Sukses

Entertainment

Editor Says, Sulitnya Mencari Pemeran James Bond

Fimela.com, Jakarta Para penggemar film pasti tahu atau setidaknya pernah mendengar film agen rahasia Inggris James Bond. Suka atau tidak suka, francchise film Bond termasuk yang tersukses dan terlama di perfilman dunia. Yang paling saya ingat adalah A View to a Kill yang dirilis pada 1985 dan dibintangi Roger Moore.

Waktu itu saya menyaksikannya melalui kaset video. Yang paling terkenang adalah lagu soundtracknya yang dibawakan band Duran Duran. Lagu yang juga berjudul A View to a Kill dibuat saat Duran Duran di puncak kejayaan dan popularitas mereka. Sejak 1962 sampai saat ini sudah ada 24 film James Bond yang dibuat.

Film Bond ke-25 sedang dalam proses persiapan namun belum diketahui siapa yang akan berperan sebagai agen rahasia flamboyan itu dan kapan akan dirilis. Yang jelas, sudah ada enam aktor Inggris Raya yang pernah berperan sebagai agen rahasia dengan kode 007 dan identik dengan wanita cantik dan seksi tersebut.

Film 007 tak pernah lepas dari ‘image’ James Bond yang keren. Roger Moore, Timothy Dalton, Daniel Craig, Sean Connery, George Lazenby, and Pierce Brosnan adalah enam aktor yang pernah memerankan tokoh James Bond dari masa ke masa. (Bintang/EPA)

Sama seperti pemainnya, sutradara yang menggarap 24 film James Bond pun bisa dibilang cukup setia. Pada umumnya, mereka tak hanya menggarap satu film saja. Sampai tahun ke-54, franchise ini sudah berhasil meraup pendapatan kotor hampir 7 miliar USD. Ada enam aktor yang pernah berperan sebagai James Bond dan tentunya ikut menyumbangkan kesuksesan franchise ini. Dan hebatnya, mereka berenam masih ada dan dalam keadaan sehat.

Sean Connery jadi aktor pertama yang memperkenalkan aksi mata-mata berlebel James Bond. Ia membintangi enam film James Bond di antaranya Dr. No, From Russia with Love, Goldfinger, Thunderball, You Only Live Twice dan Diamond are Forever. Menurut survei, Connery menjadi pemeran James Bond yang paling difavoritkan lantaran gayanya yang klasik, cerdas, terampil, sulit ditebak dan sedikit nakal.

Yang kedua ada George Lazenby. Ia hanya berkesempatan tampil di satu film James Bond saja, yaitu film On Her Majesty's Secret Service (1969). Pendapatan box office dari film tersebut pun nyatanya tak sebagus film James Bond sebelumnya yang diperankan Sean Connery, You Only Live Twice.

Sean Connery sebagai James Bond. Foto: via gentlemansgazette.com

Roger Moore jadi aktor pemeran Bond terlama. Selama 12 tahun, aktor kelahiran London ini membintangi tujuh film agen 007 yang terdiri dari Live and Let Die, The Man with the Golden Gun, The Spy who Loved Me, Moonraker, For Your Eyes Only, Octopussy dan A View to a Kill.

Moore jadi aktor pertama yang membawa James Bond menjadi lebih humoris. Moore juga dikenal begitu ramah dan rendah hati di kalangan kru film. Sisi gelap dan serius dari James Bond berhasil dihidupkan lagi oleh Timothy Dalton. Dua film James Bond yang pernah dibintangi Dalton yaitu The Living Daylights dan Licence to Kill.

Tindakan Dalton untuk 'merombak' James Bond sempat menuai kritik. Meski dua filmnya sukses, Dalton yang sebelumnya dikenal sebagai aktor teater ini banyak dinilai kurang berhasil memerankan James Bond karena terlalu serius. Sejak Dalton hengkang, proyek film James Bond sempat terhenti hampir lima tahun sebelum akhirnya film Goldeneye rilis pada 1995.

Menunggu James Bond 25

Selain Goldeneye, Brosnan bermain di tiga film Bond lainnya yaitu Tomorrow Never Dies, The World Is Not Enough dan Die Another Day. Semuanya cukup sukses baik secara komersil maupun kualitas. Akting Brosnan yang tenang dan agak humoris berhasil menumbuhkan kembali ‘Bond mania’ yang sempat pudar saat diperankan Timothy Dalton.

Pierce Brosnan pun termasuk pemeran James Bond terfavorit yang berhasil menyelipkan kemajuan teknologi di tiap aksinya. Keenam dan terakhir ada Daniel Craig. Ia dianggap sebagai figur James Bond yang paling'manusiawi. Bomd bisa berdarah dan bahkan merasakan sakit hati. James Bond versi Daniel Craig pun menjadi favorit dari Michael G. Wilson, produser franchise agen rahasia flamboyan tersebut.

Craig sendiri membintangi empat film James Bond yaitu Casino Royal, Quantum of Solace, Skyfall dan Spectre. Dari keempat film ini, pendapatan yang dikumpulkan dari era Craig sekitar 2,5 miliar USD. Atas pencapaiannya tersebut, Craig selalu mendapat honor lebih dari dua kali lipat di tiap filmnya. Namun, belakangan, Craig dikabarkan bakal segera meninggalkan peran yang telah membesarkan namanya.

 Roger Moore sebagai James Bond. Foto: via dmarge.com

Sebuah laporan mengatakan bahwa Tom Hiddleston berada di puncak list sebagai calon pengganti Daniel Craig sebagai James Bond. Lalu ada pula kabar mengenai dirinya yang akan menjadi pengganti Peter Capaldi di Doctor Who. Mengenai hal tersebut, akhirnya Hiddleston buka suara. Ia mengaku bahwa tak ada satupun orang yang datang padanya dan menawarkan peran sang agen British atau Doctor Who.

Sementara itu, masih banyak yang mempertanyakan tentang Daniel Craig yang akan kembali dalam film James Bond. Namun, laporan terakhir mengatakan bahwa para penggemar mungkin bisa melihatnya kembali beraksi dalam film Bond 25. Menurut berita dari AceShowbiz, sang produser, Barbara Broccoli telah membujuk Craig untuk kembali sebagai Bond sekali lagi.

Broccoli sendiri beberapa waktu terakhir memproduksi film berjudul Othello yang juga diperankan oleh David Craig. Belum jelasnya siapa yang akan memerankan Bond menambah kerumitan film Bond 25. Jadwal rilisnya pun dipastikan masih beberapa tahun lagi.
Bisa jadi pergantian pemain dari Timothy Dalton ke Pierce Brosnan yang berlangsung selama sekitar enam bisa terulang.

Beberapa hari lalu Daniel Craig mengatakan kalau dia lebih memilih bunuh diri daripada bermain sebagai James Bond lagi. (AFP/Bintang.com)

Jadi saat License to Kill dirilis pada 1989, film Bond baru rilis lagi di tahun 1995 dan diperankan oleh Brosnan. Mencari pemeran James Bond sepertinya memang bukan pekerjaan mudah. Ada beragam pertimbangan yang harus ditimbang-timbang sebelum mengambil keputusan yang tepat. Jadi, apakah setelah Spectre (2015) film James Bond baru akan ada lagi di tahun 2019, 2020 atau bahkan lebih lama lagi?

Apakah Daniel Craig masih akan jadi James Bond? Kalau diganti, kira-kira siapakah sosok aktor paling pas memerankan Bond? Pertanyaan-pertanyaan itu memang mengundang rasa penasaran. Apalagi bagi para penggemarnya, ini jadi hal yang menarik dan menyenangkan buat ditunggu. Jadi kita tunggu siapa yang akan memerankan James Bond di film Bond 25.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading