Sukses

Beauty

Tips agar Rambut Tidak Mudah Lepek saat Musim Panas

Fimela.com, Jakarta Musim panas memang identik dengan cuaca panas dan lembab. Tapi tahukah Sahabat Fimela, kondisi ini dapat membuat rambut mudah lepek dan terasa tidak nyaman? Rambut lepek biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Minyak yang berperan baik untuk kesehatan rambut, bisa menumpuk dan membuat rambut terlihat kusam dan lepek. Faktor-faktor seperti jenis rambut, frekuensi keramas, dan produk yang digunakan dapat memengaruhi produksi minyak di rambut.

Tenang, Sahabat Fimela! Ada beberapa tips jitu yang bisa Sahabat Fimela coba untuk menjaga rambut tetap bervolume dan bebas lepek di tengah teriknya musim panas.

1. Rutin Keramas dengan Durasi yang Tepat

Saat musim panas, rambut lebih cepat kotor karena keringat dan panasnya udara. Maka dari itu, Sahabat Fimela bisa coba untuk keramas secara teratur untuk membantu membersihkan minyak berlebih dan kotoran pada rambut dan kulit kepala. Frekuensi keramas yang ideal untuk rambut lepek adalah 2-3 kali seminggu. Hindari keramas terlalu sering karena dapat membuat kulit kepala kering dan justru memproduksi lebih banyak minyak. 

Jangan gunakan air panas saat mencuci rambut, karena akan menghilangkan minyak alami dari kutikula sehingga rambut menjadi berminyak. Sahabat Fimela bisa dinginkan air saat bilasan terakhir untuk menambah kilau rambut. Gunakan juga sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak dan lepek.

2. Gunakan Kondisioner setelah Keramas

Kondisioner penting untuk menjaga rambut tetap lembap dan mudah diatur. Namun, pilihlah kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak dan lepek. Oleskan kondisioner secukupnya pada ujung rambut, karena penggunaan yang lebih banyak dapat membuat rambut lebih cepat berminyak. Sebagai gantinya, cobalah menggunakan Sikat Basah untuk mengatasi rambut kusut.

3. Kurangi Menata Rambut dengan Mencatok

Panas dari alat styling seperti catokan dan hair dryer dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Sebisa mungkin, biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan hair dryer dengan setting panas rendah. Jika Sahabat Fimela harus menggunakan alat styling, gunakan produk pelindung panas seperti hair serum dan hair vitamin sebelum menata rambut.

4. Gunakan Dry Shampoo agar Tetap Fresh

Dry shampoo adalah penyelamat saat Sahabat Fimela tidak memiliki waktu untuk keramas. Dry shampoo bekerja dengan menyerap minyak berlebih pada rambut dan membuat rambut terasa lebih segar dan bervolume. Gunakan dry shampoo pada bagian akar rambut dan pijat dengan lembut. Pastikan untuk menyisir rambut dengan baik untuk meratakan dry shampoo.

5. Gunakan Sisir yang Bersih

Sisir yang kotor dapat mentransfer minyak dan kotoran ke rambut, sehingga membuatnya lebih mudah lepek. Bersihkan sisir secara teratur dengan air sabun hangat. Agar lebih maksimal, gunakan jenis sisir sesuai dengan tipe rambut Sahabart Fimela. Gunakan sisir bergigi jarang untuk rambut panjang dan sisir bergigi rapat untuk rambut pendek.

Itulah beberapa tips agar rambutmu tidak mudah lepek saat musim panas, selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading