Sukses

Lifestyle

5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak secara Mudah dan Alami

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit wajah berminyak bagi sebagian besar orang merupakan hal yang menyebalkan. Bagaimana tidak kulit berminyak cenderung akan membuat wajah terlihat kusam, membuat make up tidak mudah menempel dan mudah luntur.

Selain itu, minyak berlebih pada wajah juga dapat memicu munculnya jerawat. Tak heran bila kemudian pemilik wajah berminyak membutuhkan usaha ekstra untuk menjaga kondisi kulitnya.

Jika kamu sudah mencoba berbagai macam produk perawatan untuk kulit wajah berminyak tapi tak kunjung ada hasilnya, kamu bisa beralih ke alternatif lain yang lebih aman dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Selain tak menimbulkan efek samping berbahaya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com akan mengulas 5 cara merawat kulit wajah berminyak secara mudah dan alami. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Stroberi dan Madu

Cara merawat wajah berminyak dengan bahan alami yang pertama kamu bisa menggunakan strawberry dan madu. Caranya sangat mudah pertama siapkan 2 buah stroberi yang masih segar dicuci terlebih dahulu, kemudian dihancurkan dan dicampur dengan 1 sdm madu. Aduk hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat. Metode ini bisa digunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Oatmeal

Cara merawat wajah berminyak dengan bahan alami berikutnya dengan memanfaatkan oatmeal yang dipercaya dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yoghurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta. Campurkan 1 sendok makan madu. Kemudian pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Teh Hijau

Polifenol teh hijau dapat membantu mengurangi produksi sebum dan juga bermanfaat dalam mengobati jerawat akibat minyak berlebih. Teh hijau sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah polifenol yang menurut penelitian dapat mengatasi kulit berminyak.

Cukup ambil beberapa kantong teh hijau bekas dan simpan di lemari es selama beberapa waktu. oleskan isi kantong teh dingin ke seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

Tomat

Kandungan asam salisilat pada tomat terkenal bermanfaat dalam mengatasi jerawat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori.

Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Kamu bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak dengan menempelkan langsung potongan tomat pada kulit, menjadikannya masker, scrub, atau toner.

Madu

Cara merawat wajah berminyak dengan bahan alami lainnya kamu bisa menggunakan madu. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak.

Madu bertindak sebagai emolien alami. Ini melembapkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Selain itu, sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul.

Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak, siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading