Sukses

Entertainment

Selamat Jalan, Budayawan dan Aktor Rachman Arge Meninggal

Fimela.com, Jakarta Aktor dan budayawan Rachman Arge kembali keharibaan Yang Maha Kuasa hari ini, Senin (10/8/2015). Sebelum tutup usia pada pukul 10.00 WITA dalam usia 80 tahun, almarhum mendapat serangan stroke hingga dua kali. Pada serangan kedua, ia sudah tak kuasa bertahan.

Demikian bunyi pesan perantai melalui telepon pintar yang diterima redaksi Bintang.com pada Senin (10/8/2015). Sebelum dikebumikan, almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan Ade Irma Nasution No. 10 Makassar. Sampai berita ini dibuat, masih belum didapat konfirmasi kapan dan di mana jenazah almarhum akan dikebumikan.

Baca juga: Rachmat Hidayat dan 4 Artis Lain yang Meninggal di Bulan Juni

Rahman Arge. (bintang pictiires)

Rachman Arge dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 17 Juli 1935. Almarhum termasuk orang yang setia pada dunia seni. Ia mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk dunia seni khususnya di Indonesia. Mulai dari bermain teater, penulis naskah teater, pemain film, sutradara, budayawan, dan juga sempat aktif di dunia jurnalistik.

Kiprahnya di dunia akting mendapat penghargaan dari pemerintah dengan meraih Hadiah Seni dari Presiden RI pada 1977. Lalu dia juga mendapat Lencana Emas PB Parfi. Dan pada 1978 dan Piala Citra Pemeran Pembantu Pria Terbaik FFI 1990 lewat film Jangan Renggut Cintaku.

Di dunia kewartawanan dan juga politik, almarhum pernah menjadi anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat (1993-1998). Sedangkan jabatan di organisasi profesi keartisan ia pernah menjabat sebagaiĀ  Wakil Ketua Umum Parfi Pusat (1993-1997). Dalam bidang politik Rahman Arge pernah menjadi anggota DPR/MPR RI periode (1992-1997).

Kiprah Rachman Arge terbilang lengkap. Melingkupi berbagai bidang, dari seni, politik sampai organisasi profesi seperti kewartawanan dan keartisan. Kini semuanya tinggal kenangan setelah ia menghembuskan nafas yang terakir. Selamat jalan Rahman Arge.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading