Sukses

Entertainment

Film 90-an, Meriam Bellina Berjaya di Film dan Laris di Sinetron

Fimela.com, Jakarta Nama Meriam Bellina termasuk dalam jajaran aktris Indonesia yang punya catatan karir gemilang dan tak pernah surut. Bukan hanya generasi 80-an maupun 90-an, generasi sekarang pun mengenal nama Meriam Bellina. Berawal dari keinginan menjadi pramugari, Meriam Bellina justru menekuni dunia model dan kemudian beralih ke dunia film.

Wanita kelahiran 10 April 1965 ini sudah merintis karir di dunia film sejak tahun 80-an. Debutnya dimulai denganperan kecil di film Perawan-Perawan (1981) dan Kabut Sutra Ungu (1981). Meriam mulai menarik perhatian setelah tampil bersama Warkop DKI di film Dongkrak Antik (1982).

Film Catatan si Boy. foto: jejakjadoel.blogspot.com

Perannya sebagai Anunya terutama saat mengajarkan ‘Chicken Dance’ masih terus dikenang para penyuka film-film Warkop DKI sampai saat ini. Pemilik nama lengkap Ellisa Meriam Bellina Maria Bamboe ini termasuk aktris yang bisa memainkan segala jenis peran dengan baik. 

Sineas legendaris Indonesia, Arifin C Noer pernah menjuluki Meriam sebagai ‘Magma Perfilman Indonesia’ karena aktingnya yang begitu meyakinkan dan mempesona di tiap film yang dibintanginya. Buktinya, tiga piala Citra pernah diraih oleh wanita yang juga sempat berkarir sebagai penyanyi ini. Di Festival Film Indonesia (FFI) 1984, Meriam Bellina mendapatkan Piala Citra pertamanya lewat film Cinta di Balik Noda.

Meriam Bellina. (Wimbarsana/bintang.com)

Di usia 19 tahun, Meriam mampu mengalahkan nominator lainnya yang lebih senior yaitu Christine Hakim, Jenny Rachman, Lidya Kandou dan Zoraya Perucha. Piala Citra kedua diraih di FFI 1990 lewat film Taksi dan kemudian FFI 2007 melalui film Get Married. Meriam juga berani melalukan adegan panas di sejumlah filmnya seperti di Roro Mendut dan Cinta di Balik Noda.

Tak hanya di film drama, Meriam juga bermain di film-film laris seperti Catatan si Boy. Ibu dari dua anak ini juga tetap bisa eksis saat perfilman Indonesia sedang mengalami masa lesu di era 90-an. Meriam kerap tampil di sejumlah sinetron dan cukup laris mendapat tawaran bermain.

Pemain senior seperti Meriam Bellina dan Jaja Mihardja jadi kekuatan akting Get Married 5. (foto: Starvision Pictures)

Meski sebagian besar hanya menjadi pemain pendukung, akting dan karisma seorang Meriam Bellina tak pernah pudar. Ia terkadang bisa terlihat lebih menonjol dibandingkan pemain utamanya. Saat ini, Meriam Bellina tampil di sinetron Kau Seputih Melati. Lalu film terbarunya, Jagoan Instan akan segera beredar di bioskop.

Setelah 35 tahun berkiprah di dunia hiburan dengan membintangi puluhan sinetron dan film, Meriam Bellina belum menunjukkan tanda-tanda pamornya menurun. Namanya tetap dikenal generasi 80-an, 90-an maupun remaja di masa sekarang. Meriam Bellina adalah seorang legenda di dunia akting Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading