Sukses

Entertainment

Jada Pinkett Smith Anggap Oscar 2016 Tak Adil dan Diskriminatif

Fimela.com, Jakarta Ajang Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan Piala Oscar di tahun ini, sudah mengumumkan daftar nominasinya. Namun di tahun penyelenggaraan ke-88 ini, Oscar mendapat protes dari sejumlah artis, termasuk Jada Pinkett Smith.

Istri dari Will Smith itu memprotes dan mengecam daftar nominasi tersebut. Menurut Jada, penyelenggaraan Piala Oscar 2016 terlalu diskriminatif.

Pasalnya, daftar nominasi di ajang Oscar didominasi oleh para artis berkulit putih, padahal beberapa aktor berkulit hitam juga tampil cemerlang di sejumlah film.

 Ajang piala Oscar. Foto: via capoliticalreview.com

Baca Juga

"Di ajang Academy Awards, orang berkulit hitam selalu menyambut acara tersebut untuk memberi penghargaan atau bahkan menghibur. Sayangnya, kami justru jarang diakui untuk prestasi artistik kami," tulis Jada Pinkett Smith di akun Facebook miliknya.

"Haruskah orang berkulit hitam menahan diri untuk ikut berpartisipasi? Orang-orang baru memperlakukan kami dengan layak jika kondisinya memungkinkan,” sambung Jada dalam tulisannya. Protes senada sudah ramai dibicarakan sehari setelah pengumuman daftar nominasi Oscar 2016. Tagar #OscarsSoWhite pun sempat ramai dibicarakan di linimasa Twitter beberapa waktu lalu.

Chris Rock. (Bintang/EPA) 

Sementara itu, Chris Rock, aktor dan komedian yang didapuk sebagai presenter Oscar 2016 juga ikut melontarkan kritik. Menurutnya, meski ada beberapa aktor dan sineas berkulit hitam yang gemilang di tahun lalu, mereka rupanya tidak berhasil masuk nominasi Oscar. Sebut saja Will Smith (Concussion), Idris Elba (Beast No Nation) serta sutradara maupun jajaran pemain film Straight Outta Compton.

Sementara itu, acara puncak Academy Awards ke-88 atau Oscar 2016 akan digelar pada 28 Februari mendatang di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat Acara yang mendapat protes dari sejumlah artis, seperti Jada Pinkett Smith, itu akan dipandu oleh Chris Rock.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading