Sukses

Beauty

Tips Makeup Awet untuk Tipe Kulit Wajah Berminyak

Fimela.com, Jakarta Tipe kulit wajah setiap orang itu berbeda. Terdapat tipe kulit wajah yang kering, berminyak, atau kombinasi antara kering dan berminyak. Produk-produk yang digunakan, seperti skincare atau makeup tentu berbeda berdasarkan tipe kulit wajah. Jika seseorang keliru menggunakan produk, hasil yang didapat tidak akan maksimal seperti seharusnya.

Tipe wajah yang berminyak sering menimbulkan keresahan saat ingin merias wajah. Kekhawatiran akan makeup yang mudah luntur atau geser menjadi pertimbangan tersendiri. Tidak perlu khawatir akan hal tersebut jika Sahabat Fimela sudah mengetahui tips makeup agar awet di kulit wajah yang berminyak. Dilansir dari L'Oreal Paris, berikut adalah tips makeup untuk kulit berminyak.

Hidrasi kulit

Jika Sahabat Fimela memiliki tipe kulit berminyak, Sahabat Fimela tetap harus mengaplikasikan krim pelembap untuk wajah. Wajah tetap harus terhidrasi dengan baik, terlepas dari tipe kulit wajah kering maupun berminyak. Sahabat Fimela dapat memilih moisturizer yang pas untuk tipe kulit berminyak, seperti water-based moisturizer yang mengandung hyaluronic acid dan ceramides untuk menghidrasi kulit sepanjang hari serta memperbaiki skin barrier tanpa terasa berat di wajah.

Gunakan primer 

Jika Sahabat Fimela memiliki tipe kulit wajah yang berminyak, biasanya makeup akan cepat luntur di siang hari. Maka dari itu, sebelum menggunakan foundation, Sahabat Fimela dapat menggunakan primer terlebih dahulu. Primer dapat membuat wajah terlihat lebih halus dan ia juga dapat meminimalisir minyak yang ada di wajah serta menjaga makeup agar tahan lama. Setelah menggunakan pelembap dan sunscreen, Sahabat Fimela dapat menggunakan primer di seluruh bagian wajah atau di bagian-bagian tertentu yang berminyak. 

Gunakan powder foundation

Dengan kulit wajah yang berminyak, Sahabat Fimela membutuhkan foundation dengan finish look yang matte. Dibandingkan dengan tipe foundation yang lain, powder foundation dapat menghindarkan kulit dari terlihat jauh lebih berminyak. Powder foundation dapat menghasilkan look yang matte, tahan keringat, dan tidak transfer sepanjang hari.

Gunakan makeup dengan formula yang tahan lama

Produk makeup dengan formula yang tahan lama adalah pilihan yang tepat bagi Sahabat Fimela yang memiliki tipe kulit wajah berminyak. Sahabat Fimela dapat mencari foundation yang ringan dengan coverage medium-to-full yang akan tahan keringat, air, dan tahan hingga 24 jam. Produk-produk lain seperti blush dan bronzer juga perlu dicari yang memiliki formula tahan lama. Dengan demikian, riasan wajah akan lebih awet dan kulit tidak terlihat berminyak berlebihan.

Gunakan setting spray

Jika sudah menggunakan makeup yang diperlukan, jangan pernah lupa untuk menyelesaikannya dengan setting spray. Setting spray berfungsi untuk mengunci riasan wajah Sahabat Fimela agar awet dan tahan lama. Pengaplikasian setting spray dapat dilakukan dengan menyemprotkannya dengan gerakan “X” dan “T” di wajah agar seluruh bagian wajah terkena setting spray. Dengan menggunakan setting spray, makeup Sahabat Fimela akan terlihat tidak berminyak dan flawless.

Touch up menggunakan kertas minyak wajah

Kertas minyak wajah atau blotting sheets dapat menyerap minyak di wajah tanpa merusak riasan yang ada. Kertas minyak wajah ini sangat efisien karena ukurannya yang kecil, sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, kertas minyak wajah juga dapat langsung dibuang setelah digunakan. Dengan menggunakan kertas minyak wajah, wajah Sahabat Fimela tidak akan terlihat berminyak dan tetap mempertahankan makeup yang ada di wajah.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading