Sukses

Entertainment

Lewat Europe on Screen 2017, Film Eropa Ingin Ubah Citra

Fimela.com, Jakarta Festival Film Eropa kembali hadir di Indonesia melalui Europe on Screen 2017. Festival akan digelar pada tanggal 5 sampai 14 Mei 2017. Ada 74 film yang akan diputar dalam Festival Film Eropa ke-17 ini. Europe on Screen akan hadir di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Charles Michel Geurts, Kuasa Usaha (Chargé d’Affaires a.i.) yang juga Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia mengatakan, film merupakan bagian penting dari budaya Eropa. Uni Eropa bangga mempersembahkannya kepada penonton di Indonesia melalui festival ini. 

"Film juga merupakan aset penting dari perekonomian Eropa,” ucapnya dalam jumpa pers di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).  Michel mengatakan, industri film Eropa yang merupakan bagian dari industri budaya dan industri kreatif yang secara kolektif menyediakan 7 juta pekerjaan.

Eropa pun diakui sebagai salah satu sentra produksi film yang beragam dan terbesar di dunia. Ia berharap Europe on Screen bisa menginspirasi penonton Indonesia untuk mengembangkan industri film Indonesia sebagai aset budaya yang penting dengan potensi kreatif yang luar biasa.

Europe on Screen 2016. foto: europeonscreen.org

Sementara itu Direktur Festival Europe on Screen 2017 Orlow Seunke mengatakan, akan mempersembahkan film-film pemenang penghargaan, seperti Festival Film Berlin, Oscar, Golden Globe, dan Film Eropa Terbaik 2016.  Europe on Screen 2017 akan dibuka dengan film A Perfect Day, sebuah film drama komedi dari Spanyol karya sutradara Fernando Leon de Aranoa.

Sebagai penutup, akan ditampilkan film Here is Harold., sebuah drama komedi dari Norwegia karya sutradara Gunnar Vikene. Lalu ada juga film komedi A Man Called Ove dari Swedia. Dalam kesempatan itu, Orlow juga menandaskan akan berusaha mengubah citra film Eropa.

Orlow Seunke

“Selama ini film produksi Eropa dikenal terlalu mengandalkan artistik, alurnya lambat dan terlalu banyak dialog. Kami akan berusaha mengubah itu dengan menampilkan film-film yang menarik dan menghibur di Europe on Screen 2017 ini.” tutur Orlow. Di Europe on Screen 2017, semua film sudah dilengkapi dengan teks terjemahan Bahasa Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading