wajah, Bisa Merusak Kulit!

Fimela.com, Jakarta Tahap penting dalam perawatan kulit wajah yang tidak boleh dilewatkan adalah mencuci wajah. Meski terkesan sepele, kebiasaan ini wajib dilakukan saat memulai hari dan sebelum tidur. Selain membersihkan wajah, kandungan di dalam pembersih juga dapat membantu untuk meremajakan kulit. Kulit pun dapat terasa halus dan lembap. 

Akan tetapi, Sahabat Fimela juga perlu memperhatikan beberapa hal saat sedang mencuci wajah. Sering kali terdapat kesalahan yang bisa terjadi tanpa disadari. Kesalahan apa saja yang perlu kamu hindari? Berikut diantaranya:

1. Terlalu Sering untuk Mencuci Wajah

Mencuci wajah untuk jenis kulit apa pun, alangkah baiknya untuk tidak dilakukan terlalu sering. Waktu ideal untuk mencuci wajah yaitu di pagi hari dan malam hari. Cukup dua kali dalam sehari. 

Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan, produksi minyak alami akan terhambat. Hasilnya, kulit akan terasa kering hingga berisiko iritasi. Oleh sebab itu, bersihkan bakteri dan kotoran dengan secukupnya sesuai kebutuhan. 

2. Menggunakan Produk Pembersih yang Salah

Produk pembersih yang tidak sesuai dengan kulit bisa memengaruhi tingkat pH sehingga menjadi tidak seimbang. Pilihlah pembersih dengan memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Apalagi, di masa sekarang sudah banyak bermunculan produk pembersih yang mempunyai beragam fungsi.

Hindari memilih bahan pembersih yang terlalu keras karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan kemerahan. Penting untuk memperhatikan reaksi kulit ketika sedang menggunakan pembersih dan hentikan apabila tidak cocok dengan tipe kulitmu. 

3. Membersihkan Wajah Menggunakan Air Panas

Mencuci wajah dengan menggunakan air panas dapat memberikan dampak yang buruk bagi kulit wajah. Pasalnya, air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak esensial kulit. Akibatnya, kulit menjadi terlalu kering. Upaya terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan air hangat atau air bersuhu ruangan. Dengan demikian, kulit bisa terhidrasi sehingga terasa lebih halus dan lembap.

4. Mencuci Wajah secara Tidak Menyeluruh

Sahabat Fimela masih suka terburu-buru saat mencuci wajah? Sebaiknya, hindari kebiasaan ini, ya. Membilas wajah terlalu cepat bisa membuat kotoran dan debu pada wajah tidak tersapu bersih secara menyeluruh.

Residu yang tertinggal pada bagian kulit wajah bisa menumpuk dan menyebabkan iritasi pada kulit. Pori-pori kulit bisa tersumbat dan menciptakan masalah baru pada wajah. Oleh karena itu, selalu perhatikan detail kecil pada wajah saat mencuci muka, seperti garis rahang dan garis rambut. Usahakan untuk tidak ada bagian yang terlewatkan agar kamu bisa mendapatkan wajah bersih secara optimal.

5. Menghapus Riasan Hanya dengan Mencuci Muka

Penggunaan pembersih wajah sejatinya tidak cukup untuk menghapus riasan wajah secara sepenuhnya. Pembersih wajah tidak bisa menghilangkan produk anti air pada kosmetik, terutama jika riasan tersebut menempel secara tahan lama. Sebelum mencuci wajah dengan pembersih, ada baiknya untuk menggunakan cleanser, seperti micellar water agar produk makeup bisa benar-benar terhempas dari kulit wajah. 

Segera hindari kesalahan-kesalahan tersebut supaya kulitmu tidak rusak dan iritasi. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan baru untuk menjaga kesehatan kulit. Ingatlah untuk selalu mencuci wajah secara rutin dan tidak berlebihan!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading