Sukses

Beauty

Mana yang Lebih Aman? Tidur dengan Rambut Tergerai atau Terikat

Fimela.com, Jakarta Sebelum tidur, pastilah Sahabat Fimela akan menyamankan diri terlebih dahulu. Mulai dari memilih pakaian yang nyaman, tempat tidur yang bersih, kamar yang rapi, hingga posisi rambut yang tepat agar merasa nyaman. Semua diusahakan agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Posisi rambut seringkali menjadi kebingungan tersendiri sebelum tidur. Tidur dengan rambu tergerai atau terikat masih sama-sama memiliki pro dan kontra. Dilansir dari laman burlybands.com, simak fakta selengkapnya berikut ini:

 

Tidur dengan Rambut Tergerai atau Terikat?

Tidur dengan rambut tergerai membuat tidurmu akan lebih nyaman dan memberi ruang untuk rambut lebih bebas. Tidur dengan rambut terikat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat ikat rambut bersentuhan dengan bantal. Tidak hanya itu, jika rambut terikat terlalu kencang, ini akan merusak rambut dalam jangka panjang.

Tapi, tidur dengan rambut tergerai akan membuat rambut lebih kusut dan bergesekan dengan bantal dan kasur . Kemudian secara tidak sadar membuat rambut tersentuh pada wajah saat tidur. Ini akan menyebabkan perpindahan kotoran atau minyak dari rambut ke wajah.

Ada pro dan kontra di masing-masing pilihan. Perlu diperhatikan bahwa sebenarnya tidur dengan rambut diikat tidak masalah. Asalnya ikatan pada rambut tidak terlalu ketat atau longgar saja. Sehingga tidak memberi tekanan pada rambut dan kulit kepala.

Tips Mengikat Rambut Sebelum Tidur

Ada beberapa kebiasaan yang bisa Sahabat Fimela perhatikan sebelum tidur yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan rambut. Berikut adalah 5 tips mengikat rambut sebelum tidur:

  • Temukan ikat rambut yang sesuai, pilih ikat rambut yang tidak terlalu ketat. Sahabat Fimela bisa menggunakan ikat rambut berbahan lembut agar tidak menyebabkan rambut kusut saat tidur.
  • Jangan mengikat rambut basah, sebenarnya tidur dengan rambut basah atau lembab tidak direkomendasikan. Tapi, jika ada masa dimana harus tidur dengan rambut basah atau lembab. Lebih baik tidak perlu mengikat rambut. Biarkan rambut tergerai untuk mengindari patahan rambut.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang, ikat rambut tidak terlalu ketat dan buat longgar. Hindari ikat kuda atau sanggul atas. Ini akan membuat sakit kepala hingga rambut rontok seiring berjalannya waktu.
  • Temukan posisi ikatan yang tepat, agar tidak menganggu kenyaman tidur. Tentukan posisi ikatan yang membuatmu nyaman. Coba berbagai posisi hingga menemukan yang sekiranya cocok untukmu. 

Ternyata ada pro dan kontra dari masing-masing pilihan. Perhatikan juga tips di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading