Sukses

Entertainment

Joko Anwar Jadikan FFI 2015 Sebagai Ajang Promosi Gratis

Fimela.com, Jakarta Sineas tanah air akan merasa bangga ketika filmnya masuk menjadi nominasi dalam [Festival Film Indonesia (FFI) 2015](2365734 ""). Karena FFI bisa dibilang sebagai ajang tertinggi insan film tanah air. Apalagi ketika karyanya tersebut mendapatkan 7 nominasi dalam festival film tersebut seperti Joko Anwar.

Bagi Joko, mendapatkan 7 nominasi di FFI 2015 hanya sebagai promo gratis bagi film A Copy of My Mind. Film ini juga telah diputar di Toronto International Film Festival, Busan International Film Festival, dan Venice International Film Festival. "Berarti ada promo gratis, gitu aja. Karena kita ga punya duit untuk promo," kata Joko Anwar di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (16/11).

Logo Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Foto: Twitter

 

Menurut Joko Anwar, festival bukan tujuan utama dari pembuatan sebuah film. Karena ketika film hanya ditujukan untuk mengikut festival-festival film, justru itu merupakan pengkerdilan terhadap sebuah film tersebut.

"Menurut saya, bikin film kalau buat festival doang sangat sayang banget. Nilai film bisa lebih dari itu. Untuk dikerdilkan (hanya untuk tujuan festival), sangat sayang. Karena film bisa memberikan pelajaran yang bagus buat masyarakat," tutur Joko.

Poster film A Copy of My Mind. foto: twitter

Disinggung tentang alasan filmnya masuk dalam banyak kategori, Joko menjawab klise. "Ga tahu, tanya jurinya. Mungkin dari nominasi tersebut kita dianggap bagus. Dan secara keseluruhan filmnya bagus. Tapi kalau di luar, apresiasinya memang sangat tinggi, reviewnya juga bagus," tuturnya.

Ia mengaku hanya ikut mendaftarkan film yang dibintangi Tara Basro itu karena mendapatkan tawaran dari panitia pelaksana FFI 2015. "Kita diminta ama panitia. Kalau mau daftar masih bisa loh. Karena ternyata syaratnya harus rilis di bioskop atau festival aja," tukas Joko Anwar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading