Sukses

Entertainment

Totem Pole yang Dicuri Kakek Drew Barrywore Kembali ke Alaska

Fimela.com, Jakarta Sebuah totem pole (tiang totem) yang dicuri oleh John Barrymore lebih dari 80 tahun yang lalu telah kembali ke Alaska. John, yang juga merupakan kakek Drew Barrymore melihat tiang totem itu di sebuah desa kosong ketika ia bepergian di sepanjang pantai Alaska dengan kapal pesiar pada tahun 1931.

Menurut pemberitaan, John memerintahkan awaknya untuk membawa artefak kuno tersebut ke atas kapal. Tiang itu memiliki tinggi 40 kaki dan mereka harus menggergajinya ke dalam tiga bagian sebelum membawanya ke kapal. Tiang totem itu kemudian ditampilkan di tamannya dan tetap di sana sampai dia meninggal pada tahun 1942.

Tiang totem yang dicuri kakek Drew Barrymore (via aceshowbiz.com)

Tiang totem tersebut kemudian dibeli oleh aktor terkenal lain, Vincent Price yang dikenal untuk film horornya, House of Wax. Dia dan istrinya juga menggunakannya sebagai hiasan di taman mereka sendiri sebelum menyumbangkannya ke Honolulu Museum of Arts pada tahun 1981.

Menurut The Associated Press, hanya bagian atas tiang yang ditampilkan sebentar di museum. Artefak itu kemudian disimpan di ruang bawah tanah selama sebagian besar waktunya di sana. Tiang totem itu diberikan kembali ke anggota suku Alaska dalam sebuah upacara pada hari Kamis (29/10/2015).

John Barrymore (kiri) dan Vincent Price (kanan) (via dailymail.co.uk)

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Alaska Anchorage, profesor Steve Langdon, tiang totem tersebut digunakan untuk menguburan oleh orang Tlingit dan terdapat sisa-sisa manusia. Tubuh itu diduga dipindahkan dari tiang sebelum John meletakannya di tamannya.

Tiang totem yang dicuri kakek Drew Barrymore itu adalah satu dari lebih dari 100 tiang yang pernah berdiri di desa tua Tuxecan di Prince of Wales Island, Alaska. Sekarang hanya dua totem tersisa, keduanya di Klawock, sebuah desa dengan 800 orang di mana suku tersebut direlokasi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading