Sukses

Entertainment

Pernikahan Gibran - Selvi dan Revolusi Mental Jokowi

Fimela.com, Jakarta Pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Anda telah usai, Kamis (11/6/2015) malam. Ribuan tamu yang hadir dalam acara itu turut merayakan kebahagiaan atas pernikahan putra Jokowi tersebut. Mulai dari pejabat tinggi negara, pengusaha, hingga masyarakat umum.

Di Graha Saba Buana, tempat pernikahan digelar, mereka mencicipi beragam hidangan tradisional Solo yang disuguhkan panitia resepsi. Mulai dari tengkleng, selad, cimplung, Martabak Kota Barat (Markobar) 8 rasa, sedangkan Markobar 16 rasa hanya dipromosikan saja. Makanan lain seperti  serabi, sosis basah daging sapi, perawan ayu, kopyor. Selain itu, ada kambing guling, liwet, gunung sari. Untuk minuman yang  disuguhkan kepada para tamu ada gula asem, beras kencur.

Melalui pernikahannya itu, Gibran dan Selvi  seperti hendak menyalurkan energi kegembiraan kepada orang lain. Salah satunya, 200 tukang becak. Mereka bertugas menjemput para tamu.

(Baca juga: Selvi Ananda dan Gibran Rakabuming Naik Andong ke Tempat Resepsi)

resepsi pernikahan Gibran - Selvi (Galih W. Satria/Bintang.com)

Hal lain  dalam pernikahan Gibran dan Selvi juga melibatkan Ketua RT dan RW sebagai saksi pernikahannya. Peristiwa sangat langka yang belum pernah terjadi di masa lalu. Jika mau, ia sebenarnya mampu menghadirkan saksi dari kalangan pejabat atau tokoh  terkenal.

Dalam pernikahan itu pun tak ada iring-iringan kendaraan mewah yang membawa pengantin. Gibran cukup jalan kaki dan Selvi naik andong, alat transportasi yang secara perlahan mulai raib  dalam ingatan publik.

Kesan yang bisa ditangkap dari pernikahan Gibran - Selvi adalah gambaran kesederhanaan. Secara tak langsung, Gibran dan Selvi hendak menularkan spirit pernikahan yang sederhana kepada khalayak,  tanpa mengabaikan kesakralannya. Hal yang jarang dilakukan orang di zaman pascamodern ini.

resepsi pernikahan Gibran - Selvi di Graha Saba Buana

(Baca juga: Tarra Budiman Terinspirasi Pernikahan Gibran - Selvi )

"Baguslah untuk seorang kepala negara tetap memilih konsep sederhana. Biasanya yang masuk DPR atau MPR kan menggelar hajat bisa 7 hari 7 malam. Ya terinspirasi sih. Nanti kalau gue nikah juga milihnya yang sederhana saja," kata artis Tarra Budiman.

Melalui pernikahannya dengan Selvi Ananda, Gibran juga seakan memberi contoh. Bukan kemewahan yang diutamakan, tapi kesederhaan dan kesakralan. Dalam pernikahan itu, Gibran pun menunjukkan kemandiriannya. Seperti pernah disampaikan Iriana Jokowi, Gibran yang mengurus segala sesuatu dalam pernikahannya itu. Lewat kesederhanaan dan kemandirian, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tampaknya sedang melakoni nilai revolusi mental yang sering didengung-dengungkan Jokowi.

(Baca juga: Yuni Shara Nilai Pernikahan Gibran - Selvi Cermin Pribadi Jokowi)

"Kesederhanaan dan kemandirian Gibran itu cerminan dari pribadi Pak Jokowi," puji penyanyi Yuni Shara yang hadir dalam pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading