Sukses

Entertainment

Leonardo DiCaprio Dukung Upaya Penyelamatan TNGL Aceh

Fimela.com, Jakarta Leonardo DiCaprio melakukan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Aceh. Bukan untuk syuting, Leonardo ke sana untuk memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok lokal yang berusaha melestarikan ekosistem tersebut.

Dia pun mengunggah foto perjalanannya di Instagram. Bintang Titanic ini menuliskan bahwa Leonardo DiCaprio Foundation mendukung partner lokal untuk membangun mega-fauna sanctuary di Leuser, pemandangan yang terancam oleh perkebunan kelapa sawit, pertambangan, penebangan, dan pembangunan lainnya.

 

The lowland #rainforest of the Leuser Ecosystem are considered the world’s best remaining habitat for the critically endangered Sumatran #elephant. In these forests, ancient elephant migratory paths are still used by some of the last #wild herds of Sumatran elephants. But the expansion of Palm Oil plantations is fragmenting the #forest and cutting off key elephant migratory corridors, making it more difficult for elephant families to find adequate sources of food and water. The Leonardo DiCaprio Foundation is supporting local partners to establish a mega-fauna sanctuary in the Leuser Ecosystem, last place on Earth where Sumatran orangutans, tigers, rhinos and elephants coexist in the wild. Click the link in the bio to stand with @haka_sumatra as they fight to protect the Leuser Ecosystem. #SaveLeuserEcosystem #Indonesia

Foto kiriman Leonardo DiCaprio (@leonardodicaprio) pada

Di keterangan fotonya dengan dua konservasionis dan dua gajah yang terancam punah, Leonardo mengatakan bahwa hutan hujan di Leuser dianggap sebagai salah satu habitat terbaik di dunia yang tersisa untuk gajah Sumatera yang terancam punah. Di hutan ini, jalur migrasi gajah purba masih digunakan oleh beberapa kawanan gajah Sumatera liar terakhir.

“Tapi ekspansi perkebunan kelapa sawit yang memecah-belah hutan dan memotong koridor utama migrasi gajah membuat keluarga gajah menemukan sumber makanan dan air yang cukup,” tulis Leonardo.

Menurut pernyataan dari HaKa, sebuah LSM yang berbasis di Aceh, “Leuser memainkan peran penting dalam mengatur iklim bumi dengan menyerap polusi karbon dan menyimpan sejumlah besar karbon di hutan hujan dataran rendah dan lahan gambut.”

“Jutaan warga lokal bergantung secara langsung pada Leuser untuk mata pencaharian dan sumber utama pasokan air bersih mereka,” begitu bunyi pernyataan HaKa.

Oleh karena itu, Leonardo DiCaprio Foundation akan ber-partner dengan konservasionis Aceh untuk membangun suaka margasatwa di ekosistem tersebut, melatih penjaga hutam dan patroli satwa liar, dan melaporkan kerusakan habitat. Keren sekali, ya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading