Sukses

Entertainment

4 Artis yang Mendapat Hidayah di Film dan Sinetron Religi

Fimela.com, Jakarta Film maupun sinetron ternyata tak sekedar sebuah hiburan. Bagi sejumlah artis, cerita sebuah film maupun sinetron memegang peranan penting bukan hanya bagi karir, tapi juga kehidupan mereka. Bahkan ada artis non-muslim yang mendapatkan hidayah dan kemudian memutuskan menjadi mualaf setelah bermain di sebuah film atau sinetron religi.

Memutuskan menjadi seorang mualaf tentunya bukan hal yang mudah. Para selebriti ini pun telah melewati pemikiran yang panjang. Salah satu pemicu mereka menjadi lebih yakin untuk memeluk agama Islam adalah karena film atau sinetron yang mereka bintangi.

Faktor peran yang mereka mainkan, atau cerita dalam film atau sinetron tersebut, sepertinya sangat berpengaruh bagi mereka dalam mengambil keputusan. Malahan ada seorang aktor senior yang memutuskan untuk menjadi mualaf setelah bermain dalam sebuah film religi.

Meski begitu, ada juga seorang aktor yang memang seorang muslim, tapi mulai lebih mendapat hidayah untuk lebih rajin beribadah setelah bermain di sebuah sinetron. Setidaknya ada empat artis Indonesia yang mendapatkan hidayah setelah bermain dalam sinetron atau film religi. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

Alice Norin

Ketenangan batin sangat dirasakan oleh Alice Norin sejak memeluk Islam. Alice Norin memutuskan Islam sejak 2008 silam. Bahkan ia banyak belajar Islam dari film Ketika Cinta Bertasbih. (Instagram)

Aktris berdarah Norwegia-Sunda ini dikenal lewat sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series (TBNH). Perannya sebagai Rere membuat Alice semakin mantap menjadi wanita muslimah. Alice sendiri mulai menarik perhatian sejak bermain film Ketika Cinta Bertasbih (2009) yang disutradarai Chaerul Umam.

Kabarnya, sejak bermain di film drama religi tersebut, Alice semakin mantap mempelajari Islam sejak menjadi mualaf di tahun 2007. Saat menikah dengan DJ Riri, wanita kelahiran 29 tahun lalu itu memang sudah menjadi mualaf. Namun setelah bermain di Ketika Cinta Bertasbih, Alice Norin merasa mendapat banyak pelajaran tentang Islam. Meski sudah berpisah dari DJ Riri, Alice pun tetap menjadi seorang muslimah dan kemudian menikah lagi dengan Alvin Yudhapatria di tahun 2011.

Sultan Djorghi

Sultan Djorghi dan keluarga dalam acara halal bihalal 'Tukang Bubur Naik Haji'. Kekeluargaan menjadi satu hal yang begitu terjalin antara pemain dan semua yang terlibat dalam proses produksi. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Terlahir di keluarga Katolik, Sultan Djorghi akhirnya memilih menjadi mualaf dan memeluk agama Islam sebelum menikah dengan Annisa Trihapsari di tahun 2007 lalu. Adik dari Thomas Djorghi ini dikenal sebagai bintang sinetron. Namun yang paling berkesan baginya adalah Love in Bombay di tahun 2001.

Sultan yang menjalani syuting di India kabarnya terkesan dengan budaya dan agama Islam yang cukup kental di sana. Ia seperti mendapat ‘pencerahan’ tentang Islam sehingga beberapa tahun kemudian akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Bukan itu saja, Sultan menemukan jodohnya di sinetron tersebut. Sultan menjalin hubungan khusus dengan lawan mainnya di Love in Bombay, Annisa Trihapsari, dan kemudian menikah pada 16 Mei 2007.

El Manik

El Manik. foto: manjanik.net

El Manik masih aktif berakting dengan bermain sinetron religi Tukang Bubur Naik Haji The Series (TBNH). Aktor kelahiran 66 tahun lalu ini berperan sebagai Ustaz Zakaria dalam sinetron yang sudah mencapai 2000 episode lebih itu. Merintis karir melalui dunia film, belakangan ini El Manik sudah jarang tampil di layar lebar.

Meskipun begitu, dunia film tak akan pernah terlupakan bagi pemilik nama lengkap Iman Emmanuel Manik ini. Bukan hanya karena sudah mendapat banyak penghargaan. Tapi karena bermain di sebuah film religi, peraih empat Piala Citra di ajang FFI ini ini mendapat hidayah dan memutuskan untuk menjadi mualaf.

Ia berperan sebagai seorang guru agama bernama Ibrahim di film Titian Serambut Dibelah Tujuh yang disutradarai Chaerul Umam di tahun 1982. Salah satu adegan yang harus dilakoninya adalah membaca Ayat Kursi. El Manik sepertinya begitu terkesan dengan perannya sebagai orang Islam hingga akhirnya memutuskan menjadi seorang mualaf.

Marsha Timothy

Transformasi Marsha Timothy dalam film Khalifah. (Foto: Wikipedia, Desain: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Sebelum menikah dengan Vino G. Bastian di tahun 2012, Marsha Timothy memang sudah beberapa kali dikabarkan sudah menjadi seorang mualaf. Kabar itu mulai beredar sejak ia menjalin hubungan khusus dengan Fachry Albar. Meski sempat dikabarkan akan menikah, hubungan Marsha dan Fachry ternyata kandas.

Saat mulai berpacaran dengan Vino, Marsha bermain di film Khalifah (2011) dan berperan sebagai orang Islam bernama Khalifah. Bahkan di film yang juga dibintangi Indra Herlambang dan Ben Joshua itu, Marsha harus mengenakan jilbab dan cadar. Kabarnya, peran sebagai seorang muslimah di film besutan Nurman Hakim tersebut, Marsha semakin tertarik untuk memeluk agama Islam. Film Khalifah sendiri masuk seleksi resmi di Tokyo International Film Festival 2011 dan memenangkan Prix du Public di Vesoul International Film Festival Perancis 2012.

Di tahun yang sama, Marsha bermain di sinetron Calon Bini bersama Vino. Aktris kelahiran 1979 ini berperan sebagai Nurlela yang diceritakan sebagai seorang muslim. Dalam sinetron yang ditayangkan di SCTV itu, banyak yang meyakini kalau Marsha Timothy sudah mulai mempelajari Islam atau mungkin juga sudah menjadu serang mualaf.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading