Sukses

Beauty

Anti Luntur, Ikuti 5 Tips Ini untuk Membuat Makeup Tahan Air

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah kesal karena sudah makeup cantik-cantik, tetapi malah luntur karena keringat atau cipratan air hujan? Makeup luntur memang bisa membuat mood jadi berantakan. Mengapa demikian? Alasan paling utamanya adalah makeup yang luntur bisa membuat kita terlihat berantakan. Selain itu, mengaplikasikan makeup kembali untuk memperbaiki makeup yang luntur rasanya akan membuang-buang waktu dan tenaga.

Akan tetapi, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir, masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan makeup waterproof atau tahan air. Saat ini, banyak tersedia produk makeup yang waterproof, seperti pewarna bibir waterproof, maskara waterproof, eyeliner waterproof, dan lainnya. Produk makeup tersebut secara khusus diformulasikan untuk tahan terhadap kelembapan, sehingga makeup tidak akan bergeser dalam kondisi ekstrem.

Selain produk makeup waterproof, terdapat tips dan trik untuk membuat makeup yang tahan air. Penasaran apa saja? Simak informasi selengkapnya yang dilansir dari laman Real Simple berikut ini, yuk!

1. Mulai dengan primer

Sebelum mengaplikasikan makeup, awali dengan menggunakan primer sebagai dasarnya. Primer tidak hanya berfungsi untuk membantu makeup tampak lebih halus, tetapi juga membantu produk makeup tahan lebih lama. Hal tersebut disebabkan karena primer berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mencegah foundation, concealer, blush, bronzer, dan highlighter terlalu banyak diserap oleh kulit.

Penggunaan primer harus disesuaikan jenis kulit, sehingga primer dapat bekerja secara maksimal. Disarankan untuk menggunakan primer dengan dasar air dan bebas minyak atau water base - oil free primer agar makeup tidak mudah bergeser seharian.

2. Aplikasikan makeup dengan spons

Selanjutnya, apliaksikan fooundation makeup menggunakan spons. mengaplikasikan makeup menggunakan spons atau beauty blender membantu makeup lebih menempel pada kulit dan meberikan efek yang tahan lama. 

3. Gunakan longwear sealant

Longwear sealent adalah salah satu produk yang paling efektif untuk mengubah produk non waterproof menjadi waterproof. Beberapa merek membuat produk ini dalam bentuk tetes. Longwear sealant bisa ditambahkan pada foundation, eyeliner gel, atau eyeshadow, sehingga makeup tersebut bisa tahan air. Salah satu longwear sealant yang direkomendasikan adalah Makeup Forever Aqua Seal.

 

 

4. Kunci dengan bedak tabur

Setelah mengaplikasikan seluruh produk makeup, aplikasikan bedak tabur yang transparan. Bedak tabur membantu menghilangkan minyak di wajah, sehingga makeup bisa tahan lebih lama. Aplikasikan bedak tabur meggunakan kuas makeup secara tipis dan perlahan-lahan agar hasilnya terlihat lebih natural.

5. Semprotkan setting spray

Langkah terakhir, semprotkan setting spray pada wajah untuk membuat makeup tahan lama. Menggunakan setting spray sangat penting dalam membuat makeup yang anti luntur dan tidak bergeser kemana-mana. Selain itu, menggunakan setting spray juga akan membuat makeup terlihat lebih natural dan segar.

Itulah tips yang bisa Sahabat Fimela coba untuk membuat makeup yang tahan air. Dengan mengikuti tips-tips di atas, tampilan makeup akan tahan dari kondisi yang ekstrim, baik terkena keringat, maupun air hujan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Denisa Aulia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading