Sukses

Beauty

Perawatan Rambut Pendek Cantik dan Tips Penataan agar Penampilan Tetap On Point

Fimela.com, Jakarta Gaya rambut pendek cantik masih banyak disukai oleh perempuan, terutama buat mereka yang punya mobilitas tinggi sehari-hari. Model rambut yang tidak terlalu panjang ini dianggap lebih praktis buat menemani padatnya aktivitas sehari-hari, dan yang pasti nggak bikin terasa gerah. Selain itu, potongan rambut pendek juga dinilai lebih simpel tanpa perlu repot melakukan penataan, lebih hemat shampo, nggak gampang kusut dan mudah disisir pastinya jadi keunggulan tersendiri.

Tapi, tahu nggak sih kalau rambut pendek juga memerlukan penataan yang tepat untuk menjaganya tetap terlihat sehat, on point, dan terjaga dari bad hair day? Demi menjaga rambut pendek cantik yang kamu miliki, ikuti beberapa tips perawatan dan cara penataan yang tepat ini, yuk!

1. Pilih Gaya Rambut Pendek yang Sesuai Bentuk Wajah

Kalau ingin tampil standout dengan rambut pendek cantik, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan pilih gaya rambut yang tepat sesuai dengan bentuk wajah. Ada banyak model potongan rambut pendek yang masih jadi tren dan bisa jadi pilihan jika ingin tampil standout.

a. Bob haircut

Termasuk gaya timeless yang masih banyak jadi pilihan perempuan modern masa kini. Bahkan, banyak figur publik ternama yang juga berekspresi dengan gaya rambut yang satu ini, lho. Untuk gaya rambut ini bisa dikreasikan untuk berbagai panjang rambut, mulai dari medium bob di atas bahu hingga short bob super pendek.

b. Pixie haircut

Kalau ingin tampil beda dengan gaya rambut super pendek tapi tetap terlihat stylish, pixie cut bisa jadi pilihan. Model yang satu ini punya ciri khas potongan yang pendek di bagian belakang dan samping, serta sedikit panjang di bagian atas. Gaya rambut ini dinilai praktis karena nggak perlu repot menyisir rambut.

c. Wolf cut

Selain bob dan pixie cut yang sudah lebih familiar, ada lagi gaya rambut wolf cut yang belakangan juga trending. Model rambut yang satu ini sebenarnya adalah variasi dari gaya mullet yang lebih modern. Ciri khasnya sendiri adalah potongan tebal berlapis-lapis yang menyerupai tampilan rambut serigala sesuai namanya. Nggak hanya bisa diterapkan untuk rambut panjang, wolf cut juga bisa digunakan buat kamu yang ingin tampil dengan rambut pendek cantik.

2. Lakukan Perawatan dengan Shampo yang Tepat

Untuk mempertahankan gaya rambut pendek yang telah dipilih, perawatan secara rutin sangat penting supaya penampilan tetap standout. Nah, salah satu basic hair care yang sering disepelekan tapi ternyata memegang peranan penting adalah pastikan pilih shampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu.

Misalnya saja kalau punya masalah rambut berketombe, pilih jenis shampo yang mengandung zinc untuk mencegah pertumbuhan ketombe yang membandel. Selain itu, pastikan shampo yang digunakan mengandung vitamin dan mineral yang dapat menutrisi dan mempertahankan kilau rambut alami.

3. Gunakan Kondisioner Secara Rutin

Pemakaian kondisioner juga diperlukan untuk mempertahankan kilau rambut pendek cantik milikmu. Keramas dengan shampo saja nggak cukup karena produk tersebut hanya bekerja untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Sementara itu, kondisioner berperan untuk menjaga kelembapan dan menambah nutrisi yang diperlukan batang rambut.

Bagi pemilik rambut pendek, perhatikan trik menggunakan kondisioner yang tepat supaya nggak bikin rambut jadi berminyak. Gunakan kondisioner secukupnya dan aplikasikan hanya di bagian tengah hingga ke ujung rambut saja. Hindari bagian kulit kepala, karena kondisioner memiliki formula yang lebih pekat sehingga bisa membuat kulit kepala berminyak jika diaplikasikan di area tersebut.

4. Rutin Keramas Tapi Jangan Terlalu Sering

Keramas secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan rambut. Tapi, sebaiknya hindari keramas terlalu sering kalau ingin menjaga rambut tetap standout dan nggak terlihat lepek. Memangnya apa hubungannya? Ternyata, kandungan zat pembersih di dalam shampo bisa mengikis kelembapan alami di kulit kepala dan rambut. Akibatnya, produksi minyak alami jadi berlebihan yang bikin rambut gampang terlihat lepek.

Disarankan untuk keramas 3-4 kali seminggu, durasi ini dianggap sudah cukup untuk menjaga kebersihan rambut. Jangan lupa hindari shampo yang mengandung bahan kimia keras seperti alkohol untuk menjaga rambut tetap sehat.

5. Hindari Keramas dengan Air Panas

Suhu air yang digunakan saat keramas juga sebaiknya perlu diperhatikan. Mencuci rambut dengan air panas mungkin terasa menenangkan, terlebih setelah melakukan aktivitas seharian. Tapi, kalau terlalu panas ternyata nggak baik untuk kesehatan rambut pendek kamu.

Air panas dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Hal ini mengikis minyak alami di kulit kepala yang efeknya tak hanya bisa membuat rambut jadi kering, tapi juga lepek dan kusam.

5. Keringkan Rambut Secara Alami

Secara umum, punya rambut pendek membuatnya lebih cepat kering setelah keramas. Jadi, kamu nggak perlu repot menggunakan hair dryer saat terburu-buru dikejar agenda harian yang padat. Selain itu, pemakaian hair dryer bisa mengikis kelembapan alami di kulit kepala yang kemudian membuat produksi minyak alami jadi semakin meningkat. Inilah yang membuat rambut pendek mudah lepek.

Jika ingin mempertahankan rambut pendek cantik sepanjang hari, pastikan keringkan rambut secara alami sehabis keramas. Jika memang butuh rambut segera kering, gunakan bantuan air dryer yaitu pengering rambut tanpa pemanas atau set hair dryer yang dimiliki di suhu paling rendah.

6. Hindari Menggunakan Helm atau Topi Saat Rambut Basah

Rambut pendek kamu terlihat gampang lepek? Eits, bisa jadi hal ini disebabkan karena penanganan yang kurang tepat, terlebih ketika rambut basah. Perlu diingat ya, sebaiknya tidak menggunakan topi, helm, atau penutup kepala apapun dalam kondisi rambut masih basah.

Kebiasaan tersebut bisa membuat rambut yang basah jadi nggak kering sempurna. Rambut yang lembap membuatnya jadi terlihat mudah lepek. Nggak cuma bisa mengganggu penampilan, menggunakan helm atau topi pada rambut basah juga bisa memicu masalah kulit kepala gatal hingga berketombe.

7. Jangan Lupa Gunakan Vitamin Rambut

Salah satu cara penting merawat rambut pendek cantik agar tetap sehat adalah dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin. Produk yang satu ini memiliki peranan untuk meningkatkan nutrisi rambut sekaligus menjaganya agar lembap dan sehat.

Pastikan pilih produk vitamin rambut yang sesuai dengan kebutuhan serta jenis rambutmu. Misalnya saja jika ingin menjaga kilau rambut pendek yang tampak sehat dan indah, gunakan produk yang mengandung argan oil dan vitamin E. Kedua formula ini sangat penting untuk menjaga kelembapan alami rambut dan mengembalikan elastisitasnya agar rambut tetap sehat. Selain itu, pilih juga yang memiliki formula heat protectant yang dapat menjaga rambut dari efek panas sinar matahari maupun alat penataan rambut yang digunakan.

8. Rutin Melakukan Hair Trimming

Hair trimming atau memotong ujung rambut perlu dilakukan secara rutin bagi pemilik rambut pendek. Soalnya, dalam beberapa bulan rambut akan terus tumbuh yang membuat model dan potongannya jadi nggak beraturan. Jika ingin bentuknya tetap terjaga, lakukan hair trimming setiap 2-3 bulan sekali ya!

Selain untuk mempertahankan bentuk rambut, hair trimming juga diperlukan untuk memangkas ujung rambut yang kering, tipis, rapuh, dan berpotensi bercabang. Rambut pendek sendiri lebih mudah terekspos jika kondisinya kering dan kusam. Demi menjaga penampilan tetap standout, kamu perlu memangkas ujung rambut secara rutin agar potensi kerusakannya tidak semakin menyebar secara luas.

9. Hindari Bad Hair Day karena Rambut Lepek

Ngaku aja deh, rambut yang tampak lepek pastinya jadi salah satu masalah yang paling sering dialami pemilik rambut pendek. Hal ini bisa bikin bad hair day karena rambut yang lepek bisa mengganggu penampilan. Demi menjaga penampilan, kamu bisa melakukan beberapa trik berikut ini agar rambut pendek tetap cantik.

Kalau nggak sempat keramas, pemilik rambut pendek bisa memanfaatkan dry shampo yang bekerja untuk menyerap minyak di kulit kepala dan rambut. Kamu bisa mengaplikasikannya secara merata di bagian kulit kepala dan bersihkan dengan bantuan hair dryer agar tidak ada butiran yang tersisa.

Selain itu, hindari memegang rambut atau kulit kepala terlalu sering. Soalnya minyak alami yang ada di tangan bisa berpindah ke arah kulit kepala yang akhirnya membuat rambut jadi gampang berminyak dan tampak lepek.

10. Gunakan Roll untuk Menata Rambut

Untuk menghindari ketergantungan terhadap pemakaian alat styling rambut seperti catokan atau pengeriting rambut, kamu bisa memakai roll rambut manual untuk melakukan penataan, lho. Caranya juga mudah, roll rambut di bagian ujung bawah dan ujung atas poni yang bisa membuatnya tampak lebih bervolume. Kamu bisa mendiamkannya beberapa saat sampai rambut terbentuk dan lebih mengembang.

11. Gunakan Masker untuk Merawat Rambut

Jangan lupa melakukan perawatan rambut dengan masker secara rutin untuk menjaga rambut pendek cantik tetap terlihat sehat dan indah. Ada banyak bahan alami yang ada di sekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut.

Misalnya saja masker madu yang memiliki fungsi untuk mengunci kelembapan dan melindungi kutikula rambut. Bahan yang satu ini juga mengandung sifat antibakteri sehingga dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran dan ketombe. Madu juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk merangsang folikel pada rambut.

Selain itu, alpukat juga bisa jadi rekomendasi bahan alami yang layak digunakan. Buah yang satu ini kaya kandungan vitamin, asam amino, asam folat dan magnesium yang bekerja melembapkan rambut. Begitu pun dengan pisang yang memiliki sifat menghidrasi dan melembapkan rambut yang kering dan kusam. Vitamin dan mineralnya juga dapat memperkuat akar rambut.

12. Jangan Lupa Perhatikan Nutrisi Rambut

Hal yang nggak kalah penting dalam menjaga rambut pendek cantik yang kamu miliki adalah perhatikan selalu nutrisi rambut. Selain lewat produk yang digunakan, rambut juga memerlukan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk menjaga kilau indah alaminya, pastikan selalu jaga pola diet seimbang dengan memperbanyak asupan protein, karena pada dasarnya rambut tersusun atas protein. Jenis makanan seperti telur dan susu yang kaya protein sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan rambut. Penuhi juga kebutuhan nutrisinya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral.

See, ternyata ada banyak perawatan untuk menjaga rambut pendek cantik agar tetap sehat yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, mulai terapkan sekarang agar penampilanmu tetap standout, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading