Sukses

Entertainment

Definisi Jazz dari Kacamata Syaharani

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Syaharani memang sudah lama menggeluti musik jazz. Musisi asal Malang tersebut mempunyai definisi tersendiri mengenai genre musik yang dia tekuninya.

Menurut Syaharani, jazz bukan hanya sebuah genre musik yang sengaja diciptakan. Lahirnya musik jazz menurutnya merupakan sebuah perkembangan dari budaya bermusik yang muncul secara perlahan-lahan menyebar luas ke seluruh penjuru dunia dan diadaptasi oleh daerah masing-masing.

Syaharani tentang musik jazz (Andy Masela/Bintang.com)

"Jazz itu tidak hanya sebuah genre saja, not only that. Jazz itu sesuatu yang timbul bukan buah dari industri. Kalo bahasa saya sendiri jazz itu buah dari perkembangan budaya. Baik ditempatnya pertama muncul sampai dia menyebar ke seluruh dunia," tutur Syaharani di Rolling Stone Cafe, Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (21/7/2016).

Ditambahkan Syaharani, perkembangan musik jazz terutama di Indonesia sudah mulai menuju arah yang positif. Salah satunya dengan semakin banyaknya musisi-musisi jazz dan maraknya festival yang mengusung musik jazz sebagai konsep dari festival itu sendiri.

Syaharani (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Ada sesuatu yang kuat yang muncul, semakin jauh dan semakin lama dia menjadi besar, dalam arti pemahamannya. Saya pikir jazz akan terus berkembang," tandasnya.

Di samping itu, perkembangan musik jazz yang dipadupadankan dengan berbagai genre musik yang populer menambah semarak dan warna sendiri bagi Syaharani. Dirinya pun antusias menatap perkembangan musik jazz yang terus berkembang ke arah yang lebih baik.

"Perkembangan ini bawa banyak perubahan antar generasi dengan interpretasinya masing-masing, tapi tetap tidak pada root-nya musik jazz itu sendiri," jelas Syaharani.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading