Sukses

Entertainment

6 Film Pahlawan Kemerdekaan untuk Peringati 17 Agustus

Fimela.com, Jakarta Pahlawan adalah sosok yang rela membela tanah airnya hingga harus bertaruh nyawa. Tanggal 17 Agustus dijadikan momen seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawannya. Para sineas tanah air pun mencoba untuk membangkitkan kembali nilai juang dari pahlawan dalam bentuk film. Berikut Bintang.com rangkumkan tokoh pahlawan kemerdekaan yang sudah diangkat ke layar lebar.

1. Tjoet Nja' Dhien

Tokoh pahlawan wanita asal Aceh, Tjoet Nja' Dhien juga pernah dibuatkan filmnya pada 1988. Diperankan oleh Christine Hakim, film ini sempat ditayangkan pada ajang Festival Film Cannes 1989. Gelar film terbaik FFI 1988 pun berhasil diraih oleh film arahan Eros Djarot ini.

Poster film Tjoet Nja' Dhien. Foto: via arielogis.com

2. Sang Pencerah

Kisah nyata pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan (diperankan Lukman Sardi) terangkum dalam film Sang Pencerah. Film arahan Hanung Bramantyo ini sangat kental dengan nilai toleransi beragama. Atmosfer era 1800-an pun sangat terasa dalam film yang rilis pada 2010 ini.

Poster Sang Pencerah. Foto: Wikipedia

3. Soegija

Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Namun Garin Nugroho berhasil mengemasnya dalam sebuah film berjudul Soegija yang rilis 7 Juni 2012 lalu. Film ini mengambil latar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada periode tahun 1940 – 1949.

Poster film Soegija. Foto: via unknown-mboh.blogspot.com

4. Soekarno

Hanung Bramantyo kembali memproduksi film bertemakan pahlawan. Kali ini giliran tokoh proklamator Soekarno. Film yang rilis pada 11 Desember 2013 ini telah memenangkan ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards 2015. Sederet artis ternamaan ikut membintangi film seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi dan Sujiwo Tejo.

Poster film Soekarno. Foto: via indonesianfilm.com

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan RI. Film yang rilis pada 9 April 2015 ini menampilkan suasana perjuangan Tjokroaminoto dengan organisasi Serekat Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an. Aktor utama pemeran pahlawan asal Yogyakarta ini yaitu Reza Rahadian.

Guru Bangsa, Tjokroaminoto. Foto: Twitter

6. Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman belum secara resmi rilis di bioskop. Rencananya, film yang dibintangi Adipati Dolken ini akan rilis pada 17 Agustus mendatang. Jenderal Soedirman menjadi salah satu tokoh bangsa yang sangat berperan dalam memperebutkan kemerdekaan RI.

Poster film Jendral Soedirman. Foto: Twitter

Nah, itu dia film-film yang mengangkat tokoh pahlawan nasional didalamnya. Semangat juang dan jasa dari pahlawan sudah sepatutnya diapresiasi oleh seluruh rakyat Indonesia. Apalagi dengan adanya momen 17 Agustus. 

Baca Juga: Antusiasme Poster 'Battle of Surabaya' Menyambut 17 Agustus 2015

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading