Sukses

Beauty

Melegakan Indera Penciuman, Berikut Step-Step Membuat Lilin Aromaterapi yang Bisa Kamu Ikuti

Fimela.com, Jakarta Sebelum lampu diciptakan, lilin sudah dipakai sebagai sumber penerangan. Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi lilin juga berubah. Tidak hanya sebagai penerangan semata saja, berbagai inovasi penggunaan lilin semakin meluas salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan. 

Misalnya lilin aromaterapi yang semakin lama semakin digandrungi oleh banyak orang. Tidak hanya variatif, aroma yang dihasilkan juga beragam. Fungsinya juga dapat digunakan sebagai dekorasi rumah semata. Meskipun begitu, tidak semua lilin aromaterapi ini terbuat dari bahan-bahan natural.

Ada tipe lilin aromaterapi yang dibuat dengan bahan-bahan kimia yang tentunya sangat berbahaya jika dihirup terlalu lama. Khususnya bagi yang memiliki masalah pada indera penciuman, lilin aromaterapi menjadi salah satu cara untuk melegakan dan mengembalikan fungsi penciuman yang semulanya terganggu seperti karena hidung mampet maupun tersumbat. 

Maka dari itu, penting sekali untuk mencaritahu bahan utama dari wax lilin aromaterapi yang dibuat. Misalnya penggunaan wax lilin dari bahan alami, saat ini juga banyak yang menjual lilin aromaterapi dengan bahan dasar soy wax atau minyak dari kacang kedelai yang dipadatkan. Apakah sulit untuk membuatnya? Berikut step-step untuk membuat lilin aromaterapi di rumah yang bisa kamu ikuti dari Healthy Maven. 

Bahan-bahan untuk membuat lilin aromaterapi

Berikut adalah bahan-bahan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membuat lilin aromaterapi: 

  • Soy wax: Salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai bagian dalam lilin aromaterapi adalah soy wax ini. Berasal dari bahan non-toksik karena dibuat dari minyak kedelai yang dipadatkan ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik khususnya untuk melegakan indera penciuman. 
  • Sumbu lilin berbahan natural lainnya: Selain soy wax kamu juga bisa menggunakan sumbu lilin berbahan natural. Sumbu lilin berbahan natural ini dapat melepaskan gas yang tidak beracun sehingga aman untuk tubuh.
  • Minyak esensial: Agar lilinmu memiliki aroma yang wangi, kamu juga bisa menambahkan setidaknya 100 tetes agar lilin aromaterapi buatanmu memberikan wangi yang kuat. 
  • Toples kaca 
  • Wadah lilin yang bisa diganti beberapa kali 
  • Sumpit atau pensil untuk menaruh sumbu lilin ke dalam toples

Cara membuat lilin aromaterapi

Berikut adalah cara membuat lilin aromaterapi di rumah yang bisa kamu ikuti: 

  • Lelehkan soy wax dalam sebuah panci pada suhu sedang, jika sulit untuk meleleh, gedekan sedikit apinya, gunakan sumpit kayu untuk mengaduknya.
  • Setelah meleleh, teteskan 80 hingga 100 tetes minyak esesinal favoritmu. 
  • Taruh sumbu lilin ke bagian bawah toples menggunakan wax tape.
  • Kemudian tuang lelehan soy wax ke dalam toples hingga penuh.
  • Kemudian biarkan mengeras selama 1 jam.
  • Lilin aromaterapi siap untuk digunakan.

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading