Sukses

Entertainment

Ade Juwita Meninggal, Mengenang Sosok Komedian Papua

Fimela.com, Jakarta Lama tak terdengar kabarnya, nama Ade Juwita mencuat jadi pemberitaan berbagai media. Bukan terkait karena karier, melainkan karena kepergiannya komedian asal Papua itu untuk selama-lamanya. Ade Juwita meninggal dunia akibat penyakit asam lambung yang dideritanya, Jumat (7/11/2015) pagi.

"Menurut diagnosis dokter, Ade meninggal akibat asam lambung. Tapi ia juga penyakit kelenjar getah bening yang sampai sekarang belum sembuh," kata Maria Inanosa, saudara Ade Juwita, saat dihubungi Bintang.com, Jumat (6/11/2015).

Jika Anda pernah menyaksikan komedi terkenal era 1990-an berjudul Lenong Rumpi, nama Ade Juwita pasti sudah tak asing lagi.  (Bintang Pictures)

Ade Juwita bernama asli Ade Libertaria. Ia lahir di Sorong, Papua, pada 5 Mei 2015 dari pasangan Maria Valentina Inanosa dan Stefanus Ateta. Ia merupakan anak ke-3 dari empat bersaudara.

"Kakaknya ada yang di Jakarta, tapi ada juga yang di Kupang jadi pendeta," ujar Maria.

Ade Juwita. (Bintang Pictures)

Sejak kecil, Ade memang suka melawak. Bakat itu merupakan warisan dari ayahnya. Selain suka melucu, sang ayah juga punya ketertarikan dalam dunia seni. Sejak 1979 Ade sudah ikut merantau bersama ayahnya.

Kelucuan Ade Juwita makin terlihat saat tampil dalam serial Lenong Rumpi pada 1990-an. Serial tersebut menangguk sukses hingga membuat nama Ade Juwita makin terkenal sebagai komedian asal Papua. Selang beberapa lama, kabar duka datang saat beredar berita Ade Juwita meninggal dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading