Sukses

Entertainment

Album 'Satu' Wujud 'Kebhinneka Tunggal Ikaan' Ala Iwan Fals

Fimela.com, Jakarta Album 'Satu' yang dipopulerkan musisi legendaris, Iwan Fals bekerjasama dengan NOAH, Nidji, Geisha dan D'Masiv memiliki makna persatuan dan mengangkat konsep 'Bhinneka Tunggal Ika'.

"Album 'Satu' ini ada karena kerja tim, ada Tiga Rambu, Yos, dan pihak Musica. Isinya tentang toleransi, kehidupan, persatuan, konteksnya banyak, bisa cinta, kerja sosial dan sebagainya, makanya digarap albumnya jadi nama 'Satu'," kata Iwan Fals saat launching album 'Satu' di Pisa Cafe Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/5/2016).

Konsep Bhinneka Tunggal Ika yang dimaknai Iwan Fals untuk album 'Satu ini karena meleburkan karakter masing-masing musisi. Namun, tetap dalam harapan persatuan akan segala hal.

Iwan Fals dan konsep Bhinneka Tunggal Ika di album 'Satu' (Adrian Putra/Bintang.com)

"Maknanya macam-macam tapi tetap persatuan kan. Kita sama-sama berekspresi, saya lewat musik, ada yang lewat lainnya, macam-macam. Harapan saya sih sedunia yang punya persoalan bisa bersatu, seperti lagu 'Kemesraan' bukan hanya di Indonesia saja, tapi seluruh dunia," harap Iwan Fals akan album 'Satu' yang diluncurkan.

Menggarap album 'Satu' bukan perkara mudah, meski menghadirkan empat band papan atas dan musisi legendaris bahkan hingga mendatangkan Steve Lillywhite yang bertindak sebagai produser. Iwan Fals mengatakan, adanya sebuah kerjasama yang sulit terwujud pada awalnya lantaran menyatukan waktu di mana para musisi memiliki kesibukan masing-masing.

"Iya gak sulit juga, karena ada lagu-lagu saya yang juga dibawakan mereka dan harus diaransemen ulang. Tapi setelah berjalan,semuanya mudah dilakukan," kata Iwan Fals menambahkan.

Preskon album 'Satu' Iwan Fals (Adrian Putra/Bintang.com)

Sepuluh buah lagu di dalam album 'Satu' yakni 'Para Penerka' (Noah feat Iwan Fals), 'Tak Seimbang' (Geisha feat Iwan Fals), 'Satu-Satunya' (D'Masiv feat Iwan Fals), 'Hidup Yang Hebat' (Nidji feat Iwan Fals). Kemudian lagu kolaborasi all vocalist pada lagu 'Kemesraan' dan lagu 'Abadi'.

Tak hanya lagu untuk kolaborasi, empat band turut mengaransemen lagu-lagu hits milik Iwan Fals. NOAH membawakan lagu 'Yang Terlupakan', Nidji mengaransemen lagu 'Pesawat Tempur', Geisha menyanyikan lagu 'Izinkan Aku Menyanyangimu' dan D'Masiv membawakan lagu 'Entah'.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading