Sukses

Entertainment

Eksklusif Putri Ayu, Padukan Musik Pop dengan Unsur Seriosa

Fimela.com, Jakarta Memiliki suara dengan nada tinggi membuat penyanyi muda Putri Ayu memiliki ciiri khas. Pemilik nama lengkap Putri Ayu Silaen ini mampu mencuri perhatian publik dengan kemampuannya bernyanyi seriosa. Dengan usia yang masih muda tentu masa depan Putri sebagai seorang penyanyi masih terbuka lebar

***

Mengawali karirnya ketika mengikuti ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB) Putri Ayu menyihir publik Indonesia dengan kemampuan vokalnya. Yang lebih spesial adalah saat itu dirinya masih berusia 12 tahun. Dengan usia semuda itu tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi Putri untuk dikenal sebagai penyanyi berbakat.

Bertahun-tahun setelah mengikuti ajang tersebut dirinya pun mulai dikenal. Apalagi namanya dikenal dengan suaranya yang tinggi dan kemampuannya dalam bernyanyi seriosa. Namun siapa sangka ternyata terjunnya Putri ke musik seriosa karena ketidaksengajaan.

 Eksklusif Putri Ayu (Foto: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Sebuah kompetisi bernyanyi di Medan membuatnya harus belajar bernyanyi seriosa. Setelah itu dia kembali memutuskan untuk terus bernyanyi seriosa ketika mengikuti IMB yang akhirnya mampu melambungkan namanya. Hingga saat ini dirinya terus menekuni seriosa.

Sebagai penyanyi muda, penyanyi yang mengidolai Sarah Brightman ini sudah pernah berduet dengan penyanyi ternama. Sebut saja David Foster dan Micahel Bolton yang pernah mengajak dara 18 tahun ini bernyanyi bersama. Berawal dari sebuah audisi, Putri akhirnya bisa bernyanyi bersama 2 penyanyi kelas dunia ini.

"Jadi tahun 2011 David Foster dateng ke Jakarta bikin ajang Born to Sing Asia. Dan untuk audisinya kita kirim video nyanyi. Aku bahkan kirim 4 sampe 5 video. Puji Tuhan aku terpilih buat duet di konsernya di Jakarta. Setelah itu David Foster juga gelar konser di Singapura. Karena penyanyi yang terpilih buat duet berhalangan hadir, jadi aku kembali dipanggil buat duet. Tapi kali ini duetnya sama Michael Bolton", ungkap Putri Ayu.

Eksklusif Putri Ayu (Foto: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Meski memiliki bakat menyanyi seriosa, Putri malah lebih suka bernyanyi pop. Namun dia tetap tak ingin meninggalkan seriosa yang selama ini sudah menjadi ciri khasnya. Untuk mensiasati hal tersebut Putri kerap menggabungkan keduanya dalam bernyanyi. Contohnya adalah bernyanyi dengan nada tinggi meskipun sedang membawakan lagu berirama pop.

Ketika tim Bintang.com berkunjung ke kediamannya, Putri Ayu bercerita tentang banyak hal mulai dari karir hingga bagimana dia memiliki kesempatan untuk berduet dengan Michael Bolton dan David Foster. Belum lagi ketika dia juga kerap tampil bersama dengan penyanyi seriosa senior di Indonesia yaitu Christopher Abimanyu.

Penasaran bagaimana perjalanan Putri Ayu sampai saat ini? Langsung simak petikan wawancara eksklusif Putri Ayu bersama Dreses Putranama, fotografer Deki Prayoga, serta videografer Abraham Onarelly berikut ini.

Terjun ke Seriosa Karena Katidaksengajaan

Awal karir Putri Ayu sendiri dimulai saat berusia 9 tahun. Ketika itu dirinya sudah beberapa kali mengikuti kompetisi bernyanyi. Hingga akhirnya dia mengikuti kompetisi Pesparawi yang membuatnya harus bernyanyi seriosa.

Kapan pertama kali terjun jadi penyanyi? terutama seriosa?

Pertama kali nyanyi umur 9 tahun. Waktu itu nyanyinya pop. Jadi waktu itu masih di medan dan sering ikut festival. Hingga suatu ketika ada lomba namanya Pesparawi yang lombanya harus seriosa. Jadi dari situ aku belajar seriosa.

Kenapa memilih seriosa?

Nggak lama dari ajang Pesparawi ada IMB (Indonesia Mencari Bakat). Sebenarnya di IMB itu pengennya nyanyi lagu pop. Tapi kita pikir kalo nyanyi pop nanti pasti nggak masuk. Jadi kenapa nggak bawain seriosa aja biar unik. Apalagi waktu itu aku masih 12 tahun, kan anak kecil nyanyi seriosa waktu itu masih jarang. Akhirnya puji Tuhan lolos dan bisa sampai juara 2. Sampai sekarang seriosanya kebawa terus.

Jadi memang pertama kali bernyanyi seriosa karena tidak sengaja?

Iya awalnya nyanyi seriosa kan karena ada kompetisi di Medan yang namanya Pesparawi. Disitu diwajibkan untuk nyanyi seriosa.

Eksklusif Putri Ayu (Foto: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Siapa penyanyi seriosa favorit?

Sampai saat ini aku sukanya sama Sarah Brightman.

Dari keluarga sendiri apa memang ada keturunan untuk bernyanyi seriosa?

Justru keluargaku nyanyi pop semua. Seperti kakak aku yang nomer 2 juga bisa nyanyi pop. Jadi memang nyanyi seriosa itu awalnya karena ikut kompetisi di Medan.

Bagaimana Putri belajar seriosa? padahal awalnya bernyanyi pop

Belajarnya awalnya lihat penyanyi seriosa. Terus memang ikut les nyanyi seriosa. Dari situ aku dikasih referensi penyanyi-penyanyi seriosa yang terkenal.

Kesulitan apa yang dialami Putri selama belajar bernyanyi seriosa?

Pasti ada kesulitan, karena biasanya aku nyanyi pop. Kalo pop kan nyanyinya pendek-pendak dan nadanya nggak tinggi. Kalo seriosa nadanya tinggi dan nafasnya panjang-panjang.

Eksklusif Putri Ayu (Foto: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Butuh waktu berapa lama sampai bisa menguasai teknik bernyanyi seriosa?

Sampai sekarang sebenarnya belum banget seriosanya. Aku kan nyanyinya nggak seriosa full. Takutya kalo seriosa banget keliahatan tua. Kalo waktu buat bener-bener sampai suaranya jadi kira-kira 2 tahun.

Suara Putri setinggi apa sih?

Kalo aku 2,5 oktaf. Soalnya aku nada rendahnya nggak bisa rendah banget. Jadi range-nya 2,5 oktaf.

Pernah punya pengalaman buruk nggak ketika nyanyi?

Pernah. Pernah keselek. Terus pernah juga nadanya over. Bahkan lupa lirik juga pernah. Cuma aku bisa mengatasi sebaik mungkin supaya orang-orang nggak sadar kita melakukan kesalahan.

Ingin Dikenal Sebagai Penyanyi Serba Bisa

Sebagai penyanyi muda, penyanyi yang mengidolai Sarah Brightman ini sudah pernah berduet dengan penyanyi ternama. Sebut saja David Foster dan Micahel Bolton yang pernah mengajak dara 18 tahun ini bernyanyi bersama. Berawal dari sebuah audisi, Putri akhirnya bisa bernyanyi bersama 2 penyanyi kelas dunia ini.

Kalau nggak salah pernah duet sama David Foster dan Michael Bolton, apa benar?

Ya waktu itu sempet duet sama Michael Bolto dan David foster.

Bisa diceritakan?

Jadi tahun 2011 David Foster dateng ke Jakarta bikin ajang Born to sing Asia. Dan untuk audisinya kita kirim video nyanyi. Aku bahkan kirim 4 sampe 5 video. Puji Tuhan aku terpilih buat duet di konsernya di Jakarta. Setelah itu David Foster juga gelar konser di Singapura. Karena penyanyi yang terpilih buat duet berhalangan hadir, jadi aku kembali dipanggil buat duet. Tapi kali ini duetnya sama Michael Bolton.

Bagaimana perasaannya bisa berduet dengan penyanyi sekelas David Foster dan Michael Bolton?

Waktu itu seneng banget dan bersyukur bisa dapat kesempatan yang menurut aku langka banget.

Eksklusif Putri Ayu (Foto: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Sempat merasa gugup nggak?

Perasaan nerveous banget. Ini kan konsernya dia tur Asia. Jadi aku takut salah atau suaranya nggak pas. Jadi harus menampilkan sesuatu yang perfect banget.

Bagaimana respon penonton saat itu?

Responnya bagus. Dari yang nonton dapat respon yang positif banget.

Kalo nggak salah Putri sering duet sama Christoper Abimanyu, salah seorang penyanyi seriosa Indonesia yang populer, bisa diceritakan pengalamannya?

Bukan cuman duet, dia juga jadi coach aku di IMB. Habis dari situ kita sering duet bareng di beberapa acara. Seneng bisa punya kesempatan dilatih dan duet sama dia. Aku dapet banyak banget pelajaran dari dia.

Selama menerima pekerjaan apa semuanya meminta untuk bernyanyi seriosa?

Justru aku malah sekarang nyanyinya pop. Aku sekarang seringnya dapat job wedding atau gathering yang minta nyanyi lagu pop. Kalo seriosa kan lagunya orang belum banyak yang tahu. Malah sekarang nyanyi mandarin. Sudah 2 tahun ini nyanyi lagu mandarain di acara wedding.

Jadi apa perlahan-lahan mulai masuk ke jalur musik pop?

Ngaak lah, aku bukan ninggalin seriosa cuma memang karena permintaan lagu pop. Tapi aku juga belajar dan nyanyi seriosa. Kalo misal nyanyi pop aku masih masukin unsur seriosa. Contohnya kayak nadanya dibuat tinggi. Karena memang ciri khasnya serioasa di nada tinggi. Jadi tetap harus ada unsur seriosa.

Eksklusif Putri Ayu (Foto: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Bagaimana membagi waktu nyanyi dan sekolah?

Cara bagi waktunya sekarang sudah gampang. Kalo dulu waktu SMA nyanyinya cuma Sabtu dan Minggu. Kalo sekarang kan kuliah jadi bisa lebih gampang. Karena kuliah kan nggak tiap hari juga. Jadi kalo libur bisa keluar kota.

Bagaimana membagi waktu jika ada ujian

Kalo ada ujian kita ambil jobnya setelh ujian selesai, kecuali ada jadwal sebelumnya yang memang sudah ada.

Apa pencapaian terbesar Putri sebagai penyanyi?

Pencapaian terbesar aku untuk saat ini mungkin waktu nyanyi bareng sama David Foster dan Michael Bolton.

Putri sendiri ingin dikenal sebagai penyanyi seperti apa? Penyanyi pop atau seriosa?

Pengen jadi penyanyi yang baik. Mudah-mudahan karir aku juga bertambah semakin baik. Karir dan sekolah bisa jalan bareng. Aku pengennya dikenal sebagai penyanyi yang serba bisa, seriosa bisa dan nyanyi pop juga bisa.

Itulah tadi bincang-bincang tim Bintang.com dengan penyanyi muda Putri Ayu. Meskipun dirinya memiliki bakat bernyanyi seriosa, namun Putri Ayu masih suka dengan musik-musik pop yang sesuai dengan usianya yang masih belia. Dia bahkan ingin dikenal sebagai penyanyi yang serba bisa.

What's On Fimela
Loading