Sukses

Beauty

Ketahui Dampak Buruk Pemakaian Peel-off Masks yang Tidak Sesuai Aturan

Fimela.com, Jakarta Hai, Sahabat Fimela! Media sosial ramai memperbincangkan trend kecantikan soal peel-off mask yang katanya memberikan efek menakjubkannya dalam membuka pori-pori yang tersumbat dan menjadikan kulit glowing instan. Tapi kamu harus tetap waspada ya, sesuatu yang instan akan berdampak buruk loh. Apalagi jika kamu menggunakannya tidak sesuai aturan.

Kamu harus menyadari sesuatu yang instan pasti ada kandungan di dalamnya yang kuat dan berbahaya. Dilansir dari Emedihealth.com pada umumnya peel-off mask hanya menghilangkan lapisan atas komedo tanpa membersihkan nanah di dalamnya. Oleh karena itu, pori-pori mungkin tetap tersumbat.

Agar tidak salah langkah ada baiknya kamu tetap waspada dan lihat dampak negatif dari penggunaan peel-off mask. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyebabkan Alergi

Kemerahan dan gatal pada kulit wajah setelah penggunaan peel-off mask marak terjadi. Para ahli mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh bahan umum yang ditemukan dalam masker peel-off yang memicu respons alergi dan menyebabkan dermatitis. Salah satu komponen yang terdapat di dalamnya adalah oklusif.

Oklusif adalah salah satu komponen yang ada pada masker peel-off dan yang menjaga kulit agar tetap terhidrasi, jika terlalu banyak kandungan oklusif dapat menimbulkan alergi. Maka dari itu disarankan bagi yang memiliki eksim untuk menghindari masker peel-off karena mungkin akan mengalami pengelupasan kulit yang cukup signifikan. 

2. Merusak Skin-barrier

Keseimbangan alami kulit yang sudah ada dari dalam akan terganggu diakibatkan lapisan sel kulit mati yang dihilangkan masker peel-off. Masker ini juga menghilangkan minyak yang dihasilkan alami pada kulit yang berguna untuk melembabkan dan melindungi skin-barrier. Jika mengganggu skin-barrier maka akan mudah terpapar sinar UV dan polusi udara. Hal ini membuat wajah kamu rusak dan mengelupas.

3. Membuat Kulit Kering dan Tidak Ternutrisi

Masker peel-off merupakan salah satu masker yang cepat kering. Hal itu disebabkan oleh kandungan alkohol yang ada di dalamnya. Masker peel-off menggunakkan sistem pengelupasan yang membuat terangkatnya minyak alami pada kulit kamu.

4. Membentuk Jerawat dan Iritasi

Terkahir yang tidak kalah penting, buat kamu yang berjerawat tidak dianjurkan buat kamu yang ingin menyembuhkan jerawat dengan masker peel-off. karena akan berpotensi memperparah jerawat. Dilansir dari Emedihealth.com menurut dokter kulit, masker peel-off menyebabkan masalah jerawat dan penyumbatan pori-pori dalam keadaan tertentu karena masker tersebut menghilangkan minyak alami dari kulit dan kelenjar harus memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasinya.

Maka dari itu selalu remind diri kamu untuk tidak mengikuti trend begitu saja dan selalu mengutamakan kesehatan kulit ya. Semoga informasi ini bermanfaat Sahabat Fimela.

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading