Sukses

Beauty

7 Cara untuk Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Whiteheads atau komedo putih menjadi masalah umum yang bisa menimpa setiap orang. Biasanya, kondisi ini akan menyerang wajah dan bisa mengganggu penampilan. Whiteheads tampak seperti benjolan kecil yang menempel pada kulit dengan warna putih atau kekuningan.

Diketahui dari situs Cleveland Clinic, komedo putih dapat terjadi saat folikel rambut atau kelenjar sebasea mengalami peradangan akibat produksi sebum, pembentukan keratin yang tidak normal, dan meningkatnya jumlah bakteri yang menyebabkan jerawat. Komedo putih ini juga dapat disebabkan dari pola makan dan reaksi terhadap produk perawatan kulit tertentu. Meski menempel pada kulit, whiteheads tertutup di dalam pori-pori sehingga tak jarang akan terasa sulit untuk ditangani. 

Setiap orang mungkin merasa gatal dan ingin mencoba untuk memencet komedo putih. Namun, sayangnya cara ini justru bisa menimbulkan dampak dalam jangka panjang. Apalagi dengan menggunakan jari, maka kotoran dan minyak bisa berpindah ke dalam komedo sehingga membuat pori-pori tersumbat. Alhasil, komedo putih pun bisa berkembang semakin meluas.

Untuk menghindari hal tersebut, terdapat cara yang bisa dilakukan supaya komedo putih bisa menghilang dan kamu juga bisa mencegah kondisi ini agar tidak terjadi lagi. Melansir dari beberapa situs, berikut untuk bahan dan kandungan yang bisa digunakan selama perawatan kulit untuk menghilangkan whiteheads atau komedo putih:

 

Cara untuk Menghilangkan Komedo Putih

1. Gunakan Witch Hazel

Witch hazel merupakan tanaman berbunga yang bisa membantu menyembuhkan komedo putih. Hal ini disebabkan karena sifat astringen alaminya yang bisa meminimalisir minyak berlebih. Witch hazel juga mengandung efek antibakteri sehingga dapat digunakan sebagai penghilang jerawat. Ditambah lagi, senyawa ini juga memiliki efek anti-inflamasi yang ringan untuk cegah peradangan. 

2. Mengoleskan Madu

Sebagai produk anti-inflamasi, antimikroba, dan kaya antioksidan, madu bisa membantu dalam mempercepat penyembuhan akibat komedo putih yang pecah. Bahkan, bahan ini bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa semakin meningkat. Oleskan madu mentah pada area kulit yang bermasalah dan biarkan dalam beberapa menit, kemudian bilas dengan air secara menyeluruh. 

3. Menggunakan Produk Tea Tree Oil

Tea tree oil dikenal punya banyak manfaat untuk atasi berbagai permasalahan kulit, termasuk komedo dan jerawat. Di masa kini, banyak produk skincare yang mengandung bahan tea tree oil untuk membantu dalam membersihkan dan menjaga kulit tetap kencang. Mengoleskannya untuk perawatan sehari-hari bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan whiteheads agar dapat terhempas dari kulit wajah

4.  Memanfaatkan Produk Berbahan Salicylic Acid

Bahan ini juga sudah dimanfaatkan oleh brand-brand skincare untuk solusi setiap masalah yang muncul di wajah. Produk berbahan salicylic acid dapat digunakan untuk menghilangkan sel kulit mati agar folikel rambut tidak tersumbat. Lebih lanjut, bahan aktif ini bisa mengurangi produksi minyak. Oleh karena itu, gunakan produk dengan kandungan senyawa ini dalam produk krim, sabun pembersih, toner, dan masih banyak lagi. 

 

5. Menggunakan Produk Berbahan Benzoil Peroksida

Bahan lain yang bisa diperhatikan yaitu berupa senyawa benzoil peroksida. Benzoil peroksida memiliki sifat antibakteri sehingga akan berkontribusi dalam mengatasi penyumbatan pori-pori. Sebelum menggunakannya, jangan lupa untuk tetap mengujinya terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat kecocokan produk terhadap kulit. Cobalah produk dengan konsentrasi rendah karena bahan ini diketahui bersifat keras sehingga bisa memengaruhi jenis kulit tertentu menjadi lebih kering daripada biasanya. 

6. Memanfaatkan Produk Skincare dengan Kandungan Vitamin A

Nutrisi dalam vitamin A mengandung antioksidan yang kuat bagi kulit. Hal ini bisa berpotensi untuk mengurangi kemerahan dan peradangan. Lebih dari itu, vitamin A bisa berperan dalam menumbuhkan sel-sel kulit yang sehat. Hampir serupa dengan benzoil peroksida, kamu tetap perlu untuk menguji kecocokan dan sensitivitasnya. 

7. Menggunakan Aloe Vera

Bukan rahasia umum lagi bahwa aloe vera atau lidah buaya sering digunakan sebagai produk kecantikan karena sederet manfaatnya. Lidah buaya cukup populer dipakai untuk mengatasi masalah kulit, seperti untuk kulit yang berjerawat karena dapat menghilangkan bakteri. Oleh karenanya, bahan ini juga diketahui dapat digunakan untuk mengurangi whiteheads.

 

Itu dia cara-cara untuk hilangkan whiteheads atau komedo putih melalui bahan-bahan alami atau bahan dari produk skincare. Perhatikan kebiasaan sehari-hari, selalu terapkan rutinitas perawatan kulit secara teratur, dan jangan lupa untuk menggunakan produk yang tepat untuk hasilkan kulit yang halus dan bercahaya. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading