Sukses

Entertainment

Eksklusif, Cerita Bisnis Luna Maya Sampai Curhat Ayu Ting Ting

Fimela.com, Jakarta Kolaborasi dua artis cantik, Luna Maya dan Ayu Ting Ting menghasilkan sebuah produk clothing baru Luna Habit x Ayu Ting Ting. Luna Maya dengan brand Luna Habit sebenarnya sudah mulai ada di pasar sejak April 2015. Jiwa bisnis yang sudah melekat di diri Luna Maya, membuatnya ingin mengembangkan produk clothing miliknya. Namun rencana peluncuran cloting dengan brand Luna Habit x Ayu Ting Ting sempat mundur dari rencana. Ada apa?

***

Urusan bisnis, Luna Maya sempat mencoba bidang kuliner namun kali ini, Luna Maya ingin bisnisnya fokus di clothing dengan mengeluarkan busana ready wear dengan brand Luna Habit. Pengembangan dari produk busana tersebut terlihat dari kerjasama yang dilakukannya dengan Ayu Ting Ting, melahirkan brand Luna Habit x Ayu Ting Ting. Produksi yang molor membuat agenda peluncuran pertama tidak sesuai rencana. Namun rupanya hal tersebut tidak mengurangi keinginan Luna Maya untuk melakukan penetrasi pasar di dunia fashion.

Luna Maya dan Ayu Ting Ting membuat clothing brand Luna Habit x Ayu Ting Ting. (Make up: Morin Iwashita, Busana: Luna Habit, Fotografer: Bambang E. Ros, Fashion Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Digandengnya Ayu Ting Ting, menghadirkan produk dengan pangsa pasar yang cocok untuk perempuan muda yang enerjik, seperti gambaran sosok Ayu Ting Ting. Luna Maya membantah, jika kerjasama yang dilakukan dengan Ayu Ting Ting memanfaatkan gosip yang saat ini menerpa Ayu Ting Ting. Seperti sudah ramai diberitakan, Ayu Ting Ting saat ini dikabarkan menjalin hubungan dengan Raffi Ahmad.

Kerjasama yang disepakati dengan Ayu Ting Ting, diakui Luna Maya justru terjadi sebelum nama pelantun 'Alamat Palsu' itu ramai diberitakan dengan beragam gosip hubungannya bersama Raffi Ahmad. Sebagai seorang pebisnis, Luna Maya tentu punya strategi jitu untuk memperkenalkan clothing Luna Habit x Ayu Ting Ting, tanpa embel-embel gosip Ayu Ting Ting.

Luna Maya bantah manfaatkan gosip Ayu Ting Ting untuk perkenalkan clothing baru. (Make up: Morin Iwashita, Busana: Luna Habit, Fotografer: Bambang E. Ros, Fashion Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

"Itu enggak sama sekali, nggak ada hubungannya sama gosip Ayu Ting Ting. Mungkin karena munculnya sekarang terus banyak orang mengaitkan dengan gosip Ayu Ting Ting," ujar Luna Maya saat melakukan sesi pemotretan bersama Ayu Ting Ting di studio Bintang.com, Rabu (12/10/2016).

Lantaran kerjasama tersebut, hubungan Luna Maya dan Ayu Ting Ting yang sudah terjalin sejak tahun 2011 itu, semakin dekat. Di luar urusan bisnis, Ayu Ting Ting kerap mencurahkan isi hatinya kepada Luna Maya. Bahkan Ayu sudah menganggap Luna Maya sebagai sosok kakak yang sering memberikan nasihat dan masukan padanya untuk menghadapi masalah dan menjalani kehidupan lebih baik. Cerita menarik tentang bisnis dan hubungan di luar bisnis, diceritakan Luna Maya dan Ayu Ting Ting dalam suasana yang hangat di sela sesi pemotretan.

Bisnis Saling Menguntungkan

Berbisnis, tentu keuntungan yang diharapkan. Luna Maya yakin, kerjasamanya dengan Ayu Ting Ting dengan brand Luna Habit x Ayu Ting Ting, dapat memberikan pilihan lain bagi masyarakat untuk fashion. Berteman sekaligus berbisnis, kenapa tidak?

Kalian saling mengenal kapan?
Luna Maya: Persisnya sih lupa, tapi sekitar tahun 2011 ya

Ayu Ting Ting: Iya sekitar itu

Kesan pertama bagaimana?
Ayu: Mengenal sosok Kak Luna tuh sudah lama juga kenalnya.

Luna: Iya, dari zaman yang dulu banget ya, hahaha.

Ayu: Iya dari zaman yang dulu banget ya. Emang Kak Luna orangnya apa adanya, cerewet iya, bawel iya, tegas iya terus dia orangnya yang pasti-pasti saja. Kalau nggak pasti ya sudah ngapain. Kak Luna itu serius sama aku, ya sudah nggak apa-apa. Kak Luna orangnya nggak suka bercanda, jadi pada saat dia ngajakin bisnis ini, aku berpikir dia emang serius, nggak main-main niatnya memang pengin bisnis.

Masukan dari Luna Maya untuk kehidupan, selalu ditunggu Ayu Ting Ting. (Make up: Morin Iwashita, Busana: Luna Habit, Fotografer: Bambang E. Ros, Fashion Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Kalau Ayu?
Luna: Keras kepala pastinya. Sering aku kasih tahu nggak didengerin. Dari dulu zaman di Dahsyat awal keluar Alamat Palsu memang orangnya begitu, polos apa adanya dan agak lugu sedikit gampang dibodohin, hahaha.

Ayu: Kak Luna sering banget ngajarin soal kehidupan. Jadi kalau ketemu Kak Luna, terus aku salah dia bilang, 'kan sudah dibilangin'.

Ini kalian kerjasama brand Luna Habit, bagaimana sistemnya?
Luna: Ya, kita lebih kerjasama begitu untuk brand Luna Maya x Ayu Ting Ting

Sistem kerjasamanya seperti apa?
Luna: ya kita lebih kerjasama, berbagi saham. Berkolaborasi dengan prosentase sesuai dengan apa yang keluar itu yang akan didapat.

Proses kalian bisa kerjasama bagaimana?
Ayu: Awalnya nih, dulu aku pernah diendord Ka Luna. Beberapa baju pernah aku pakai. Nah, Kak Luna tiba-tiba hubungi aku bilang 'Yu, bagaimana kalau misalnya kerjasama bareng, bikin baju bareng'. Aku sih mau saja, maksudnya selagi aku nggak ada kerjasama dengan siapa-siapa ya sudah mau saja. Sekalian belajar juga, senang banget kalau diajak kerjasama. Alhamdulillah selang beberapa bulan akhirnya terciptalah ide Luna Habit x Ayu Ting Ting.

Luna Maya bersama Ayu Ting Ting berusaha memberikan desain yang terbaik. (Make up: Morin Iwashita, Busana: Luna Habit, Fotografer: Bambang E. Ros, Fashion Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Berapa kisaran harga brand Luna Maya x Ayu Ting Ting?
Ya, sekitar kisaran Rp299 ribu sampai Rp300 ribuan lebih lah.

Rentang waktu kerjasama berapa lama?
Luna: Statusnya sih enam bulan, kerjasama selama enam bulan. Tapi kalau sudah lewat enam bulan masih ada barang yang terjual, itu masih menjadi haknya Ayu.

Untuk desain, Ayu Ting Ting ikut?
Luna: Iya sih, fleksible juga.

Ayu: Sebelum dibuat, Kak Luna tanya dulu modelnya seperti apa, Kak Luna datangin aku, Kak Luna sempatkan waktunya untuk ketemu aku buat nentuin modelnya bagaimana, disainnya seperti apa. Jadi memang benar-benar ditentukan yang karakternya Ayu Ting Ting banget begitu.

Memang karakter Ayu Ting Ting seperti apa?
Luna: Dia kan anaknya simple, nggak terlalu berlebihan bagaimana, tapi masih enak dilihat, masih kasual tapi ada fit-nya. Kadang bisa juga jumpsuit dan t-shirt saja, itu jadi masukan yang ditampilkan juga. Meski simple, manisnya masih ada, fashionable-nya masih ada juga. Jadi bisa dieksplore lebih lah dengan karakter dia jadinya.

Saling Sayang Dua Sahabat

Kerjasama membuat hubungan Ayu Ting Ting dan Luna Maya semakin dekat. Usia Luna Maya yang lebih dewasa, membuatnya lebih mengayomi Ayu Ting Ting. Bahkan tidak jarang, Ayu Ting Ting kerap curhat ke Luna Maya tentang masalah kehidupan. Luna pun dengan terbuka memberikan nasihat dan masukan, tanpa ingin ikut campur dalam urusan Ayu Ting Ting.

Luna Maya pilih Ayu Ting Ting apa karena sedang banyak gosip?
Luna: Justru ini sudah lama banget seharusnya keluar, tahun lalu. Ini prosesnya cukup panjang. Sebenarnya sebelum lebaran sudah keluar tapi produksi belum kelar. Akhirnya diputuskan Agustus kemarin. Jadi sebenarnya nggak ada hubungannya dengan gosip Ayu Ting Ting saat ini.

Tapi anggapan banyak orang seperti itu, komentar Luna Maya?
Luna: Itu enggak sama sekali, nggak ada hubungannya sama gosip Ayu Ting Ting. Mungkin karena munculnya sekarang terus banyak orang mengaitkan dengan gosip Ayu Ting Ting, 'oh mumpung lagi rame (Ayu Ting Ting) lagi hot dibicarakan'. Nah, itu sebenarnya mau dikeluarkan waktu itu sebelum gosipnya jadi ramai begini. Tapi ya karena prosesnya panjang, setahun jadi baru keluar sekarang-sekarang. Nggak begitu ya (karena gosip Ayu Ting Ting).

Ayu: Iya, jadi sebenarnya ini sudah lama, cuma baru terealisasikan sekarang.

Masukan dari Luna Maya untuk kehidupan, selalu ditunggu Ayu Ting Ting. (Make up: Morin Iwashita, Busana: Luna Habit, Fotografer: Bambang E. Ros, Fashion Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Dengar beragam pemberitaan Ayu Ting Ting, komentar Luna Maya?
Luna: Nggak apa-apa sih menurut aku. Setiap orang memang harus melalui proses pendewasaan, dengan caranya dia sendiri. Kadang-kadang kita sendiri memang merasa benar karena nggak ngalamin sendiri. Kadang-kadang kita kasih tahu dia tapi nggak didengerin. Aku juga dulu kalau dibilangin begitu, bodo amat, hidup yang jalani gue. Tapi pada saat mengalami, oh iya ternyata begini, begini. Jadi kan kita tambah pinter. Jadi sebenarnya bukan sesuatu hal yang jelek juga buat salah. Dia ini punya prinsip juga. Aku pikir itu adalah modal yang bagus juga. sebagai perempuan memiliki prinsip sudah jadi pegangan lho, walaupun harus melalui proses salah, jatuh atau pun melakukan kesalahan tapi belajar dan terus maju saja, itu bagus kok

Di luar bisnis, suka komunikasi apa?
Ayu: Tanpa aku cerita, Kak Luna juga sudah tahu, sudah seperti kakak aku. Kalau Kak Luna tidak peduli sih bisa saja, nggak gimana-gimana, tapi sama aku sih termasuk Kak Luna yang cerewet, peduli sama aku kalau ada apa-apa. Kak Luna langsung tanya dan tanpa banyak jelaskan apa-apa, aku sudah paham.

Luna: Apapun masalahnya Ayu aku paling kasih tahu saja bagaimana dia menyikapi masalah dengan baik dan sabar dan dewasa. Masalah itu akan terus ada sih, mau ngomong masalah pribadi nggak terlalu gimana gitu, paling ya sudah saran saja.

Saran buat Ayu Ting Ting memang apa dalam menghadapi masalah?
Luna: Apapun yang harus dilakukan adalah langkah yang terbaik menurut Ayu, bukan orang lain. Yang jalanin hidup kan diri kita sendiri. Kadang-kadang orang lain hanya melihat dari kacamata luar, mungkin karena aku pernah dalam masalah berat, pernah diomongin, pernah ya gitu deh kan sering banget. Jadi aku tahu bagaimana perasaannya Ayu Ting Ting. Tapi aku bilang semua harus dilalui, dihadapin dan aku nggak pernah mau nge-judge seseorang hanya karena masalahnya. Kalau orang punya salah sih, so what? Seperti orang lain nggak pernah punya salah saja, kan nggak juga.

Ayu Ting Ting sudah menganggap Luna Maya adalah kakak. (Make up: Morin Iwashita, Busana: Luna Habit, Fotografer: Bambang E. Ros, Fashion Stylist: Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Luna suka tanya masalah Ayu Ting Ting?
Luna: Apapun yang terjadi dalam kehidupan sekarang, pertama bukan masalah aku, bukan aku nggak peduli, bukan nggak mau tahu tapi itu bukan area kapasitas aku untuk ikut campur. Pertama bukan aku yang jalani, kedua bukan hidup aku juga. Tapi sebagai orang yang dekat dengan Ayu, cuma bisa nasihati harus kuat, harus bisa tegar, harus bisa mengambil hikmah dari proses yang dijalani, memetik pesan postitifnya. Apapun itu, jangan mudah menyerah karena pasti semua masalah ada tujuannya. Walaupun terlihat jelek tapi tujuannya terlihat jelek juga, pasti ke depannya ada kebaikan untuk kita bisa belajar.

Ayu melihat sosok Luna seperti apa?
Ayu: Kak Luna itu dewasa, pintar dan sering banget kasih masukan-masukan. Orangnya menurut aku bijaksana. Kak Luna itu menurut aku Kak Luna kalau tidak suka, bilang tidak suka, kalau suka ya bilang suka, jadi orangnya apa adanya. Itu sih yang paling aku suka dari Kak Luna karena Kak Luna sayang sama aku.

Luna: Apa ya, sayang ya, hahaha. Itu semua proses kehidupan. Kadang orang di atas lalu bisa di bawah, itu harus dilalui dan itu bukan hal yang buruk, gimana ya? Mungkin Ayu masih muda juga, masih proses pencarian juga. Aku kasih tahu saja, begini, begini, begini. Kalau dijalani atau nggak dijalani ya nggak apa-apa, nothing wrong with that.

Wah, berarti Ayu suka curhat juga ya ke Luna?
Luna: Mungkin bertukar pikiran tapi aku nggak mau detail juga bagaimananya, nggak sih. Lebih kepada ya apa adanya, begini, begini nih, mungkin baiknya seperti ini. Seperti itu saja.

Ayu: Iya, suka diingatkan sih. Dikasih masukan.

Luna Maya dan Ayu Ting Ting, dua perempuan cantik yang memiliki masalah kehidupan masing-masing, disatukan dalam sebuah ikatan bisnis. Tidak hanya bisa sama-sama menguntungkan dari sisi materi, hubungan emosional juga tanpa disadari terbangun. Kedewasaan Luna Maya mengajarkan Ayu Ting Ting untuk memiliki prinsip yang dapat dijadikan bekalnya menghadapi berbagai rintangan kehdupan. Gairah Ayu Ting Ting yang masih berusia muda, juga dapat membuat Luna Maya terus berinovasi dalam bisnisnya. Sukses selalu untuk Luna Maya dan Ayu Ting Ting.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading