Sukses

Entertainment

Dicap Segmented, Musik Klasik Hadir untuk Semua Kalangan

Fimela.com, Jakarta Berbagai anggapan dilekatkan pada musik klasik. Dicap segmented, karena disebut-sebut musik kalangan berduit. Nyatanya, musik bisa dinikmati semua kalangan. Hanya saja menurut Mariska Setiawan, kurangnya ekspos media membuat anggapan itu seolah benar adanya.

Mariska mengatakan, sebenarnya ada banyak gelaran musik klasik gratis. "Yang salah itu kurang terekspose, apalagi selera orang sedang tidak ke sana," kata Mariska Setiawan, kepada Bintang.com, di Fagetti Building, Mangga Dua Raya, Jakarta Utara, Rabu (24/1/2017).

Mariska Setiawan (Bambang E Ros/Bintang.com)

Mengutip pepatah Jawa, Witing Tresno Jalaran Soko Kulino. Kecintaan Mariska terhadap musik klasik karena berada di lingkungan itu. "Jadi terekspose terus. Semakin kita baca, kita kumpul, semakin kita senang," katanya.

Mariska menilai, zaman yang serba instan turut menguatkan anggapan musik klasik yang segmented. Apalagi di era tekonolgi yang berkembang pesat seperti sekarang ini. Sedangkan butuh proses panjang untuk sebuah musik klasik.

"Kayaknya perkembangan teknologi yang pesat membuat manusia hidup dalam tempo yang cepat. Otomatis lifestyle-nya pun serba cepat. Musik maunya yang instan. Ini opini saya ya, akhirnya kita tidak lagi menghargai proses, yang dilihat hasil. Nggak ada dalam musik klasik hari ini belajar besok bisa. Ada proses yang panjang," tutur wanita 26 tahun itu.

Mariska Setiawan (Bambang E Ros/Bintang.com)

Namun bukan berarti musik klasik tidak akan berkembang di Indonesia. Mariska yakin hal itu bisa terwujud melihat potensial yang ada. Pasalnya, banyak anak-anak kecil yang mulai mempelajari musik klasik.

"Banyak anak-anak kecil belajar musik klasik. Sedangkan di Eropa, karena ini dari sana, jadinya sudah kuno sekali. Penikmatnya lebih banyak orangtua, saat ini fokus saya memasyarakatkan musik klasik. Karena terlalu banyak yang berpikir musik klasik itu musik orang kaya, mahal," pungkas Mariska Setiawan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading