Sukses

Entertainment

Teuku Rassya Didapuk Jadi Duta Talasemia Aceh

Fimela.com, Jakarta Penyakit Talasemia belum begitu banyak diketahui masyarakat. Terlebih ciri-ciri pengidap penyakit ini sulit diidentifikasi secara kasat mata. Sadar akan bahayanya penyakit tersebut, Teuku Rassya Islamy Pasha tergerak menyebarkan informasi tentang Talasemia seiring pengukuhannya sebagai duta Talasemia Aceh.

Teuku Rassya (via istimewa)

Talasemia yang dalam bahasa Inggris Thalassaemia adalah salah satu jenis dari penyakit gangguan pembentukan hemoglobin yang diturunkan dari salah satu orang tua kepada anaknya sejak masih dalam kandungan. Gejala yang akan ditimbulkan seperti anemia, pembesaran limpa dan Fascies Cooley’s (penipisan tulang dan penonjolan pada dahi). Aceh sendiri menjadi kota yang banyak penderita penyaki Talasemia.

Baca Juga: Koleksi Sepatu, Teuku Rassya Berburu Hingga ke Amerika

"Rassya merasa ini sudah jadi tanggung jawab buat menyebarkan informasi tentang penyakit ini. Soalnya nanti kasihan sama anak-anak cucu-cucu kita. Pastinya Rassya terus memberi tahu ke semua melalui sosial media. Jadi semua orang mau cek darah supaya tahu kita kena penyakit Talasemia atau bukan," kata Teuku Rassya di Boulevard Caffee & Resto, Jakarta Pusat, Jumat (7/5).

Teuku Rassya (via istimewa)

Rassya sendiri mengaku baru tahu tentang penyakit Talasemia. Hingga akhirnya ia mencari tahu tentang bahayanya penyakit itu. "Ternyata sudah lumayan banyak orang yang  kena dan ada cara bagaimana untuk mengatasi penyakit tersebut. Pastinya Rassya senang bisa berpartisipsi di gerakan ini," ujarnya.

Selain berkampanye lewat sosial media, Teuku Rassya berencana akan terjun langsung ke tengah masyarakat penderita Talasemia di Aceh. Apalagi menurut data, masyarakat kota itu termasuk yang banyak menderita Talasemia. "Insya Allah kalau ada waktu Rassya mau terjun ke Aceh yang menderita Talasemia. Kebetulan Rassya memang berasal dari Aceh, dan di Indonesia sendiri, Aceh paling banyak penderitanya," pungkasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading