Sukses

Entertainment

Eksklusif, Judika Tuangkan Kisah Hidup Fans Lewat Lagu

Fimela.com, Jakarta Tanpa fans, Judika merasa tak berarti. Filosofi itulah yang ingin ditekankannya saat menggarap album baru yang dirilis bulan November nanti. Tanpa melepas karakternya sebagai musisi, Judika berusaha mewakili kisah hidup penggemar lewat alunan nada.

***

Perjuangan Judika untuk menggapai kesuksesan memang sangat berat. Pelantun tembang Sampai Kau Jadi Milikku ini tahu betul bagaimana rasanya berjuang dari bukan apa-apa menjadi luar biasa. Hal inilah yang membuatnya sadar bahwa penggemar punya arti penting dalam perjalanan karirnya.

Eksklusif Judika (Fotografer: Adrian Putra, Wardrobe: Wong Hang Tailor, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Berbekal pemikiran tersebut, Judika memutuskan untuk melibatkan fans dalam project album barunya. Dia menggelar audisi untuk memilih lima lagu dari penggemar. Kelima lagu itu akan dinyanyikan Judika dan menjadi bagian dari album baru yang akan dirilis bulan November nanti.

Salah satu lagu yang terpilih adalah ‘Jadi Aku Sebentar Saja’. Dari 400 materi yang masuk ke email Judika, single ini akhirnya terpilih menjadi lagu utama dalam album Judika. Single ini telah lebih dulu dirilis sebagai teaser full album mendatang. Diakui Judika, lagu ini memang memiliki makna yang sangat dalam, dan mewakili apa yang dirasakan banyak orang.

Eksklusif Judika (Fotografer: Adrian Putra, Wardrobe: Wong Hang Tailor, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Namun terlepas dari makna yang tersirat dalam lagu ini, ada hal yang sebenarnya menjadi goal Judika untuk karya barunya ini. Bukan sekedar mencari lagu untuk dinyanyikan, lewat album barunya ini dia berusaha menjadi representasi dari penggemarnya.

“Biar orang ceritain kisah hidupnya seperti apa. Biar gue yang sampaikan pada orang. Itu yang pengen gue bikin dan akhirnya berhasil gue tuangin di lagu ini, serta empat lagu berikutnya,” tutur Judika saat berkunjung ke kantor Bintang.com pada Jumat (23/9/2016).

Judika pun mengakui bahwa banyak hal yang membuatnya terharu saat menyeleksi dan mendalami makna lagu-lagu dari fans. Ada harapan besar yang ingin dicapainya lewat keterlibatan fans dalam karya barunya. Bagaimana lengkapnya seluk beluk album terbaru Judika nanti? Simak petikan wawancara berikut!

Refleksi Kehidupan Penggemar

Judika kini telah mantap dengan solo karirnya. Kini, dia membuat sebuah project untuk album baru, di mana dia melibatkan fans dalam berbagai aspek.

Kesibukan apa yang dilakukan sekarang?

Sekarang sibuknya nyiapin album baru. Terus sibuk jadi bapak dua anak, kemudian juga promote single baru, Jadi Aku Sebentar Saja.

Kenapa memilih lagu yang diciptakan fans?

Karena kedekatan sama fans, aku pengen dalam album baruku berkolaborasi dengan fans. Selama ini aku banyak menggunakan lagu dari pencipta terkenal. Tapi kali ini aku mengajak fans yang memang punya kuliatas, dan bikin yang namanya Judika Project.

Eksklusif Judika (Fotografer: Adrian Putra, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Bagaimana proses seleksi Judika Project?

Mereka kirimkan lagu ke email aku. Ada sekitar 400 lagu yang masuk dari seluruh Indonesia, dan aku pilih 5 terbaik untuk album aku. Salah satunya adalah Jadi Aku Sebentar Saja. Lagu ini ga terlalu ribet tapi liriknya dalam banget.

Kenapa lagu ini yang terpilih?

Pertama kali mendengar lagu ini kaya catchy banget. Penciptanya seorang guru olahraga di Tangerang. Baru setelah dia menang aku tahu dia guru olahraga, tapi punya bakat luar biasa. Aku kupas liriknya. Intinya tentang orang yang sakit hati banget sama pasangannya. Kan kita sering patah hati tapi teman-teman kita bilang 'Udahlan, lupain dia masih banyak yang lebih baik’. Padahal dia ga tahu kalau ada di posisi kita tuh sakitnya ga bisa langsung hilang.

Eksklusif Judika (Fotografer: Adrian Putra, Wardrobe: Wong Hang Tailor, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Apakah lagu ini bagian dari pengalaman hidup Judika?

Aku pernah ngalamin ini. Tapi aku sih ga ngebawa lagu ini ke ceritaku. Tapi memang ini ceritanya fans aku ingin memaparkan bahwa sakit perlu waktu untuk move on. Itu dari sisi dia. Kalau dari aku sebenarnya lagu ini buat semua orang. Mengajarkan agar kita bersyukur. Karena kadang kita cemburu sama kehidupan orang lain, padahal dia ga tahu kalau di posisi dia belum tentu bahagia.

Makna lagu ini untuk Judika?

Yah mengingatkan diriku sendiri. Contohnya kata orang aku ini enak banget bisa ke mana-mana. Mereka ga tahu kadang aku sampai nangis harus pergi dari rumah karena ga ketemu anak. Pernah juga sampai pita suara berdarah sementara aku harus bekerja dengan jadwal yang ada. Jadi ga sekedar soal patah hati, tapi pengen orang bersyukur dengan apa yang dia miliki karena setiap kehidupan pasti punya kelebihan dan kekurangan. Semua orang punya masa kelam dan masa ada bahagia.

Dari Judika untuk Fans

Apa yang dilakukan Judika semuanya adalah wujud dedikasi dan rasa terima kasihnya pada penggemar. Dia pun berharap penggemar yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk berjalan menuju sukses.

Ada pendekatan khusus untuk menyatukan diri dengan lagu?

Untuk lagu ini memang pendalamannya lirik dan notasi aku bedah sendiri. Tiap malam aku buka email sambil tidur dengerin. Lagu yang nempel pasti aku tandain, aku denger berulang-ulang. Akhirnya ada lima lagu yang benar-benar cocok buat aku, terutama ‘Jadi Aku Sebentar Saja’. Lagu ini memang Judika banget.

Ada perasaan berbeda ketika menyanyikan lagu dari fans?

Buat aku ga ada bedanya. Justru aku minta lagu dari fans ini biar lebih orisinal aja. Jangan karena yang nyanyi Judika. Kalau pencipta lagu terkenal kan ‘Oh Judika nih, suaranya begini, gue bikin lagi kaya gini’. Kali ini biar orang ceritain kisah hidupnya seperti apa, biar gue yang sampaikan pada orang. Itu yang pengen gue bikin dan itu berhasil gue tuangin di lagu ini dan empat lagu berikutnya.

Eksklusif Judika (Fotografer: Adrian Putra, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Apa yang Judika rasakan saat mendengarkan lagu-lagu dari fans?

Semua didengerin. Aku sampai terharu lihat cara mereka berkarya. Kadang cuma gitaran doang. Ada yang ga bisa main gitar tapi lagunya bagus. Jangan dikira yang diterima itu lagu udah jadi atau udah rekaman di studio, enggak. Tapi yang kita lihat adalah kejujuran.

Apakah kelima penulis lagu tersebut dilibatkan dalam penggarapan album?

Pasti. Kita juga menyeleksi calon model video klip. Sudrajat, pencipta lagu Jadi Aku Sekali Saja, langsung ikut juga menyeleksi. Jadi aku benar-benar bikin single ini dari fans. Ini hal yang luar biasa menurut aku. Perpaduan penyanyi dan penggemar aku rasa akan lebih bagus.

Eksklusif Judika (Fotografer: Adrian Putra, Wardrobe: Wong Hang Tailor, Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Konsep album sendiri seperti apa?

Ada lima lagu yang aku pilih. Bahkan awalnya cuma tiga lagu. Tapi karena banyak lagu yang bagus akhirnya jadi lima. Kalau bisa 10 lagu, tapi karena konsepnya memang lima lagu dari fans, sedangkan lima lagu dari aku. Rencananya rilis November, tapi kita keluarin dulu lagu yang Jadi Aku Sebentar Saja.

Apa harapan Judika atas keseluruhan project ini?

Dari awal sampai sekarang aku selalu bilang fans sangat berjasa. Saat konser kulihat mereka selalu nyanyinya dari hati. Itu yang bikin gue ga mau mereka sekedar jadi fans yang cuma bisa menyukai. Yang kulakukan ini wujud apa yang kurasakan kalau mereka benar sayang sama idolanya. Kuharap semua yang lolos bisa berhasil ke depannya. Buat aku kebahagiaanku akan sangat besar kalau melihat mereka ga di sampingku, berjalan sendiri dengan kualitas yang mereka punya.

Sebagai seorang musisi, nyatanya Judika memiliki cita-cita mulia untuk para fans. Tidak semua orang punya pemikiran seperti Judika. Semangat, kerja keras, dan dedikasinya memang memberikan ilham untuk semua orang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading