Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari yang Mudah dan Cepat

Fimela.com, Jakarta Sinar matahari adalah sumber energi yang penting bagi kehidupan. Namun, kulit yang terbakar matahari adalah hal yang umum terjadi terutama saat musim panas tiba, dan kurang baik untuk kulit. Terbakarnya kulit bisa terjadi karena paparan sinar UV yang berlebihan, saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, termasuk melanoma, yaitu jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan dehidrasi, pusing, mual, dan lemah.

Oleh karena itu, penting untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika kulit terlanjut terbakar paparan matahari, ada beberapa cara merawat kulit yang bisa dilakukan. Yuk simak caranya dalam artikel berikut ini:

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

1. Minum banyak air

Kulit terbakar matahari dapat mengakibatkan dehidrasi. Penting untuk minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air membantu mempercepat proses penyembuhan dan memberikan kelembapan pada kulit yang terbakar. Konsumsi juga makanan yang tinggi air seperti buah-buahan dan sayuran segar.

2. Gunakan kompres dingin

Meletakkan kompres dingin atau handuk yang direndam air dingin secara perlahan di atas kulit yang terbakar dapat memberikan sedikit bantuan. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan memberikan efek mendinginkan pada kulit yang terbakar.

3. Gunakan pelembap

Pelembap dapat membantu mengurangi rasa terbakar dan menggelapkan warna kulit yang terbakar. Pilih pelembap yang mengandung aloe vera, lidah buaya, atau mentega shea, karena bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

4. Hindari terpapar sinar matahari lebih lanjut

Setelah kulit terbakar, hindari terpapar sinar matahari lebih lanjut untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah. Gunakan pakaian yang longgar dan lindungi kulit dengan topi, pakaian, dan kacamata hitam saat berada di luar ruangan.

5. Gunakan obat pereda sakit atau krim antiinflamasi

Jika rasa sakitnya sangat mengganggu, gunakan obat pereda sakit untuk mengurangi ketidaknyamanan dan meredakan peradangan. Selain itu, krim atau lotion dengan kandungan antiinflamasi seperti hidrokortison juga dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Jangan lupa gunakan sunscreen setiap keluar rumah. Semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading