Sukses

Entertainment

12 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Film Titanic

Fimela.com, Jakarta Kepopuleran Titanic sebagai film drama tragis masih belum terkalahkan. Berhasil menjadi film terlaris kedua sepanjang masa, film ini menyimpan fakta unik selama proses penggarapannya. Mulai dari pemilihan pemain hingga setting yang harus dibuat seolah-olah nyata.

Tak dapat dipungkiri, kehadiran Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet menjadi magnet tersendiri dari Titanic. Pasalnya, pada era itu, nama dua bintang ini tengah naik daun di kancah perfilman Hollywood. Berikut Bintang.com rangkumkan 12 fakta yang harus kamu ketahui tentang film Titanic.

Leonardo DiCaprio-Kate Winslet bukan kandidat utama. Matthew McConaughey adalah orang pertama yang diincar oleh pihak studio untuk peran Jack dan Gwyneth Paltrow untuk peran Rose.

Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet di film Titanic. Foto: via lifestyle.one

Beberapa pemain Titanic sempat mengalami peneumonia karena tidak menggunakan wetsuit untuk adegan di dalam air. Salah satunya sang pemain utama, Kate Winslet.

Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet di film Titanic. Foto: via ibnlive.com

Ongkos produksi film Titanic lebih mahal dari konstruksi kapal Titanic sendiri. Diketahui, pihak studio mengeluarkan budget hingga 200 juta USD untuk film ini, sedangkan pembuatan kapal Titanic pada tahun 1910-1912 hanya menelan 7,5 juta USD atau setara 120-150 juta USD pada tahun 1997.

Film Titanic. Foto: IMDb

Titanic menjadi film pertama yang merlis video ketika filmnya masih tayang di bioskop. Biasanya, pihak studio mana pun tak berani melakukannya lantaran takut filmnya tidak laris di bioskop. Namun, Titanic justru melakukan sebaliknya. 

Film Titanic. Foto: via buzzfeed.com

Karakter Rose dikisahkan memiliki peliharaan Pomeranian. Anjing jenis ini dikenal dapat bertahan dalam bahaya dari tiga jenis anjing yang ada. Keputusan Rose memilihara Pomeranian mungkin disebabkan karena trauma masa lalunya yang telah kehilangan orang disayang saat bencana.  

Anjing Pomeranian. Foto: via vetstreet.com

James Horner sempat ditolak oleh James Cameron untuk mengisi soundtrack Titanic. Pada awalnya, Cameron menginginkan keberadaan Enya. Namun, karena terlanjur jatuh cinta pada lagu My Heart Will Go On yang dinyanyikan Celine Dion, maka Cameron pun memilih Horner. Yang unik lagi, Cameron sebenarnya tak pernah mau memasukan lagu dalam film garapannya.

Soundtrack film Titanic dinyanyikan oleh Celine Dion. Foto: Youtube

James Cameron adalah pelukis asli dari sketsa-sketsa yang dibuat Jack di film Titanic. Terutama untuk sketsa wajah Rose.

Film Titanic. Foto: via pinterest.com

Titanic bukan judul awal film ini. Pada mulanya, James Cameron memberikan judul Planet Ice. Namun, karena suaru alasan, akhirnya diganti dengan Titanic, sesuai dengan nama kapal legendarisnya. 

Film Titanic. Foto: via buzzfeed.com

Leonardo DiCaprio melakukan kesalahan dalam dialog. Kesalahan yang dilakukan Leo ini ternyata berbuah manis, Cameron justru sangat menyukainya. Di skenario tertulis "Lie on that couch,", tapi Leo justru mengatakan "Lie on that bed, uh I mean couch,". 

Film Titanic. Foto: via bakerstreet.dreamwidth.org

Ketinggian air dalam film Titanic semu. Ya, tim produksi ternyata hanya merancang ketinggian air saat syuting film Titanic sekitar 3 feet atau sekitar 1 meter saja.

Film Titanic. Foto: via buzzfeed.com

Saat scene kapal tenggelam, sutradara hanya melakukan satu kali shot karena lokasi sudah hancur oleh perabotan yang ada.

Film Titanic. Foto: IMDb

Film Titanic berhasil menyabet 11 piala kemenangan di ajang Oscar 1998 dari total 15 kategori yang diperoleh. Sebelum era milenium, Titanic menjadi satu-satunya film yang sukses meraup pendapatan hingga 2,1 miliar USD dan menempatkannya menjadi film terlaris kedua sepanjang masa setelah Avatar.

Film Titanic. Foto: IMDb

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading