Sukses

Entertainment

Dr. Ryan Thamrin: Anak-anak Paling Rentan Terserang Meningitis

Fimela.com, Jakarta Kematian komedia Olga Syahputra membuat publik bertanya-tanya tentang penyakit meningitis. Ternyata anak-anak usia balita paling rentan terserang maningitis. Menurut Dr. Ryan Thamrin rentang usia 0 sampai 4 tahun adalah yang paling tinggi angka kematiannya.
 

Dokter yang juga pembawa acara Dr. OZ Indonesia ini menyarankan kepada masyarakat untuk waspada terhadap meningitis. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut wawancara Edy Suherli dari bintang.com pada Minggu (29/3/2015). Dr. Ryan Thamrin menjelaskan seputar meningitis, penyebab penyakit ini muncul, tanda-tanda dan bagaimana pengobatan penyakit ini.

1


Apa itu penyakit meningitis?

Meningitis (radang selaput otak) merupakan peradangan yang terjadi pada bagian membran pelindung yang menutupi otak dan medula spinalis yang dikenal sebagai meninges.

Dari mana asal mula penyakit ini?

Peradangan bisa disebabkan oleh Infeksi (virus, bakteri, jamur) yang masuk ke dalam darah dan berpindah kedalam cairan otak.

Penyakit Meningitis bisa menyerang siapa saja?

Bakteri penyebab meningitis: Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Listeria monocytogenes, Mycobacterium tuberculosis dan Staphylococcus aureus. Beberapa bakteri ini yang sering menyerang saluran pernafasan. Meningitis bisa menyerang semua usia.

Apakah penyakit meningitis hanya menyerang otak, apakah organ tubuh yang lain bisa terserang juga?

Virus yang dapat menyebabkan meningitis : enterovirus, herpes simplex virus tipe 2 (dan kurang umum tipe 1), varicella zoster virus (dikenal sebagai penyebab cacar air dan ruam saraf), virus gondok, HIV, dan LCMV. Penyakit meningitis juga bisa dari berbagai penyebab non-infeksius namun jarang, seperti karena obat-obatan atau bisa juga penyebaran kanker ke meninges (malignant meningitis).

Apakah anak-anak juga bisa terserang meningitis? Antara anak-anak, remaja, dan manula mana yang paling rentan terserang meningitis?

Jenis kelamin laki-laki lebih sering dibandingkan dengan wanita. Untuk usia bisa dialami semua golongan usia. Insiden puncak pada rentang usia 6 – 12 bulan. Rentang usia dengan angka kematian cukup tinggi adalah dari lahir sampai dengan 4 tahun.

2

Bagaimana Meningitis Menular?

Apa tanda-tanda orang yang terkena penyakit meningitis dan langkah apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terserang meningitis?

Penularan kuman dapat terjadi secara kontak langsung dengan penderita dan droplet infection yaitu terkena percikan ludah, dahak, ingus, cairan bersin dan cairan tenggorokan penderita. Saluran nafas merupakan pintu masuk utama pada penularan penyakit ini. Bakteri-bakteri ini disebarkan pada orang lain melalui pertukaran udara dari pernafasan dan sekresi-sekresi tenggorokan yang masuk secara hematogen (melalui aliran darah) ke dalam cairan serebrospinal dan memperbanyak diri didalamnya sehingga menimbulkan peradangan pada selaput otak dan otak

Apa gejala orang yang terkena maningitis?

Meningitis ditandai dengan adanya gejala-gejala seperti sakit kepala dan demam (gejala awal yang sering), perubahan pada tingkat kesadaran (tidak responsif bahkan koma), kaku leher, fotofobia (sensitif yang berlebihan pada cahaya). Diagnosis pasti ditegakkan dengan pemeriksaan cairan serebrospinal (CSS) melalui pungsi lumbal.

Apakah harus ada pantang makanan atau minuman tertentu untuk mencegah meningitis?

Pengobatan disesuaikan dengan penyebab dari meningitis karena meningitis dapat mengancam jiwa dan merupakan sebuah kondisi kegawatdaruratan.

Apa ada olah raga tertentu yang harus dilakukan untuk menyembuhkan atau mencegah meningitis?

Untuk meminimalkan penularan meningitis, tingkatkan daya tahan tubuh kita, kenali apakah ada orang yang terinfeksi meningitis, senantiasa mencuci tangan saat akan makan-menggunakan toilet. Dan kenali cara penularan dari infeksi meningitis tersebut. Vaksin bisa dilakukan namun konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Apa ada kegiatan atau aktifitas tertentu yang harus dikurangi atau malah dihentikan agar tak terserang meningitis?

Sampai saat ini belum ada pantangan olahraga/aktifitas/makanan/minuman untuk menghindar dari penularan meningitis. Tetap jaga kebersihan (higienis) diri dan alat yang digunakan untuk makan. Sebaiknya meminimalkan share alat makan dengan orang yang belum anda tau riwayat penyakit/kesehatannya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading