Sukses

Entertainment

Ginjal Tak Berfungsi Baik, Oon Rutin Cuci Darah 3 Kali Seminggu

Fimela.com, Jakarta Diabetes yang diderita Oon, salah satu personel Project Pop membuatnya tak bisa beraktivitas sedia kala. Kini, ia terbaring di rumahnya melawan penyakit yang saat ini sudah menjadi komplikasi.

Demi kesehatannya kini, Oon diakui sang istri, Ocha melakukan cuci darah rutin 3 kali dalam satu minggu. "Riwayat gula emang ada, dari ayahnya. Jadi sekarang tuh seminggu tiga kali cuci darah. Termasuk ginjal, dia sudah komplikasi," kata Ocha saat menggelar jumpa pers di Reunion Cafe, Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Ocha, istri Oon Project Pop. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Menyebarnya penyakit Oon dari diabetes hingga komplikasi ke ginjal, jantung hingga liver diakui Ocha memang lantaran tidak menjaga pola makan yang sehat. "Ya, basicnya udah dari diabet, tapi karena dia nggak kontrol pola hidup dan pola makan, jadi sudah komplikasi. Komplikasi ke ginjal, jantung, liver," jelasnya.

Dengan fungsi ginjal yang sudah tidak baik, kata sahabat Oon, Udjo pun Oon kini harus ruting melakukan cuci darah untuk mengeluarkan racun dari tubuhnya.

Oon Project Pop. (dok. Pribadi)

"Jadi fungsi ginjal Oon itu memang sudah menurun. Jadi Oon itu terkena gagal ginjal terminal, sudah lumayan parah, sehingga memerlukan cuci darah hingga 3x dalam seminggu untuk menghilangkan racun dalam tubuhnya. Fungsi ginjalnya sekarang diambil alih oleh mesin cuci darah," ucap Udjo.

"Jadi bisa dikatakan kalau fungsi jantung dan ginjal Oon itu sudah di bawah 50 persen. Kita nggak tahu persenannya yang paling tepat gimana, tapi tetap dipertahankan sehingga ada obat, cuci darah untuk tetap mempertahankan kondisinya," sambung Udjo.

What's On Fimela
Loading