Sukses

Beauty

Lakukan 4 Tips Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Ini Agar Terlihat Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin awet muda? Setiap orang pasti menginginkan untuk terlihat awet muda. Mempunyai kulit wajah dan tubuh yang awet muda membuat rasa percaya diri meningkat.

Memiliki kulit yang sehat dan kencang adalah idaman semua orang. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Hal ini adalah kondisi umum yang dialami oleh setiap orang. Semakin bertambah usia, kulit semakin terlihat kendur. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin, dua protein utama dalam struktur kulit yang memberikan kekuatan, kekencangan, dan elastisitas, dalam tubuh menurun. Kurangnya pasokan protein ini menyebabkan kehilangan elastisitas dan timbulnya kerutan.

Selain faktor usia, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit adalah paparan sinar UV matahari sehari-hari. Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, juga dapat menyebabkan kerutan pada kulit.

Untuk memperlambat proses penuaan pada kulit, baik kulit wajah, maupun kulit tubuh, Sahabat Fimela perlu merawat kulit secara rutin. Dengan begitu, kulit menjadi sehat dan terlihat awet muda. Penasaran apa saja yang harus dilakukan dalam merawat kulit wajah dan tubuh? Simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Pentingnya kandungan retinol dalam produk perawatan kulit

Retinol adalah kandungan aktif dalam skincare. Sahabat Fimela bisa menemukan retinol dalam erbagai macam bentuk skincare, seperti krim, serum, lotion, gel, dan oil.

Retinol merupakan turunan vitamin A yang termasuk dalam jenis retinoid. Untuk menjaga kulit tetap kencang dan terlihat awet muda, Sahabat Fimela bisa menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif ini secara rutin.

Jika Sahabat Fimela baru pertama kali ingin menggunakan retinol, sebaiknya pilihlah retinol dengan konsentrasi yang kecil. Dilansir dari Very Well Health, disarankan unruk menggunakan retinol dengan konsentrasi 0,01-3%. Hal ini untuk menghindari kemungkinan iritasi kulit pada pemula.

Nah, Sahabat Fimela bisa menggunakan retinol setiap 1-2 kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan retinol secara rutin, ya.

2. Jaga kelembapan kulit secara rutin

Untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang awet muda, menjaga kelembapan kulit itu sangat penting. Sahabat Fimela bisa menjaga kelembapan kulit wajah dengan menggunakan moisturizer atau pelembab khusus wajah. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, moisturizer atau pelembab wajah dapat membantu menjaga kadar air dalam kulit.

Sementara itu, untuk menjaga kelembapan kulit tubuh, Sahabat Fimela bisa menggunakan lotion secara rutin. Penggunaan lotion yang rutin membuat kulit menjadi terhidrasi. Nah, kulit yang terhidrasi ini membuat Sahabat Fimela terlihat awet muda.

 

3. Selalu gunakan produk dengan SPF

Salah satu penyebab kulit menjadi keriput adalah paparan sinar matahari scara langsung. Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang dapat mempercepat proses penuaan kulit, seperti munculnya kerutan, bintik-bintik hitam, bahkan kanker kulit. Nah, untuk mencegah hal ini, Sahabat Fimela harus menggunakan produk perawatan kulit dengan SPF.

Sahabat Fimela bisa menggunakan lotion dengan SPF untuk diaplikasikan pada kulit tubuh sebelum beaktivitas di luar rumah. Sementara itu, untuk kulit wajah, Sahabat Fimela bisa menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA+.

Jika Sahabat Fimela menginginkan kulit wajah dan kulit tubuh yang sehat dan terlihat awet muda, pastikan selalu menggunakan sunscreen dan lotion dengan SPF, ya! Dengan begitu, kulit terlindungi dari paparan sinar UV.

4. Mengonsumsi suplemen kolagen

Kolagen adalah protein dalam kulit yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Nah, hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kendur. Untuk memperlambat proses penuaan, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi suplemen kolagen.

Dilansir dari The New York Times, beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen selama beberapa bulan dapat meningkatkan elastisitas kulit, seperti mengurangi kerutan dan kekasaran, serta tanda-tanda penuaan lainnya. Studi lain juga menunjukkan bahwa asupan kolagen dapat meningkatkan kepadatan tulang yang melemah akibat penuaan dan dapat memperbaiki nyeri sendi, punggung, dan lutut.

Mengonsumsi suplemen kolagen tripeptide dapat membantu kulit terlihat awet muda. Namun, perlu diingat, sebelum mengonsumsi suplemen ini, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau profesional kesehatan.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading